Cara Merawat Kulit Tetap Sehat saat Menstruasi

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   11 Desember 2020
Cara Merawat Kulit Tetap Sehat saat Menstruasi Cara Merawat Kulit Tetap Sehat saat Menstruasi

Halodoc, Jakarta – Menstruasi yang dialami wanita setiap bulan mampu menimbulkan berbagai gejala fisik maupun mental. Hormon yang berfluktuasi selama menstruasi mampu mengubah suasana hati wanita, menimbulkan nyeri, dan menyebabkan berbagai permasalahan kulit. Bukan hanya jerawat saja, banyak permasalahan kulit lain yang bisa dialami wanita saat menstruasi. 

Masalah kulit yang muncul saat menstruasi bahkan terkadang membuat beberapa wanita semakin stres. Oleh sebab itu, penting untuk tetap merawat kulit saat menstruasi supaya terhindar dari masalah-masalah kulit yang mungkin muncul.

Baca juga: Inilah 4 Fase yang Terjadi saat Menstruasi

Tips Merawat Kulit saat Menstruasi

Masalah kulit yang timbul saat menstruasi sebenarnya hal yang lazim terjadi dan terkadang sulit kamu cegah. Pasalnya, masalah kulit ini umumnya dipicu oleh fluktuasi hormon yang terjadi selama menstruasi. Kendati demikian, kamu tetap tidak boleh pasrah dan membiarkannya, ya! Berikut perawatan-perawatan yang bisa kamu lakukan supaya kulit tetap sehat saat menstruasi:

1. Gunakan Pelembap

Terkadang hormon menstruasi membuat kondisi kulit menjadi lebih kering. Kulit kering ini disebabkan oleh menurunnya hormon estrogen, sehingga kandungan air dalam kulit kamu pun menurun. Kulit yang kering dapat memicu munculnya kerutan dan garis-garis halus. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap yang sesuai dengan tipe kulit kamu untuk menjaga kulit tetap lembut, kenyal, dan terhidrasi. Gunakan pelembap di siang dan malam hari. 

2. Eksfoliasi Kulit

Kalau kamu cenderung memiliki tipe kulit yang berminyak, kamu mungkin perlu melakukan eksfoliasi kulit menggunakan produk asam salisilat. Nah, kulit yang berminyak ini lagi-lagi bisa dipicu oleh hormon selama menstruasi. Tujuan eksfoliasi adalah mengangkat kulit-kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. 

Kamu bisa menggunakan produk scrub untuk menghilangkan minyak berlebih kotoran dan sel kulit mati. Saat melakukan eksfoliasi, pijat wajah secara lembut dan hindari menggosok muka terlalu keras yang justru bisa merusak lapisan kulit. Selain mencegah timbulnya jerawat, eksfoliasi juga bisa membuat wajah kamu lebih cerah. 

Baca juga: 7 Tanda Haid Tidak Normal yang Harus Kamu Waspadai

3. Pijat Lembut

Kulit sangat memerlukan perawatan ekstra selama menstruasi dan pijatan adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh kulit. Ini karena, pijat membantu menstimulasi aliran darah dan membuat kulit lebih bersinar. Pilih krim lembut dan pijat wajah serta tubuh dengan gerakan memutar ke atas. Setelah melakukan pijatan, kamu bisa langsung mandi untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan krim yang menempel di kulit. 

4. Konsumsi Makanan Sehat

Kata siapa perawatan kulit hanya sebatas mengoleskan produk-produk kecantikan saja? Konsumsi makanan sehat juga termasuk ke dalam rangkaian perawatan kulit, lho! Saat menstruasi, kamu mungkin cenderung punya dorongan untuk makan lebih banyak dan memilih makanan yang tidak sehat. Hati-hati, jika kamu benar-benar mengikuti nafsu, hal tersebut bisa memengaruhi kondisi kulit kamu, lho!

Pastikan kamu mampu untuk mengontrol diri saat menstruasi meskipun kelihatannya sulit. Namun, konsumsi makanan sehat penting dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat saat menstruasi. Alih-alih memilih makanan cepat saji, sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, buah-buahan, lentil, dan kedelai. 

Baca juga: Siklus Menstruasi Tidak Normal, Kapan Harus ke Dokter?

Jika kamu mengalami masalah kulit, kamu bisa menghubungi dokter kulit melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui pengobatan dan perawatan yang tepat. Lewat aplikasi ini, kamu dapat menghubungi dokter kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Skin care: 5 tips for healthy skin.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Five life hacks for healthy skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan