Bumil Kehilangan Nafsu Makan, Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   01 Desember 2020
Bumil Kehilangan Nafsu Makan, Begini Cara MengatasinyaBumil Kehilangan Nafsu Makan, Begini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, ada banyak perubahan kondisi yang bisa dialami oleh bumil (ibu hamil), salah satunya kehilangan nafsu makan. Kondisi ini cukup normal terjadi pada bumil, terutama pada trimester satu. Kabar buruknya, penurunan nafsu makan bisa berdampak buruk pada kehamilan, bahkan bisa memicu kekurangan gizi pada bumil. Kalau sudah begitu, janin yang dikandung juga berisiko mengalami gangguan. 

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penurunan nafsu makan pada ibu hamil. Dengan begitu, kemungkinan munculnya gangguan kesehatan juga bisa dihindari. Lantas, apa saja cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi kehilangan nafsu makan pada bumil?

Baca juga: Ibu Hamil Tidak Makan Teratur, Ini Dampaknya

Cara Mengatasi Penurunan Nafsu Makan Bumil 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bumil kehilangan nafsu makan, mulai dari perubahan hormon, kondisi tubuh, hingga gejala mual muntah di pagi hari (morning sickness). Meski wajar terjadi, penurunan nafsu makan pada ibu hamil harus diwaspadai. Saat hamil, calon ibu umumnya mengalami penambahan berat badan setidaknya 11-16 kilogram. Nah, hal itu bisa saja tidak tercapai jika nafsu makan yang rendah tidak diatasi. 

Penurunan nafsu makan bisa menyebabkan penurunan berat badan alih-alih kenaikan bobot selama hamil. Kalau sudah begitu, bumil bisa saja mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. 

Saat bumil mengalami penurunan nafsu makan, ada beberapa cara yang bisa coba diterapkan untuk mengatasinya. Di antaranya: 

1.Dinginkan Makanan

Biar nafsu makan tidak terganggu, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang panas. Sebab, makanan yang hangat atau panas cenderung mengeluarkan aroma yang lebih menyengat dan bisa membuat bumil semakin mual. Alhasil, penurunan nafsu makan bisa terjadi atau menjadi lebih buruk. Untuk menghindarinya, dinginkan terlebih dahulu makanan dengan cara didiamkan beberapa saat sebelum disantap. 

2.Variasi Makanan 

Untuk meningkatkan nafsu makan dan menghindari mual, cobalah untuk membuat makanan lebih bervariasi. Nyatanya hal ini bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Namun, pastikan untuk tetap memperhatikan kecukupan nutrisi sehingga kebutuhan bumil bisa dipenuhi. Selain membuat jenis makanan yang bervariasi, ibu juga bisa mencoba menyajikan makanan dengan cara-cara yang berbeda untuk meningkatkan nafsu makan. 

Baca juga: 7 Perubahan yang Dirasakan Ibu di Trimester Pertama

3.Makanan Alternatif 

Ibu hamil mungkin merasa bosan jika mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Alhasil, terjadi penurunan nafsu makan. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa coba mencari alternatif makanan tapi tetap memperhatikan kandungan nutrisinya. 

4.Lengkapi dengan Vitamin 

Meski tidak nafsu makan, ibu hamil tetap harus memenuhi asupan vitamin untuk tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi vitamin prenatal. Namun, pastikan untuk membicarakannya terlebih dahulu pada dokter. Hindari sembarangan dalam mengonsumsi obat-obatan selama hamil. 

Jika sudah memiliki resep vitamin dari dokter, bumil bisa membelinya dengan mudah melalui aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah. Bumil juga bisa belanja produk kesehatan lain melalui aplikasi yang sama. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Baca juga: Bahaya Konsumsi Terlalu Banyak Makanan Manis untuk Bumil

Selain itu, bumil juga disarankan untuk banyak beristirahat. Cukup tidur di malam hari nyatanya bisa membantu meningkatkan nafsu makan bumil. Biar lebih sehat, pastikan calon ibu untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap hari. Selain meningkatkan nafsu makan, cukup beristirahat di malam hari juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh bumil tetap stabil hingga memasuki masa persalinan. 

Referensi 
Medline Plus. Diakses pada 2020. When You Need To Gain More Weight During Pregnancy.
Kids Health. Diakses pada 2020. Sleeping During Pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Food Aversions During Pregnancy.
Parents. Diakses pada 2020. Why Are Your Favorite Foods Suddenly Gross?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan