Cara Merawat Anak Kucing Maine Coon yang Baru Lahir

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   06 Oktober 2021
Cara Merawat Anak Kucing Maine Coon yang Baru LahirCara Merawat Anak Kucing Maine Coon yang Baru Lahir

“Bukan hanya perawatan induknya, kamu juga perlu tahu cara tepat untuk merawat anak kucing maine coon yang baru lahir. Sebaiknya kamu siapkan lokasi melahirkan yang tenang dan nyaman. Setelah anak kucing lahir, pastikan tempat tinggal induk dan anak kucing bersih, nyaman, hangat, dan tenang. Selanjutnya, kamu perlu memeriksa kesehatan anak kucing pada dokter hewan.”

Halodoc, Jakarta – Maine coon merupakan salah satu jenis kucing yang sangat cocok untuk dipelihara di rumah bersama anak-anak. Selain menggemaskan, kucing maine coon memiliki sifat tenang, mudah dilatih, dan gemar bermain. Namun, meskipun termasuk bersifat lembut, sebaiknya pastikan kamu memberikan kucing maine coon ruang sesaat setelah melahirkan anak kucing.

Baca juga: Ketahui Seluk Beluk Merawat Anak Kucing

Maine coon termasuk kucing yang sangat protektif terhadap keluarga dan anak kucing. Seringkali, induk maine coon akan melakukan perlawanan terhadap situasi atau kondisi yang dirasa mengancam keselamatan anak kucing. Yuk, simak ulasan mengenai cara merawat anak kucing maine coon agar kamu dapat melakukan perawatan dengan baik.

Merawat Anak Kucing Maine Coon

Kucing maine coon bisa menjadi pilihan tepat sebagai hewan peliharaan keluarga di rumah. Namun, bukan hanya merawat induk kucing maine coon saja, kamu perlu mengetahui cara tepat dalam merawat anak kucing maine coon.

Setelah dilahirkan, anak kucing maine coon akan mendapatkan perawatan dari induknya hingga usia 4 minggu. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan lokasi tinggal anak kucing dan induknya bersih, hangat, tidak terlalu terang, dan tenang.

Biasanya, induk kucing akan memberikan kebutuhan makanan dan kebersihan anak kucing. Namun, saat induk kucing tidak berada di sisi anak kucing, kamu bisa membantu anak kucing agar merasa nyaman dengan memastikan kehangatan dan makanannya. 

Kamu perlu memastikan kondisi induk dan anak kucing setiap harinya. Jika ada anak kucing yang saling menindih, sebaiknya pindahkan posisi anak-anak kucing pada posisi yang aman. 

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Memberi Makan Anak Kucing

Berikut ini adalah perawatan anak kucing maine coon yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Usia 4 Minggu

Saat usia anak kucing memasuki 4 minggu, anak kucing sudah bisa mengonsumsi makanan padat. Pastikan kamu mulai memberikan makanan padat pada anak kucing maine coon agar kebutuhan nutrisi dan gizinya dapat terpenuhi dengan baik. Pada usia ini, anak kucing maine coon masih mendapatkan susu dari ibunya. Namun, kamu perlu menyiapkan air bersih untuk minum anak kucing. Letakkan air bersih pada wadah yang dangkal sehingga anak kucing mudah meraihnya.

  1. Usia 6–8 Minggu

Pada usia ini anak kucing perlu mendapatkan vaksinasi guna mencegah berbagai gangguan kesehatan, seperti distemper, herpes, infeksi virus, hingga rabies. Biasanya, beberapa vaksinasi dilakukan secara berulang hingga usia anak kucing mencapai 4 tahun.

  1. Usia 8 Minggu–6 Bulan

Saat usia ini anak kucing memasuki usia remaja. Pada sekitaran usia ini, pastikan kamu rutin memeriksa kesehatan anak kucing dan melakukan perawatan tubuh, seperti pemeriksaan kuku, bulu kucing, hingga telinga. Lakukan pemeriksaan secara rutin pada klinik hewan terdekat.

Selain memerhatikan perkembangan dan pertumbuhan anak kucing maine coon, kamu juga perlu memastikan menyiapkan tempat tinggal kucing dengan baik, menyiapkan litter box dan menjaga kebersihannya, memastikan kandangnya bersih, serta menyiapkan scratching post untuk menjaga cakarnya dalam kondisi baik.

Baca juga: Begini Cara Tepat Memandikan Anak Kucing Peliharaan

Jangan lupa untuk menyiapkan mainan yang disukai oleh anak kucing. Mainan bisa membantu menstimulasi kucing agar pertumbuhan dan perkembangannya semakin maksimal. Namun, hindari memberikan mainan dengan ukuran kecil karena dapat membahayakan anak kucing.

Jika anak kucing mengalami perubahan perilaku, seperti perubahan pola makan dan mengalami beberapa gejala gangguan kesehatan, sebaiknya segera gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan mengenai perawatan anak kucing yang tepat. Kamu bisa download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Daily Paws. Diakses pada 2021. Kitten Care 101: From Birth To a Year Old. 

Shelter Medicine. Diakses pada 2021. Chapter 2: Caring for Kittens from Birth to Eight Weeks.

Unusual Pets Guide. Diakses pada 2021. Maine Coon Kitten Care: All You Need To Know.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan