• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Beruntusan dengan Bahan Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Beruntusan dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Beruntusan dengan Bahan Alami

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Februari 2022

“Munculnya jerawat atau beruntusan memang sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara menghilangkan beruntusan di hidung secara alami yang bisa dicoba.”

Cara Menghilangkan Beruntusan dengan Bahan AlamiCara Menghilangkan Beruntusan dengan Bahan Alami

Halodoc, Jakarta – Munculnya jerawat di wajah tentu akan sangat membuat tidak nyaman. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Bukan tidak mungkin suasana hati pun menjadi tidak karuan karena jerawat yang tiba-tiba datang.

Jerawat pasir atau lebih dikenal dengan beruntusan muncul dalam bentuk bintik berukuran kecil dan nyaris tak terlihat. Meski begitu, kamu akan merasa area wajah yang mengalami beruntusan sedikit kasar saat menyentuhnya. Meski tak terlihat, kemunculan beruntusan tetap saja sangat mengganggu penampilan. 

Menghilangkan Beruntusan Secara Alami

Akan tetapi, ternyata ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa membantu mengurangi atau bahkan membersihkan beruntusan. Berikut di antaranya:

  1. Menggunakan Tree Tea Oil

Cara menghilangkan beruntusan di hidung yang pertama bisa dengan menggunakan tree tea oil. Popularitas minyak satu ini untuk mengatasi jerawat sudah tidak perlu diragukan lagi, baik jerawat yang sifatnya ringan hingga parah. 

Studi yang diterbitkan dalam Australian Journal of Dermatology mengemukakan bahwa olesan minyak pohon teh cukup efektif untuk memerangi jerawat. Akan tetapi, efektivitasnya hanya berlaku untuk orang-orang yang tidak memiliki alergi terhadap minyak tersebut. 

Apabila minyak yang kamu oleskan pada bagian kulit yang berjerawat justru memicu reaksi alergi, segera hentikan penggunaan. Jadi tidak akan muncul masalah kulit baru pada wajahmu. Sebelum memakainya, lebih baik kamu melakukan pemeriksaan alergi dengan mengoleskan minyak pada kulit tangan. 

  1. Menggunakan Masker dari Madu

Tak hanya menggantikan gula sebagai pemanis alami, madu dengan segudang manfaat yang dimilikinya ternyata juga bisa membantu menghilangkan beruntusan. Jenis madu yang mungkin cukup efektif untuk masalah jerawat adalah madu manuka. Sifat antibakteri alami pada madu jenis ini mampu mengusir jerawat dan beruntusan sehingga membuat kulit wajah terasa kembali bersih dan cerah.

Namun, apabila kamu memiliki riwayat alergi terhadap madu maupun kayu manis, sebaiknya kamu tidak menggunakan bahan alami ini untuk menghilangkan beruntusan. Jika belum yakin, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan patch test atau uji tempel terhadap madu maupun bahan alami lain yang kamu pakai. 

  1. Mengoles Teh Hijau

Sama halnya dengan madu, teh hijau juga menawarkan banyak sekali manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Namun, manfaat teh hijau ternyata tak hanya terasa saat kamu mengonsumsinya, tetapi juga mengaplikasikan bahan tersebut secara langsung. Misalnya, sebagai bahan alami untuk mengatasi beruntusan. 

Ini karena kandungan tanin dan flavonoid pada teh hijau yang bisa membantu memerangi peradangan sekaligus bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. Ini telah terbukti secara medis melalui jurnal yang telah dipublikasikan dalam The Journal of investigative dermatology.

Para peneliti menuliskan bahwa terdapat kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang terbilang tinggi pada teh hijau. Jenis antioksidan tersebut ternyata bisa menjadi solusi masalah jerawat, tak terkecuali beruntusan. Senyawa tersebut akan secara aktif menghilangkan jerawat dengan cara:

  • Memerangi peradangan.
  • Mengurangi produksi sebum.
  • Menghambat tumbuhnya bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Berita baiknya, sekarang kamu sudah bisa mendapatkan produk olahan dari teh hijau untuk dioleskan langsung pada wajah di pasaran. Kamu juga bisa membuat sendiri olesan tersebut di rumah. 

  1. Memakai Lidah Buaya

Lidah buaya masuk dalam kategori tanaman dengan daun dan batang yang tebal atau sukulen yang sudah lama menjadi bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat pada muka. Tanaman ini mengandung gel bening yang terdapat di dalam daunnya. 

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Dermatological Treatment menunjukkan bahwa gel pada lidah buaya bisa meningkatkan kerja obat untuk menghilangkan jerawat. Studi dilakukan dengan membandingkan penggunaan gel lidah buaya dan tretinoin tropikal dengan menggunakan tretinoin dan plasebo.

Hasil studi menunjukkan peserta yang menggunakan kombinasi lidah buaya dan tretinoin memiliki kondisi jerawat merah yang lebih sedikit. Meski tidak menghilangkan jerawat secara langsung, setidaknya lidah buaya bisa membantu mengurangi terjadinya peradangan. 

  1. Menggunakan Es Batu

Terakhir, menghilangkan beruntusan dengan menggunakan es batu. Penggunaan es batu bisa meringankan kondisi muka berjerawat, terlebih jerawat dengan warna kemerahan dan mengalami pembengkakan. Ini karena efek dingin yang diberikan es batu bisa membantu menenangkan peradangan meski hanya dalam beberapa saat.

Namun, sebaiknya kamu tidak menyentuhkan es batu secara langsung pada wajah. Gunakan kain handuk atau kain yang lebih tipis untuk membungkus es batu sebelum kamu menempelkannya pada wajah. 

Kalau jerawat di wajah sudah sangat mengganggu, tidak ada salahnya untuk tanya dokter dan mendapatkan obat yang tepat. Kamu bisa beli obat resep maupun vitamin langsung dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Setelah kamu download aplikasi Halodoc di ponsel, pilih layanan apotek online dan cari semua kebutuhan obat kamu di sana. Mudah bukan?

Referensi:
Malhi, H., Tu, et al. 2016. Diakses pada 2022. Tea tree oil gel for mild to moderate acne; a 12 week uncontrolled, open-label phase II pilot study. Australasian Journal Of Dermatology 58(3): 205-210.
Yoon, J. Y., et al. 2013. Diakses pada 2022. Epigallocatechin-3-gallate improves acne in humans by modulating intracellular molecular targets and inhibiting P. acnes. The Journal of Investigative Dermatology 133(2): 429–440.
Burlando, B., & Cornara, L. 2013. Diakses pada 2022. Honey in dermatology and skin care: a review. Journal Of Cosmetic Dermatology 12(4): 306-313.
Hajheydari, Z., et al. 2013. Diakses pada 2022. Effect of Aloe vera topical gel combined with tretinoin in treatment of mild and moderate acne vulgaris: a randomized, double-blind, prospective trial. Journal Of Dermatological Treatment 25(2): 123-129.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. A Dermatologist’s Advice on How to Get Rid of a Pimple — Stat!