Cara Tepat Merawat Mata Selama WFH

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Agustus 2021

Work from home (WFH) selama masa pandemi membuat banyak pekerja menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar gadget. Hal itu bisa memicu terjadinya ketegangan mata yang disebut sindrom penglihatan komputer. Untungnya, dampak buruk waktu layar selama WFH bisa dihindari dengan beberapa cara, seperti menjaga postur tubuh yang baik, sering beristirahat, dan memblokir cahaya biru.

Cara Tepat Merawat Mata Selama WFHCara Tepat Merawat Mata Selama WFH

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai saat ini membuat banyak karyawan harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal itu berarti waktu untuk menatap layar akan semakin meningkat, karena selain harus menatap laptop untuk bekerja, kebanyakan orang juga cenderung mencari hiburan dengan bermain atau menonton film dari gadget mereka selama di rumah saja.

Nah, penggunaan perangkat elektronik yang terlalu lama dalam jangka waktu panjang bisa memicu berbagai masalah mata, seperti mata kering, gatal, dan kemerahan, hingga sakit kepala. Oleh karena itu, penting untuk merawat mata kamu sebaik mungkin selama WFH agar penglihatan kamu bisa tetap terjaga. Berikut ulasannya.

Baca juga: Cegah Burnout saat WFH dengan 6 Cara Ini

Apa Dampak Penggunaan Gadget yang Lama Terhadap Kesehatan Mata?

Dengan semakin banyaknya waktu yang dihabiskan banyak orang di rumah saja dan meningkatnya waktu mereka menatap layar, para ahli kesehatan mata mengkhawatirkan dampak tidak langsung dari pandemi COVID-19 pada kesehatan mata, yaitu berkembangnya sindrom penglihatan komputer. Menurut The American Optometric Association, sindrom penglihatan komputer adalah kumpulan gejala yang berhubungan dengan mata dan penglihatan, seperti sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering, dan nyeri leher dan bahu, yang berkembang akibat terlalu banyak menghabiskan waktu melihat komputer, tablet, atau ponsel.

Ashley Katsikos, OD, FAAO, spesialis mata kering dengan Golden Gate Eye Associates di California mengungkapkan bahwa banyak orang yang WFH selama pandemi, menghabiskan lebih banyak waktu mereka di depan layar dengan jeda istirahat yang sedikit atau pendek di antara penggunaan. Akibatnya, ada banyak pasien yang mengalami ketegangan mata digital. Ketegangan mata itu sendiri mungkin tidak memiliki dampak jangka panjang. Namun, Katsikos menjelaskan bahwa paparan terus-menerus terhadap cahaya biru, cahaya energi tinggi dengan gelombang pendek yang berasal dari layar, bisa menyebabkan kerusakan sel retina dan degenerasi makula terkait usia.

Oleh karena itu, jangan sepelekan dampak screen time yang lama terhadap mata.  Untungnya, ada beberapa perubahan gaya hidup sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membantu melindungi mata dari efek negatif waktu layar selama WFH.

Baca juga: Sering Pakai Gadget, Waspadai 2 Penyakit Mata Ini

Cara Merawat Mata Selama WFH

Cara mencegah ketegangan mata digital sebenarnya cukup dengan mengurangi waktu di depan layar. Namun, bila kamu bekerja dari rumah, hal itu mungkin sulit dilakukan. Bila kamu tidak punya pilihan selain menghabiskan delapan jam di depan komputer setiap hari, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengistirahatkan mata dan mengurangi dampak negatif layar:

  • Jaga Postur Tubuh yang Baik

Tahukah kamu bahwa postur tubuh kamu saat bekerja bisa memengaruhi kesehatan mata. Jadi, menjaga posisi duduk yang tepat saat bekerja adalah langkah awal untuk mencegah ketegangan mata.

Saat duduk di depan komputer atau laptop, pastikan kaki kamu rata di atas lantai dan angkat pergelangan tangan kamu sedikit lebih tinggi daripada bertumpu pada keyboard. Layar laptop harus diposisikan tepat di bawah garis pandang alami kamu. Menurut Mark Kahrhoff, OD, seorang dokter mata di Missouri, selain lebih mudah untuk melihat, pandangan mata ke bawah juga membantu menurunkan kelopak mata dan membantu mencegah mata terkena angin, apalagi bila kamu bekerja di ruangan ber-AC. 

Pastikan juga kamu duduk dengan tegak. Membungkuk saat bekerja bisa membuat otot di punggung dan bahu kamu menjadi tegang. Hal itu akan membatasi aliran darah ke mata kamu dan menyebabkan masalah penglihatan.

  • Atur Pencahayaan Ruangan

Walaupun gadget kamu sudah memiliki cahaya latar, tetapi pencahayaan ruangan yang tepat tetap penting. Bila cahaya di kamar kamu bekerja terlalu terang atau terlalu gelap, hal itu bisa menyebabkan peningkatan ketegangan mata dan sakit kepala. Cahaya dari gadget kamu juga harus cukup terang, tetapi jangan sampai terlalu terang agar tidak silau. 

  • Perbesar Ukuran Font

Bila kamu sering menyipitkan mata untuk mencoba membaca teks di layar komputer kamu, sebaiknya perbesar ukuran font teksnya. Hal ini bisa mengurangi tekanan pada mata dan mencegah ketegangan yang tidak perlu.

  • Lebih Sering Berkedip

Berkedip biasanya adalah tindakan refleks yang tidak disadari. Namun, ketika kamu bekerja di depan komputer sepanjang hari, usahakanlah untuk lebih banyak berkedip secara sadar. Dengan begitu, kamu bisa memberi kelembapan pada mata yang penting untuk kesehatannya.

  • Sering Beristirahat 

Selama satu hari bekerja, sering-seringlah mengambil waktu untuk istirahat. Para ahli merekomendasikan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit alihkanlah fokus pandangan kamu ke sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Bila memungkinkan, tinggalkanlah komputer sejenak untuk mengambil segelas air atau pergi ke luar selama beberapa menit.

  • Blokir Blue Light

Cahaya biru sebenarnya ada di mana-mana, bahkan di dalam sinar matahari sekalipun. Namun, layar komputer dan ponsel mengandung jumlah konsentrasi cahaya biru yang signifikan yang sulit untuk disaring mata. Terpapar cahaya biru terlalu lama bisa menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, dan memengaruhi kualitas tidur kamu secara negatif. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk menggunakan kacamata penangkal blue light saat melihat layar atau memasang filter cahaya biru yang sekarang menjadi standar pada sebagian besar komputer dan smartphone.

Baca juga: Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat mata selama WFH. Bila kamu mengalami masalah penglihatan akibat penggunaan perangkat elektronik berkepanjangan, coba bicarakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter ahli dari Halodoc bisa memberi kamu saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play. 

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2021. 8 Ways to Reduce Eye Strain While Working From Home

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan