Cara Merawat Jaringan Saraf agar Tetap Sehat

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Desember 2021
Cara Merawat Jaringan Saraf agar Tetap SehatCara Merawat Jaringan Saraf agar Tetap Sehat

Kesehatan jaringan saraf harus terjaga sebaik mungkin. Sebab, gangguan pada sistem ini bisa memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Untungnya, menjaga kesehatan jaringan ini bisa dilakukan dengan cara sederhana, salah satunya menerapkan gaya hidup sehat. “

Halodoc, Jakarta – Menjaga jaringan saraf tetap sehat adalah hal yang penting dilakukan. Pasalnya, gangguan pada jaringan ini bisa memicu beragam penyakit, hingga mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan. Tidak sedikit orang yang mengira bahwa penyakit yang berkaitan dengan jaringan saraf hanya terjadi pada lansia. Namun, faktanya tidak begitu. 

Penyakit ini ternyata bisa terjadi kapan saja, termasuk di usia muda. Maka dari itu, merawat agar jaringan ini tetap sehat adalah hal yang penting dilakukan. Kabar baiknya, kerusakan pada jaringan saraf ternyata bisa dicegah. Beberapa cara pencegahan penyakit bahkan tergolong mudah untuk dilakukan. Biar lebih jelas, simak ulasannya di artikel berikut ini! 

Mencegah Kerusakan pada Jaringan Saraf 

Secara umum, jaringan saraf memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Hal ini menjadi alasan mengapa menjaga kesehatan bagian tubuh ini sangat penting. Kerusakan atau gangguan pada jaringan ini nyatanya dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Ada beberapa tips pencegahan kerusakan jaringan saraf yang bisa dilakukan, antara lain: 

  1. Konsumsi Makanan Sehat 

Mengonsumsi makanan sehat menjadi salah satu cara untuk mencegah kerusakan pada jaringan saraf. Bahkan, kebiasaan ini juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Untuk menurunkan risiko kerusakan pada jaringan saraf, perbanyak konsumsi makanan yang termasuk dalam sumber omega-3, vitamin B1, B6, dan B12. Selain itu, pastikan untuk cukup minum air putih, yaitu sekitar 8 gelas setiap hari. 

  1. Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga bisa membantu merawat jaringan saraf. Disarankan untuk berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit setiap hari. Pastikan juga untuk mencukupi waktu tidur, yaitu 7–9 jam setiap malam. 

  1. Mengelola Stres 

Stres faktanya menjadi pemicu hampir semua jenis penyakit, termasuk gangguan pada saraf. Maka dari itu, pastikan untuk menghindari atau mengelola stres dengan baik. Hal ini juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit lainnya. 

  1. Aktivitas untuk Otak 

Otak merupakan sistem utama yang mengendalikan tubuh dan bekerjasama dengan sistem saraf. Maka dari itu, melakukan aktivitas yang menyehatkan otak juga bisa membantu merawat kesehatan jaringan saraf. Kamu bisa mencoba belajar yoga atau senam otak. 

  1. Berhenti Merokok 

Menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol secara berlebihan juga penting dilakukan. Sebab, kedua hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, termasuk yang berkaitan dengan sistem saraf. 

Mengapa Kondisi Ini bisa Terjadi? 

Ada beberapa hal yang disebut bisa menjadi penyebab gangguan pada jaringan dan sistem saraf, di antaranya gangguan pada pembuluh darah otak, stroke, infeksi bakteri atau virus, serta gangguan structural, misalnya bell’s palsy dan tumor otak. Gangguan pada sistem ini juga bisa terjadi karena ada kelainan bawaan pada sistem saraf. 

Penyebab gangguan sistem saraf lainnya adalah mengidap penyakit autoimun, gangguan kesehatan mental, gangguan fungsional, serta mengalami penyakit degeneratif, seperti Alzheimer, Parkinson, atau amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Kondisi ini juga bisa terjadi karena ada cedera pada saraf tulang belakang dan otak, misalnya karena kecelakaan. 

Faktanya, menerapkan gaya hidup sehat bisa menjadi cara mencegah penyakit, termasuk yang berkaitan dengan jaringan saraf. Lengkapi juga dengan konsumsi suplemen harian untuk menjaga kebugaran tubuh. Cek kebutuhan vitamin harian di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Johns Hopkins. Diakses pada 2021. Overview of Nervous System Disorders.
KidsHealth. Diakses pada 2021. Brain and Nervous System.
WebMD. Diakses pada 2021. What Is Your Nervous System?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan