• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Ukuran Normal Mr P?

Berapa Ukuran Normal Mr P?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak yang menganggap jika berat badan, panjang jari telunjuk, dan ukuran kaki bisa memprediksi ukuran Mr P. Padahal, anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Sebab faktanya, faktor-faktor tersebut tidak dapat memprediksi ukuran Mr P secara tepat.

Baca juga: Pria dari Negara Ini yang Bohong Soal Ukuran Mr P

Bagi banyak pria, ukuran Mr P adalah hal penting. Ini karena banyaknya anggapan bahwa kejantanan pria bisa terlihat dari seberapa besar ukuran Mr P yang dimilikinya. Padahal, tidak ada patokan khusus mengenai berapa sentimeter ukuran Mr P yang harus dimiliki oleh seorang pria agar dianggap jantan. Lantas, ada enggak sih ukuran Mr P yang normal? Cari tahu faktanya di sini, yuk!

Ukuran Normal Mr P

Beberapa pria menganggap bahwa ukuran Mr P yang dimilikinya lebih kecil dibanding milik pria lain. Padahal, ukuran Mr P setiap pria sangatlah bervariasi. Supaya kamu tidak larut dalam rasa minder, berikut adalah patokan ukuran normal Mr P yang perlu diketahui:

  • Saat lemas: panjangnya sekitar 5-10 sentimeter.

  • Saat keras (ereksi): panjangnya sekitar 10,5-12,8 sentimeter.

Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Urology International juga mengatakan bahwa ukuran Mr P rata-rata tidak sebesar yang dibayangkan. Sebab, studi tersebut menemukan bahwa ukuran Mr P rata-rata responden saat ereksi adalah 10-16 sentimeter. Sementara itu. berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Urology melaporkan bahwa ukuran Mr P saat lemas adalah 8,8-10 sentimeter dan saat ereksi adalah 13-14,2 sentimeter.

Baca juga: Begini Cara Ketahui Kondisi Kesehatan Mr. P Pasanganmu

Kapan Mr P Mulai Tumbuh dan Berhenti Tumbuh?

Pertumbuhan Mr P sudah dimulai sejak dalam kandungan, tepatnya pada minggu ke-9 kehamilan. Selama beberapa minggu pertama kehamilan, organ seks bayi perempuan dan laki-laki terlihat sama. Barulah setelah ada pengaruh testosteron (hormon pada pria), organ seks bayi laki-laki mulai berkembang menjadi Mr P dan sepasang testis dalam buah zakar. Pertumbuhan Mr P paling cepat terjadi di antara usia 12-16 tahun, tergantung kapan anak laki-laki mulai memasuki masa pubertas. Pertumbuhan Mr P kemudian akan berhenti pada usia 18-21 tahun.

Apakah Ukuran Mr P Bisa Berubah?

Mr P bukanlah organ statis yang bisa diubah bentuk dan ukurannya. Ini adalah organ berisi jaringan yang mirip seperti spons, sehingga bisa mengembang terisi darah dan kembali mengempis dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, ukuran Mr P tidak dapat berubah meskipun kamu menggunakan obat pembesar yang dijual di pasaran.

Daripada memikirkan ukuran Mr P, lebih baik kamu fokus merawat kesehatan Mr P. Caranya adalah dengan berhenti merokok, membatasi konsumsi alkohol, rutin berolahraga, setia pada pasangan, dan telaten membersihkan area kelamin. Lagipula, berapa pun ukuran Mr P yang dimiliki, kamu masih bisa kok memuaskan pasangan dengan memilih posisi seks terbaik.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan Mr P yang Malu Dibahas Pria

Itulah informasi seputar ukuran normal Mr P. Kalau kamu punya pertanyaan lain tentang Mr P, kamu bisa bertanya pada dokter Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Lalu, kamu bisa masuk ke fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!