Catat, Ini 7 Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 November 2021
Catat, Ini 7 Cara Mengencangkan Kulit WajahCatat, Ini 7 Cara Mengencangkan Kulit Wajah

“Mulai dari yang alami hingga melibatkan prosedur pembedahan, ada banyak cara mengencangkan kulit wajah yang bisa dicoba. Mana yang paling cocok bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu.”

Halodoc, Jakarta – Mengendurnya kulit wajah merupakan salah satu tanda penuaan alami yang pasti dialami setiap orang. Namun, hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri, sehingga kamu mungkin ingin mencari cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba, mulai dari yang alami hingga memanfaatkan teknologi. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Kenali 5 Tes Sederhana untuk Mengetahui Jenis Kulit

Berbagai Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Ada beberapa cara mengencangkan kulit wajah yang bisa kamu coba, yaitu:

  1. Perbaiki Gaya Hidup

Dengan minum air putih yang cukup, hindari begadang, jaga pola makan sehat, dan berolahraga secara teratur. Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya setiap beraktivitas di luar rumah.

  1. Coba Yoga Wajah

Yoga wajah bisa jadi cara mengencangkan kulit wajah yang alami. Namun, untuk mendapatkan hasilnya, diperlukan waktu dan ketelatenan. 

  1. Pakai Pelembap Wajah

Pelembap wajah yang mengandung kolagen bisa jadi pilihan untuk membuat kulit tetap lembap dan elastis. Meski kolagen diproduksi secara alami di kulit, kadarnya bisa menurun seiring waktu.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Kulit

Pilihan lainnya, kamu bisa coba pelembap yang mengandung asam hialuronat. Zat ini bisa membuat kulit terhidrasi, serta tampak lebih kencang dan sehat. 

Selain dua pilihan tadi, pelembap dengan kandungan retinol juga bisa membantu mengencangkan kulit wajah. Selain itu, retinol juga bisa membantu mengurangi kerutan dan menyamarkan kerusakan kulit. 

  1. Coba Serum Vitamin C

Serum vitamin C juga bisa jadi salah satu cara mengencangkan kulit wajah. Bila digunakan secara rutin, serum ini juga bisa mengurangi bintik-bintik hitam di wajah, meningkatkan produksi kolagen, dan mencegah munculnya tanda penuaan.

  1. Pijat Wajah

Pijat wajah dapat membantu membentuk kulit dengan melatih otot-otot wajah. Selain di klinik kecantikan, kamu juga bisa membeli alat pijat wajah untuk digunakan secara mandiri di rumah.

  1. Coba Terapi Microneedle

Ini adalah prosedur non-bedah yang dilakukan dengan jarum sangat kecil untuk menusuk kulit. Tujuannya adalah untuk merangsang produksi kolagen dan jaringan baru di kulit.

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Lemon untuk Kecantikan Wajah

  1. Jalani Facelift

Prosedur bedah ini bisa membantu mengencangkan kulit secara permanen. Dilakukan dengan menghilangkan kelebihan kulit, mendistribusikan kembali lemak dan jaringan, dan mengencangkan kulit di wajah dan leher. 

Itulah pembahasan mengenai cara mengencangkan kulit wajah, mulai dari yang alami hingga bedah. Dapat diketahui bahwa ada banyak cara yang bisa dicoba jika ingin memiliki kulit yang kencang.

Namun, penting untuk senantiasa menjaga gaya hidup sehat dan kebersihan kulit. Kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk cek kebutuhan medis untuk wajah kamu kapan saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Tighten Skin on the Face and Neck.
Medical News Today. Diakses pada 2021. 6 Ways To Tighten Loose Skin.
Wiki How. Diakses pada 2021. How to Tighten Face Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan