Diet Tetap Makan Enak, Coba Diet DEBM

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Oktober 2020
Diet Tetap Makan Enak, Coba Diet DEBMDiet Tetap Makan Enak, Coba Diet DEBM

Halodoc, Jakarta - Ketika membicarakan diet, kamu pasti sudah memikirkan akan pantangan banyak makanan, biasanya makanan yang kamu gemari demi mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, tahukah kamu jika ternyata ada metode diet yang membuat kamu tetap boleh mengonsumsi makanan enak selama menurunkan berat badan?

Diet DEBM namanya, dengan kepanjangan Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Dari namanya saja sudah pasti diet ini sangat menyenangkan dan tidak menyengsarakan, ya? Diet DEBM dicetuskan oleh seorang WNI bernama Robert Hendrik Liembono. Ia mengaku telah berhasil menurunkan berat badan hingga 75 kilogram dengan menerapkan pola diet ini.

Tidak hanya tetap membolehkan makan enak dan mendapatkan berat badan ideal, Robert juga mengaku diet ini berhasil membuat penyakit asma yang diidapnya tak lagi kambuh. Sebenarnya, apa itu diet DEBM? Benarkah diet ini menyenangkan seperti yang diceritakan oleh sang pencetus? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Diet DEBM Membuat Mood Lebih Happy, Ini Triknya

Mengenal Diet DEBM, Diet Enak Bahagia Menyenangkan

Tahun 2018 lalu, diet DEBM menjadi salah satu metode penurunan berat badan yang sangat populer. Tidak mengherankan, karena saat sebagian besar metode diet melarang kamu mengonsumsi makanan tertentu, diet DEBM justru tetap mengizinkan kamu melakukannya, bahkan bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

Ketika menjalani diet ini, kamu tetap boleh mengonsumsi lemak dan protein, bahkan makanan dengan penyedap rasa atau dikenal dengan MSG. Namun, kamu disarankan untuk sebisa mungkin menghindari makanan sumber karbohidrat dan mengandung gula. Sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan diet rendah kalori lainnya, ya?

Diet rendah karbohidrat mengacu pada pola makan yang membatasi asupan makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Ini tentu saja termasuk pasta, makanan manis, dan roti. Sebaliknya, konsumsi makanan sumber protein dan lemak pun sayuran serta buah yang menyehatkan sangat direkomendasikan.

Baca juga: Perlu tahu, Ini 5 Fakta Mengenai Diet DEBM

Nah, jika kamu memutuskan untuk menjalani diet DEBM, makanan yang perlu kamu hindari termasuk makanan manis, nasi, mi, pasta umbi-umbian, semua makanan yang memiliki bahan dasar tepung, dan buah yang disinyalir memiliki kandungan gula terlalu tinggi. Lalu, karbohidrat yang bagaimana yang boleh dikonsumsi? Karbohidrat dengan kadar indeks glikemik yang rendah, yaitu sayuran.

Namun, bagian paling menyenangkannya adalah kamu bebas mengonsumsi makanan sumber protein dan lemak, seperti ayam, telur, ikan, daging, bahkan hingga jeroan. Memang, dalam diet rendah karbohidrat, kamu tidak dibatasi untuk mengonsumsi protein, tetapi beberapa jenis protein ini lebih direkomendasikan dalam diet DEBM, yaitu:

  • Daging, terutama daging yang berasal dari hewan pemakan rumput, seperti kambing dan sapi.
  • Ikan, terutama yang berasal dari alam bebas, seperti ikan salmon liar.
  • Telur, terutama telur omega-3.

Baca juga: Makanan yang Dikonsumsi saat Menjalani Diet DEBM

Diet DEBM ini semakin menyenangkan karena cara mengolah makanan sumber protein dan lemak ini yang tidak dibatasi. Jadi, kamu tetap bisa mengonsumsinya dengan cara direbus, digoreng, bahkan dibakar. Meski begitu, kamu tetap tidak boleh menambahkan madu, kecap, gula, atau pemanis lainnya.

Ketahui Dampaknya

Jangan lupa, meski menyenangkan, diet DEBM juga memiliki efek samping, sama seperti metode diet lainnya. Terlebih jika kamu memiliki riwayat diabetes. Jadi, agar kamu tidak salah memilih metode diet, kamu bisa bertanya dulu dengan ahli gizi melalui aplikasi Halodoc, sehingga kamu bisa mendapatkan rekomendasi diet yang pas untuk kondisi fisik dan kesehatanmu. 



Referensi:
Better Health Channel. Diakses pada 2020. Weight Loss and Carbohydrates.
Tempo. Diakses pada 2020. Diet Enak Bahagia Menyenangkan Sedang Populer, Bagaimana Caranya?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan