• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Meredakan Mual dengan Bahan-Bahan di Rumah

Cara Mudah Meredakan Mual dengan Bahan-Bahan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Cara Mudah Meredakan Mual dengan Bahan-Bahan di Rumah

Halodoc, Jakarta - Mual adalah salah satu kondisi kesehatan yang kerap dialami oleh ibu hamil, pengidap maag, orang yang tengah menjalani pengobatan kanker, atau orang yang sedang melakukan perjalanan. Mual biasanya mudah diobati dengan obat-obatan anti-mual. Sayangnya, obat-obatan tersebut dapat memiliki efek samping negatif, seperti kantuk.

Pada ibu hamil, obat mual sering kali tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering dan dokter biasanya merekomendasikan untuk diatasi dengan bahan-bahan alami saja. Ada banyak kok bahan-bahan alami yang ampuh meredakan mual. Bahan-bahan tersebut pun umumnya tersedia di rumah. 

Baca juga: Mabuk Perjalanan hingga Pingsan? Ini Tips Mengatasinya

Cara Meredakan Mual dengan Bahan yang Ada di Rumah

Jika kamu sedang mengalami mual, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang biasa tersedia di rumah berikut:

1. Jahe

Bisa dibilang, jahe adalah obat pereda mual alami yang paling populer. Ini semua berkat senyawa dalam jahe yang dapat bekerja dengan cara yang mirip dengan obat antimual. Tidak jelas persis bagaimana jahe bekerja untuk meredakan mual, tetapi diperkirakan bahwa komponen aktif seperti gingerol mampu memengaruhi sistem pencernaan dan saraf pusat.

2. Irisan Lemon

Aroma jeruk yang terkandung dalam irisan lemon dapat membantu mengurangi rasa mual. Sebab, mengiris lemon atau hanya memarut kulitnya saja bisa membantu melepaskan minyak esensial ke udara. Sebotol minyak esensial lemon bisa menjadi alternatif yang praktis untuk dibawa bepergian jika sewaktu-waktu kamu mengalami mual. 

3. Rempah-Rempah

Berbagai jenis rempah yang sering digunakan untuk bumbu masakan ternyata juga bisa meredakan mual. Contoh rempah-rempah yang bisa digunakan adalah bubuk adas, kayu manis, dan ekstrak jintan. Meskipun ketiga bumbu ini dapat membantu meredakan mual pada individu tertentu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya dalam meredakan mual. 

Baca juga: Mual saat Stres Bisa Jadi Tanda Gangguan Panik?

4. Suplemen Vitamin B6

Vitamin B6 adalah salah satu jenis vitamin yang sering direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ternyata vitamin yang satu ini ampuh untuk mengatasi mual, terutama pada ibu hamil. Vitamin ini pun lebih direkomendasikan daripada obat antimual. 

5. Hidrasi Tubuh

Dehidrasi dapat memperburuk mual yang sudah ada, terlebih jika mual yang kamu alami disertai dengan muntah-muntah. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengganti cairan yang hilang dengan cairan kaya elektrolit seperti air mineral, kaldu sayuran, atau minuman isotonik.

6. Peppermint

Peppermint adalah obat tradisional lain yang bisa digunakan untuk mengatasi mual. Menurut NCCIH dan sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada Februari 2014 di Journal of PeriAnesthesia Nursing menunjukkan bahwa aroma minyak peppermint dapat meredakan mual. Peppermint sangat bagus untuk mual karena mampu memberikan efek menenangkan dan melemaskan otot-otot perut, sehingga empedu dapat memecah lemak dan makanan dapat mengalir lancar ke perut.

Baca juga: Pepaya Bisa Bantu Hilangkan Mual dan Kembung, Benarkah?

Masih tetap butuh obat mual? Kamu bisa membelinya lewat aplikasi Halodoc. Tidak usah repot pergi ke apotek, tinggal pesan lewat aplikasi lalu pesanan akan diantar dalam waktu satu jam. Sebelum membeli obat, jangan lupa konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi Halodoc terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 17 Natural Ways to Get Rid of Nausea.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 4 Natural Remedies for Nausea.