• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bersihkan Smartphone dari Kuman, Ini yang Harus Dilakukan

Bersihkan Smartphone dari Kuman, Ini yang Harus Dilakukan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Di tengah kasus virus corona yang semakin meningkat sekarang ini, penting sekali untuk menjaga kebersihan, tidak hanya kebersihan diri, tetapi juga barang-barang yang sering kamu gunakan. Salah satunya adalah smartphone. Yuk, ketahui cara membersihkan smartphone agar bebas dari kuman di sini.

Baca juga: 5 Benda Paling Kotor di Kantor

Tahukah kamu, smartphone yang selalu kamu bawa ke mana-mana setiap hari adalah barang yang penuh dengan kuman dan bakteri! Sebuah studi pada tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal Germs, mengamati 27 buah ponsel yang dimiliki oleh anak remaja, dan menemukan adanya kontaminasi bakteri pada semua ponsel tersebut.

Permukaan smartphone sudah dikenal dapat menjadi tempat bersarangnya banyak virus, di mana di antara virus tersebut dapat bertahan hidup lebih lama dari yang lain. Misalnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), norovirus dapat bertahan hidup di layar smartphone selama berhari-hari, bahkan sampai berminggu-minggu! 

Virus tersebut merupakan penyebab paling umum dari gastroenteritis atau yang sering dijuluki juga sebagai flu perut. Tidak hanya sangat menular, norovirus dalam jumlah sedikit saja sudah bisa membuat kamu jatuh sakit.

Selain itu, virus influenza juga dapat bertahan lama di permukaan smartphone. Sebuah studi tahun 2017 di The Journal of Hospital Infection menemukan bahwa virus flu aktif dapat berada di permukaan ponsel hingga dua minggu dan beberapa masih ada yang bertahan lebih dari 7 minggu. Bahkan, pada permukaan lembut seperti kapas, flu dapat bertahan selama seminggu.

Kekuatan COVID-19 sampai sekarang masih diselidiki, sehingga CDC belum dapat menentukan berapa lama virus tersebut dapat bertahan di permukaan. Namun, virus corona diduga dapat aktif setidaknya selama berjam-jam, bila tidak sampai berhari-hari. Itulah mengapa CDC menganjurkan untuk mensterilkan semua permukaan benda yang sering disentuh. Hal ini agar kamu dapat terhindar dari virus yang dapat menempel di tangan kamu, kemudian masuk ke dalam tubuh saat kamu menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Baca juga: Berapa Lama Virus Corona Hidup Jika Menempel Di Benda Mati?

Cara Membersihkan Smartphone

Perlu diingat bahwa beberapa disinfektan seperti pemutih rumah tangga yang diencerkan tidak cocok untuk digunakan pada barang elektronik. Berikut ini cara membersihkan smartphone yang dianjurkan oleh ahli:

1. Matikan Smartphone Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan pembersihan, matikan dulu smartphone kamu dan cabut dari pengisi daya apapun.

2. Pilih Kain Microfiber

Kain yang dirancang khusus ini memiliki lebih banyak serat daripada jenis kain lainnya, sehingga dapat mengambil lebih banyak partikel mikroskopis, termasuk bakteri dan virus. Hal ini bukan berarti kain microfiber dapat membunuh kuman, tetapi hanya mengangkatnya saja dari permukaan tanpa menggunakan air. Karena itu, pastikan kamu untuk mensterilkan kain sebelum menggunakannya lagi. Kamu bisa mencuci kain microfiber ke dalam mesin cuci dengan air hangat. Dan tentu saja, cuci tangan sampai bersih setelah kamu memegang kain yang penuh kuman.

3. Menggosok dengan Alkohol

Bila smartphone terlalu kotor dan tidak memiliki kain microfiber, kamu bisa membersihkannya dengan membuat campuran 60 persen air dan 40 persen alkohol. Basahi ujung kecil kain ke dalam campuran tersebut, lalu bersihkan permukaan smartphone dengan lembut. Kemudian, segera gunakan bagian kain yang kering untuk mengeringkannya.

Jangan semprotkan larutan alkohol langsung ke ponsel dan pastikan untuk mengencerkannya terlebih dahulu. Selain alkohol, campuran sabun dan air biasa juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan smartphone. Cara menggunakannya sama, yaitu basahi kain ke dalam campuran air dan sabun, peras, lalu bersihkan permukaan smartphone.

4. Jangan Menggunakan Produk Abrasif

Kamu bisa menggunakan jenis produk pembersih lainnya bila smartphone-mu memiliki pelindung layar. Namun, bila tidak, hindari menggunakan produk dengan bahan abrasif yang dapat merusak lapisan layar ponselmu. Produk-produk yang dimaksud adalah pembersih jendela, cuka, dan hidrogen peroksida.

Alat pembersih yang paling baik tetap adalah kain microfiber. Kamu bisa menggunakan kain microfiber di permukaan apapun, mulai dari laptop, telepon kantor, keyboard, bahkan pegangan cangkir kopi atau kenop di laci meja. Jadi, bawalah beberapa kain tersebut saat bepergian. Ingat, setelah kain tersebut digunakan untuk membersihkan berbagai barang, di kain itulah virus hidup sekarang. Jadi, segera masukkan kain yang kotor ke dalam kantong plastik tertutup sampai kamu bisa membersihkannya. Lalu, cuci tanganmu sampai bersih. 

5. Jaga Kebersihannya

Selain itu, berhati-hatilah menggunakan smartphone kamu, terutama di tempat yang kotor seperti toilet umum. Hindari meletakkan smartphone di area yang sering terkena cipratan air toilet, air kotor, dan sebagainya. Sebisa mungkin, alasi dulu permukaan dengan tisu sebelum menaruh smartphone kamu di area umum.

Baca juga: Begini Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri Sesuai Formulasi WHO

Itulah cara membersihkan dan mensterilkan smartphone. Bila kamu ingin membeli barang-barang pembersih seperti alkohol atau hand sanitizer, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2020. How to Clean Your Cell Phone the Right Way, According to a Germ Expert.