Berbagai Cara Ampuh Mengatasi Jerawat yang Membandel

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 April 2023

“Jerawat adalah masalah kulit ketika folikel rambut yang ada di bawah kulit tersumbat oleh kulit mati. Apabila terjadi, cara ampuh mengatasi jerawat dengan mengonsumsi makanan atau menggunakan produk yang tepat.”

Berbagai Cara Ampuh Mengatasi Jerawat yang MembandelBerbagai Cara Ampuh Mengatasi Jerawat yang Membandel

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada siapa saja. Kulit manusia sering terpapar banyak debu dan kuman, sehingga menyebabkan folikel rambut yang ada di bawah kulit dapat tersumbat oleh kulit mati. Ini yang membuat jerawat lazim muncul di area wajah, punggung, dan dada. 

Selain kulit mati, jerawat juga bisa terjadi karena faktor stres, pola makan tidak seimbang, dan masalah internal dalam organ tubuh. Nah, kalau jerawat sudah muncul, bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya? Simak ulasan di bawah ini!

Cara Mengatasi Jerawat dari Luar

Kamu bisa menggunakan krim khusus atau bahan alami untuk membantu menghilangkan jerawat. Biasanya, bahan-bahan yang bisa melawan jerawat memiliki setidaknya salah satu dari tiga fungsi, yaitu: 

  • Mengontrol dan mencegah pertumbuhan jerawat.
  • Mengatasi jerawat yang sudah tumbuh.
  • Mencegah atau memudarkan bekas jerawat.

Setiap bahan yang kamu gunakan memiliki cara penyembuhannya sendiri. Contoh bahan-bahan obat jerawat yang perlu kamu cari ketika membeli, seperti salicylic acid, glycolic acid, retinoid, minyak pohon teh, dan benzoyl peroxide.

Umumnya, produk wajah seperti sabun cuci muka, obat jerawat, toner, dan serum mengandung bahan-bahan ini karena membantu penanganan jerawat. Jika kamu masih ragu mencoba produk yang mengandung bahan kimia, coba gunakan masker wajah dari bahan-bahan alami. Contohnya, masker wajah yang terbuat dari madu, kopi, oatmeal, dan putih telur.

Cara Mengatasi Jerawat dari Dalam

Obat jerawat yang terbaik adalah obat yang bisa menghindari munculnya jerawat. Pastinya, siapa yang tidak ingin bebas jerawat tanpa harus menggunakan banyak produk? Kamu juga bisa mengatasi jerawat secara preventif dari dalam tubuh. Hal paling penting untuk menjaga kulit bebas jerawat adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Buah-buahan yang sering kamu temui seperti pisang, apel, buah naga, dan jeruk memiliki khasiat vitamin yang tinggi untuk meregenerasi kulit agar kulit mati tidak menumpuk. Selain itu, lidah buaya juga bisa kamu gunakan bukan hanya untuk dioleskan pada wajah saja. 

Kamu bisa mencoba minum lidah buaya satu sampai dua kali dalam seminggu untuk membantu pencernaan. Terakhir, berbagai jenis beri seperti mulberry, raspberry, dan blueberry juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang bermanfaat bagi kulit. 

Nutrisi untuk Membantu Mengatasi Jerawat

Nah, setelah kamu tahu bahan-bahan apa saja yang baik untuk merawat kulit dan melawan jerawat, kamu pasti butuh ide makanan yang bisa kamu konsumsi secara praktis.

Perhatikan setiap kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kamu, karena dapat berpengaruh pada kulit wajah. Caranya, kamu bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen.

Bagi kamu yang sibuk dan ingin sesuatu yang lebih praktis, jangan khawatir. Kini, sudah ada vitamin gummy seperti Youvit AcNO yang hadir dalam kemasan dan siap makan. Youvit AcNO mengandung 5 vitamin, 2 mineral, termasuk niacinamide, serta ekstrak buah-buahan alami, yaitu pir, apel, mulberry, mint, dan aloe vera.

Nah, kandungan niacinamide dalam Youvit AcNO ini mampu menghilangkan jerawat ringan sampai sedang dan mampu mencegah munculnya jerawat, jika diminum secara rutin minimal 2-3 minggu. 

Meskipun hadir dalam format gummy, Youvit AcNO memiliki nutrisi yang tinggi. Kombinasi dari kandungan-kandungan didalamnya membuat Youvit AcNO membantu mengatasi jerawat yang membandel. 

Ada vitamin A dan vitamin D yang bisa mengurangi jerawat, vitamin C untuk meredakan kemerahan, vitamin E untuk menyamarkan bekas jerawat, dan vitamin B3 untuk meregulasi produksi minyak pada kulit. 

Tak hanya itu, karena hadir dalam bentuk gummy, Youvit AcNO praktis dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Selain itu, produk ini memiliki rasa yang enak dengan kandungan mulberry mint menyegarkan. Kamu dapat mengonsumsi 1 gummy setiap harinya. Tak perlu khawatir, Youvit AcNO tidak menggunakan perasa atau pemanis buatan. 

Sangat lengkap, kan? Tunggu apalagi, segera dapatkan vitamin gummy ini untuk hasil kulit tampak lebih bersih, glowing, dan bebas jerawat. Jika kamu masih ragu, buktikan sendiri efeknya langsung pada kulit kamu setelah membeli dan mencoba Youvit AcNO dari supermarket atau toko terdekat.

Itulah informasi yang perlu kamu ketahui tentang mengatasi jerawat membandel. Selain penanganannya, kamu juga perlu mengetahui Pemicu Munculnya Jerawat di Wajah

Jika kamu ingin masih punya pertanyaan tentang kulit atau jerawat, kamu juga bisa menjadwalkan jadwalkan konsultasi dengan dokter. Sekarang, kamu bisa hubungi dokter kulit kapan saja melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
National Institute of Health. Diakses pada 2023. Acne.
MayoClinic. Diakses pada 2023. Acne.
Healthline. Diakses pada 2023. Mulberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan