Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Vitamin D Sehari-Hari

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Desember 2020
Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Vitamin D Sehari-HariCara Mudah Memenuhi Kebutuhan Vitamin D Sehari-Hari

Halodoc, Jakarta - Setiap orang membutuhkan asupan makanan yang bergizi agar dapat menjaga tubuhnya untuk tetap sehat, terlebih lagi di masa pandemi seperti ini. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dan menghindari beberapa penyakit berbahaya adalah vitamin D. Jenis vitamin ini dapat memastikan kadar kalsium di tubuh tercukupi dan juga mencegah depresi. Namun, bagaimana cara mudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut? Berikut ulasannya!

Cara Memenuhi Kebutuhan Harian Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh setiap orang. Nutrisi ini berguna untuk pertumbuhan tulang dan pembentukan kembali tulang baru. Maka dari itu, seseorang yang mengalami kekurangan vitamin jenis ini dapat mengalami tulang yang menjadi tipis, rapuh, atau cacat. Bahkan, asupan vitamin D harian yang terpenuhi juga dapat memperkuat otot-otot di tubuh.

Baca juga: Cara Tepat Memenuhi Asupan Vitamin D untuk Tubuh

Selama ini orang hanya berfokus pada vitamin C untuk meningkatkan sistem imun di tubuh. Padahal, vitamin D juga dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan virus berbahaya. Asupan ini sangat baik untuk menghindari dampak buruk dari virus corona yang belum tahu kapan berakhir. Vitamin ini dipercaya dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan akut saat kebutuhan hariannya terpenuhi.

Nah, jika kamu ingin memastikan asupan harian vitamin D terpenuhi, kamu dapat membeli suplemen tersebut dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kabar baiknya, Halodoc sedang memberikan promo sebesar 50% dengan maksimal potongan harga hingga 100 ribu rupiah untuk semua produk dari tanggal 25–31 Desember. Tunggu apa lagi? Segera nikmati promo ini dan jaga kesehatan tubuh agar tidak terjangkit COVID-19. Segera download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Kamu juga harus tahu beberapa sumber vitamin D yang dapat menyehatkan tubuh. Berikut ini beberapa sumbernya:

1. Sinar Matahari

Selain melalui asupan suplemen, kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, lho. Di Indonesia sendiri, sinar matahari lebih mudah didapatkan dibandingkan negara dengan 4 musim. Kamu juga harus tahu jika setiap orang tidak tahu apakah dirinya kekurangan asupan vitamin ini atau tidak tanpa melakukan pengujian. Maka dari itu, ada baiknya untuk membiasakan diri berjemur di pagi hari agar dapat menjaga sistem imun dalam tubuh tetap bugar.

Baca juga: 4 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

2. Makanan

Kamu juga bisa mendapatkan vitamin D ekstra melalui beberapa makanan, seperti ikan berlemak (salmon, tuna, mackerel, dan sarden) dan beberapa jenis jamur. Selain itu, makanan seperti susu, jus jeruk, yoghurt, dan sereal juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin yang meningkatkan penyerapan kalsium tersebut. Penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan.

Sekarang kamu tahu jika kebutuhan harian vitamin D bisa didapatkan melalui berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari, dan juga mengonsumsi beberapa makanan sumber nutrisi tersebut. Cobalah untuk melakukan hal tersebut secara rutin, diharapkan kamu mendapatkan tubuh yang sehat dan tulang yang kuat. Selain itu, sistem imun yang prima sangat dibutuhkan agar dapat melalui pandemi ini.

Baca juga: Kekurangan Vitamin D, Ini Dampaknya pada Tubuh

Selain itu, cobalah untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengetahui apakah tubuh kamu kekurangan vitamin D atau tidak. Beberapa kondisi, seperti seseorang yang berusia di atas 65 tahun, mengalami obesitas, seorang vegetarian, dan jarang terpapar sinar matahari berisiko kekurangan nutrisi ini. Dengan melakukan pemeriksaan, pencegahan dari gangguan yang lebih besar dapat dilakukan.

Referensi:
Health. Diakses pada 2020. 9 Vitamin D Benefits You Should Know—and How to Get More in Your Diet.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan