• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Eksim Atopik pada Anak, Bagaimana Mengatasinya?

Eksim Atopik pada Anak, Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Eksim Atopik pada Anak, Bagaimana Mengatasinya?

Halodoc, Jakarta – Bagaimana mengatasi eksim atopik pada anak? Umumnya penanganan untuk eksim atopik adalah dengan pemberian krim dan salep steroid, obat topikal untuk membantu mengurangi peradangan kulit, seperti hidrokortison, mometason atau triamsinolon.

Untuk kondisi tertentu, pemberian antibiotik dilakukan untuk eksim atopik pada anak. Serta inhibitor kalsineurin topikal, seperti tacrolimus topikal atau pimec, antihistamin, diphenhydramine (Benadryl) atau hydroxyzine (Atarax), dan imunomodulator oral. Informasi selengkapnya mengenai eksim atopik pada anak bisa dibaca di bawah ini!

Perawatan Eksim Atopik di Rumah

Selain penanganan medis, orangtua bisa melakukan perawatan rumahan untuk kondisi eksim atopik. Caranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: 6 Cara Merawat Eksim Atopik

1. Mandikan anak secara perkala dan lebih baik lagi bila orangtua memandikan anak dengan menggunakan gayung ketimbang shower. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap setelah mandi.

2. Gunakan sabun ringan yang direkomendasikan oleh dokter atau ahli kesehatan untuk kondisi eksim atopik.

3. Pastikan kuku anak pendek, karena menggaruk dapat memperburuk dermatitis atopik.

4. Kenakan pakaian yang menyerap keringat.

5. Oleskan perban basah yang dingin ke area yang parah.

6. Biarkan anak bermain di luar di bawah sinar matahari, tetapi tidak terlalu lama, karena paparan sinar matahari yang lama dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

7. Pastikan anak menghindari kontak dengan iritasi, seperti yang ditentukan oleh dokter anak.

8. Gunakan pelembap ruangan di rumah untuk membantu menjaga kulit anak tetap lembap. Namun pastikan jangan berlebihan, kelembapan yang terlalu tinggi dapat mendorong pertumbuhan tungau debu.

9. Gunakan kipas angin atau AC di kamar anak untuk menjaga ruangan tetap sejuk, dan membantu menghindari keringat.

Baca juga: Kulit Bisa Mulus Kembali Setelah Terkena Eksim?

Jika orangtua butuh informasi lebih lanjut mengenai penanganan eksim atopik, bisa ditanyakan ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Dampak Eksim Atopik pada Kualitas Kesehatan Anak

Eksim atopik biasanya kondisi yang sangat terlihat, anak mungkin merasakan efek kondisinya secara sosial dan psikologis selain fisik. Ada juga kecemasan melawan keinginan untuk menggaruk. 

Kondisi-kondisi semacam ini dapat membuat anak menjadi stres. Disinilah peran orangtua untuk memberikan dukungan yang signifikan secara mental tidak hanya dari sisi kesehatan fisik. Berbicaralah kepada anak tentang kondisinya, jika memang ada kemungkinan melakukan perawatan inap, orangtua juga perlu mengomunikasikan kepada anak.

Penting kerja sama antara keluarga untuk menguatkan anak yang mengalami eksim atopik. Bicarakan dengan saudara/saudari yang lain serta persiapan dan kesiapan yang perlu dilakukan supaya anak tetap semangat secara fisik dan mental.

Eksim atopik adalah bentuk eksim parah yang menggambarkan sekelompok kondisi pemicu kulit gatal, merah, dan teriritasi. Ini adalah penyakit kronis dan radang yang menghasilkan bercak merah dan gatal pada kulit sehingga kulit retak dan berair.

Gejala meliputi kulit kering dan gatal yang biasanya muncul di wajah, di dalam siku, atau di belakang lutut. Namun, eksim atopik dapat muncul di mana saja di tubuh. Kulit mungkin juga bisa bersisik, bergelombang dan kasar, atau rusak, tergantung pada bagian tubuh mana yang terpengaruh.

Orang dengan dermatitis atopik lebih rentan terhadap infeksi kulit dan herpes. Ketika muncul di kelopak mata dan di sekitar mata, itu dapat menyebabkan katarak, penggelapan kulit, dan lipatan ekstra kulit di bawah mata.

Referensi:
National Eczema Association. Diakses pada 2020. Atopic Dermatitis 101.
Boston Children’s Hospital. Diakses pada 2020. Treatments for Atopic Dermatitis and Eczema in Children.