• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Biar Fit, Ini 4 Tips Belanja Bulanan Sehat

Biar Fit, Ini 4 Tips Belanja Bulanan Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Biar Fit, Ini 4 Tips Belanja Bulanan Sehat

Halodoc, JakartaBagi sebagian orang, belanja merupakan aktivitas yang menyenangkan dan dipercaya dapat mengusir penat. Namun untuk urusan belanja bahan makanan sehat, beberapa diantara kamu pasti masih sulit untuk bisa menerapkannya. Berbagai makanan kalengan yang tersedia di supermarket menawarkan kepraktisan pengolahan, hingga mungkin membuatmu tertarik untuk membelinya. Meski mengklaim memiliki bahan dasar organik, tidak selamanya makanan kalengan tersebut dapat memenuhi kebutuhan gizimu, lo!

Untuk membuatmu tetap fokus saat belanja makanan sehat dan menghindari pemborosan, ikutilah beberapa tips berikut.

Buat Daftar Belanja

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah membuat catatan tentang bahan makanan apa saja yang akan kamu beli dan olah. Pastikan catatan tersebut hanya berisi daftar makanan sehat saja dan mudah diakses. Daftar ini berfungsi agar kamu terhindar dari membeli barang yang tidak perlu, sehingga belanja akan menjadi lebih hemat. Usahakan juga agar membawa kantung belanja sendiri untuk mengurangi limbah plastik di rumah.

 

Fokus Belanja Makanan Sehat

Pastikan dalam daftar belanja makanan sehatmu terdapat beberapa macam makanan, seperti buah serta sayur segar, ikan segar atau beku (tuna atau salmon), ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, gandum, sereal, dan masih banyak lagi. Sebisa mungkin gunakanlah minyak sayur dan margarin rendah lemak ketimbang mentega yang memiliki lemak trans. Kurangi juga penggunaan gula dan garam pada masakan. Untuk ikan, lebih memasaknya dengan cara dipanggang atau dikukus.

Apabila kamu berbelanja di supermarket, pilihlan makanan yang diletakkan di belakang. Supermarket biasanya meletakkan stok makanan lama di paling depan agar lebih cepat terjual. Pilihlah sayuran dengan warna yang lebih cerah dan hindari membeli buah yang terlihat memar. Yang terpenting diantara semuanya ialah, pastikan kamu membeli bahan makanan secukupnya agar tidak ada yang terbuang.

 

Hindari Makanan Olahan

Apabila kamu sudah menetapkan tujuan untuk dapat hidup lebih sehat, sudah sewajarnya kamu berhenti membeli makanan olahan. Meski pengolahannya mudah, tapi makanan tersebut tidak terjamin kesehatannya karena sudah melewati berbagai proses yang melibatkan penambahan bahan kimia dan pengawet. Selain itu kamu sebaiknya menolak apabila ada petugas supermarket yang menawarkan sampel makanan olahan tersebut, karena hal ini dapat membuatmu tergiur untuk membelinya.

 

Belanja Dalam Keadaan Kenyang

Meski terdengar aneh, namun pada kenyataannya belanja saat lapar membuatmu lebih rentan tergiur untuk belanja secara berlebihan. Kamu hanya akan berfokus pada makanan yang diinginkan, bukan dibutuhkan. Selain itu dengan kondisi perut yang kenyang, kamu tidak akan mudah terserang penyakit dari kuman-kuman dan virus yang berada di pasar tradisional maupun supermarket.

Jadi, apakah kamu sudah siap mengubah cara belanja agar menjadi lebih sehat? Dengan mengikuti tips diatas, kamu tidak hanya mendapatkan tubuh yang lebih bugar namun pengeluaran pun menjadi lebih hemat. Nah, kalau punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja! Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat dan dapatkan rekomendasi beli obat biar cepat sembuh. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.  

(BACA JUGA: Sst… Ternyata Belanja Bisa Jadi Terapi Kesehatan)