Cegah Iritasi dan Kemerahan, Ini 7 Produk Skincare untuk Kulit Sensitif

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Maret 2024

“Pemilik kulit sensitif tak boleh sembarang memakai skincare karena rentan terhadap iritasi, dan reaksi alergi. Kamu dapat menggunakan produk skincare seperti Bioderma, Labore, Derma XP, Ceradan, PhysioGel, Cetaphil, dan Avoskin yang bisa kamu dapatkan di Halodoc."

Cegah Iritasi dan Kemerahan, Ini 7 Produk Skincare untuk Kulit SensitifCegah Iritasi dan Kemerahan, Ini 7 Produk Skincare untuk Kulit Sensitif

DAFTAR ISI

Apa Saja Rekomendasi Skincare untuk Kulit Sensitif?


Halodoc, Jakarta – Kulit sensitif rentan terhadap reaksi, seperti kemerahan dan gatal. Mereka terkadang mengalami sensasi rasa terbakar dan perih, serta muncul bercak seperti luka pada kulit.

Ada banyak cara merawat kulit sensitif, salah satunya menggunakan produk skincare untuk kulit sensitif.

Beberapa rekomendasi produknya, yaitu Bioderma Atoderm, Labore Sensitive Skin Care, Derma XP Gentle Facial Wash, dan produk lainnya yang bisa kamu simak pada pembahasan di bawah ini.

Apa Saja Rekomendasi Skincare untuk Kulit Sensitif?

Skincare untuk kulit sensitif tidak boleh mengandung bahan-bahan yang keras, seperti pewangi, pewarna, alkohol, dan bahan kimia aktif. Sebab, penggunaan produk yang mengandung bahan tersebut dapat memperparah kondisi kulit.

Beberapa rekomendasi produk skincare untuk kulit sensitif yang bisa kamu gunakan, antara lain:

1. Bioderma Atoderm Intensive Baume

Cocok untuk kulit yang sangat kering dan gampang iritasi. Ini adalah produk perawatan intensif anti gatal, menenangkan, dan mengandung ragam nutrisi yang baik untuk kulit.

Kemanjuran telah terbukti secara klinis jika kamu menggunakannya selama 6 bulan berturut-turut. Produk ini mampu menurunkan sensitivitas kulit sebanyak 76 persen.

Beberapa manfaatnya, yaitu menenangkan kulit, memelihara dan memulihkan lipid, serta membuat kulit terasa jauh lebih kencang. Teksturnya tidak lengket, tidak berminyak, tidak beraroma, dan memiliki daya serap yang baik.

Rentang harga: Rp167.700 – Rp218.100 per tube.

Dapatkan Bioderma Atoderm Intensive Baume di Toko Kesehatan Halodoc

2. Labore Sensitive Skin Care Biomerepair Barrier Revive Cream 50 ml

Berikutnya, kamu juga dapat menggunakan Labore Sensitive Skin Care Biome Repair Barrier Revive Cream 50 ml.

Produk ini merupakan pembersih wajah bertekstur gel dengan dengan formula aman untuk membersihkan kulit sensitif tanpa membuat kulit terasa kering atau tertarik. Dengan Microbiome Technology dan kandungan Hyaluronic Acids, produk ini membantu menjaga hidrasi kulit sensitif sekaligus membuat kulit tetap bersih.

Kamu dapat menggunakan produk ini ke wajah dua kali sehari pada pagi dan malam. 

Rentang harga: Rp38.000 per tube.

Dapatkan Labore Sensitive Skin Care Biomerepair Barrier Revive Cream 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Derma XP Gentle Facial Wash For Acne In Dry Sensitive Skin 60 g

Produk skincare untuk kulit sensitif lainnya yang dapat kamu gunakan adalah Derma XP Gentle Facial Wash For Acne In Dry Sensitive Skin 60 g.

Derma XP Facial Wash ini termasuk dalam kategori produk pembersih wajah yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Produk ini cocok digunakan pada kulit berjerawat yang cenderung kering atau sensitif.

Selain itu, produk ini juga membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah tanpa membuat kulit kering.

Rentang harga: Rp94.800 – Rp106.200 per tube.

Dapatkan Derma XP Gentle Facial Wash For Acne In Dry Sensitive Skin 60 g di Toko Kesehatan Halodoc

4. Ceradan Advanced Moisturising Skin Barrier 30 g

Kamu juga bisa mempertimbangkan Ceradan Advanced Moisturising Skin Barrier 30 g sebagai skincare yang bisa digunakan untuk kulit sensitif.

Produk ini menggunakan teknologi unik yang mengandung lipid kulit esensial dari ceramide, kolesterol dan asam lemak bebas. Dengan teknologi tersebut, produk ini dapat memberikan efek pelembab yang tahan lama.

Selain itu, Ceradan Advanced Moisturizing Skin Barrier ini juga berfungsi memelihara keseimbangan pH kulit dan memperkuat perlindungan kulit. Untuk menggunakan produk ini, kamu dapat langsung mengoleskan produk ini pada kulit sebanyak 2 kali sehari.

Rentang harga:Rp209.000 per tube.

Dapatkan Ceradan Advanced Moisturising Skin Barrier 30 g di Toko Kesehatan Halodoc

5. PhysioGel Daily Moisture Care Dermo Cleanser 150 ml

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan PhysioGel Daily Moisture Care Dermo Cleanser 150 ml.

Diformulasikan khusus untuk kondisi kulit sensitif, produk ini dapat membersihkan muka secara efektif. Produk ini memiliki manfaat membersihkan, menyejukkan & melembutkan kulit tanpa menjadikan kulit kering & menjaga pH natural. 

Selain itu, produk ini juga dapat kamu gunakan sehari-hari dengan air ataupun tanpa air sesuai kebutuhan. 

Rentang harga: Rp119.200 – Rp152.000 per tube.

Dapatkan PhysioGel Daily Moisture Care Dermo Cleanser 150 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Cetaphil Moisturizing Cream 100 g

Cetaphil Moisturizing Cream merupakan produk skincare untuk kulit sensitif lainnya yang dapat kamu gunakan. Dengan kombinasi kandungan almond oil, produk ini dapat membantu melembapkan kulit sensitif dan yang sangat kering.

Produk ini bermanfaat untuk melembutkan serta memperbaiki tekstur kulit. Teruji klinis, Cetaphil Moisturizing Cream juga dapat membantu mengembalikan skin barrier pada kulit.

Kamu dapat langsung menggunakan produk ini dengan mengoleskannya pada kulit sesuai kebutuhan. Produk ini juga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Rentang harga: Rp162.000 – Rp303.500 per botol

Dapatkan Cetaphil Moisturizing Cream 100 g di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Avoskin Glow Concentrate Treatment 2% Aqua Ceramide + Multi Probiome + Hyaluronic Acid

skincare Avoskin Glow Concentrate Treatment

Ini adalah produk pelembap yang berbahan dasar air dengan tekstur gel ringan dan mudah menyerap di kulit. 

Produk mengandung 2 persen aqua ceramide, multi probiome, dan hyaluronic acid yang mampu merawat kulit kering dan dehidrasi. Bahan tersebut juga mampi kelembapan dan merawat skin barrier.

Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering. Pelembap ini bisa digunakan sejak usia 15 tahun di pagi dan malam hari. 

Rentang harga: Rp75.900 per pot.

Dapatkan Avoskin Glow Concentrate Treatment di Toko Kesehatan Halodoc

Apa Ciri-ciri Kulit Sensitif?

Jika penggunaan produk skincare untuk kulit sensitif di atas tak mampu mengatasi masalah kulit yang kamu alami, segera hubungi dokter kecantikan untuk penanganan lebih lanjut.

Apalagi, jika masalah kulit sensitif menimbulkan gejala berupa:

  • Bercak kasar dan bersisik.
  • Berkerut dan tekstur kasar.
  • Kemerahan dan pembengkakan.
  • Luka terbuka atau kerak kuning di atas kulit.
  • Pengelupasan kulit

Kulit sensitif dapat menyebabkan tanda perubahan fisik yang dapat diamati oleh dokter ahli. Contohnya seperti kemerahan, bengkak, atau luka. Kondisi ini menunjukkan perubahan pada lapisan pelindung kulit atau skin barrier.

Perawatan kulit memang harus kamu lakukan sejak dini. Namun, pilih produk yang sesuai untuk usia dan jenis kulit masing-masing. Kamu bisa klik artikel ini untuk membaca lebih lanjut: Ini Rangkaian Skincare untuk Remaja.

Tips Merawat Kulit yang Sensitif

Selain memilih dan menggunakan skincare untuk kulit sensitif, berikut tips merawat kulit yang sensitif: 

1. Tes patch dari produk skincare untuk kulit sensitif

Pertama-lama, lakukan uji coba patch terlebih dahulu. Caranya dengan mengoleskan sedikit produk di area kulit, seperti di belakang telinga atau di pergelangan tangan. Lihat reaksinya dalam waktu 24 jam. Jika tidak muncul reaksi alergi, silakan lanjutkan penggunaan.

2. Perhatikan cara membersihkan wajah

Perhatikan produk yang kamu pakai. Pilih pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan iritan.

3. Hindari skincare yang terbuat dari bahan iritan

Beberapa bahan yang perlu kamu hindari, yaitu alkohol, parfum kuat, pewarna buatan, dan sulfat. Sebelum membeli, perhatikan label produk dan pilih yang bebas dari bahan-bahan tersebut.

4. Gunakan pelembap khusus kulit sensitif

Kulit sensitif cenderung kering. Karena itu, penting untuk menggunakan pelembap yang  tidak mengandung bahan iritan. Sebaiknya, pilih dengan kandungan aloe vera, ceramide, atau hyaluronic acid.

5. Pilih produk yang cocok

Gunakan produk skincare untuk kulit sensitif, seperti pembersih wajah, toner, pelembap, dan produk lainnya yang lembut, bebas pewangi, dan tidak mengandung bahan kimia keras.

6. Hindari kulit sensitif dari eksfoliasi

Eksfoliasi kulit wajah menggunakan scrub justru memperburuk kulit sensitif. Sebaiknya kamu memilih eksfoliasi dari bahan enzim atau asam glikolat. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu, tetapi jangan terlalu sering.

7. Lindungi kulit dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat memperparah kulit sensitif. Untuk melindungi kulit, kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap kali beraktivitas di luar ruangan.

8. Hindari stres

Stres dapat memperparah kulit sensitif. Ketika seseorang mengalami stres, sistem saraf tubuh merespons dengan melepaskan hormon stres seperti kortisol. Hormon ini mempengaruhi banyak aspek kesehatan, termasuk keseimbangan kulit.

Kamu bisa mengunjungi Toko Kesehatan Halodoc jika ingin membeli semua produk skincare untuk kulit sensitif. Klik gambar berikut untuk mengeceknya lebih lanjut:

dapatkan produk skincare untuk kulit sensitif di Toko Kesehatan Halodoc
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. Sensitive skin: Home remedies and prevention.
Very Well Health. Diakses pada 2023. Why Is My Skin so Sensitive?
Bioderma. Diakses pada 2023. Atoderm Intensive Baume.
QV Skincare. Diakses pada 2023. QV Intensive Moisturising Cleanser.
NOROID. Diakses pada 2023. Soothing Lotion.
Sebamed Indonesia. Diakses pada 2023. Liquid Face & Body Wash.
La Roche Posay. Diakses pada 2023. Effaclar H Iso-Biome Soothing Cleansing Cream.
Bio-oil. Diakses pada 2023. Dry Skin Gel. 
Avoskin Beauty. Diakses pada 2023. Avoskin Glow Concentrate Treatment 2% Aqua Ceramide + Multi Probiome + Hyaluronic Acid.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan