• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fakta dan Jenis Lesung Pipi yang Menarik untuk Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fakta dan Jenis Lesung Pipi yang Menarik untuk Diketahui

Fakta dan Jenis Lesung Pipi yang Menarik untuk Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 September 2022

“Terdapat banyak fakta di balik lesung pipi yang menarik untuk diketahui. Selain itu, lekukan kulit yang biasanya terbentuk di pipi ini juga memiliki berbagai macam jenis dan pola.”

Fakta dan Jenis Lesung Pipi yang Menarik untuk DiketahuiFakta dan Jenis Lesung Pipi yang Menarik untuk Diketahui

Halodoc, Jakarta – Beberapa orang memiliki lesung pipi yang akan terlihat jelas ketika mereka tersenyum. Lesung pipi adalah lekukan kecil pada kulit yang biasanya muncul di kedua sisi mulut.

Memiliki lekukan kulit tersebut memang bisa mempermanis penampilan wajah. Tidak heran bila ada beberapa orang ingin memiliki lesung pipi dengan menjalani operasi. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya lesung pipi disebabkan oleh kelainan pada otot normal? 

Ada banyak fakta menarik mengenai fitur wajah yang satu ini. Yuk, simak ulasannya di sini.

Fakta Lesung Pipi

Berikut fakta menarik tentang lesung pipi:

1. Bisa muncul di bagian tubuh lainnya

Meskipun namanya lesung pipi, lekukan kulit ini tidak hanya muncul di pipi saja, tapi juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya. Pada dasarnya, lesung pipi terbentuk pada jaringan bergerak. Hal itu berarti lekukan ini bisa terjadi di pipi, dagu, lengan atas, bahu atau bahkan payudara bila distimulasi dengan benar. Selain lesung pipi, lesung dagu juga cukup umum terjadi yang sering disebut juga dagu sumbing.

Lekukan kulit ini juga bisa terjadi di punggung bawah yang disebut lesung pipi sakral. Hal itu terjadi ketika lekukan kulit terbentuk pada tulang sakral, yang terletak di dasar tulang belakang. Kebanyakan orang memiliki satu atau dua lesung pipi di area ini, tetapi beberapa orang bisa memiliki lebih dari dua.

2. Disebabkan oleh kelainan otot

Lesung pipi bisa disebabkan oleh kelainan pada otot wajah yang disebut zygomaticus mayor. Otot ini terlibat dalam ekspresi wajah. Itu yang membantu kamu mengangkat sudut mulut saat tersenyum.

Pada orang tanpa lesung pipi, otot zygomaticus mayor biasanya dimulai pada tulang di pipi yang disebut tulang zygomatic. Kemudian turun ke bawah, menghubungkan ke sudut mulut.

Nah, pada orang dengan lesung pipi, zygomaticus mayor dapat membelah menjadi dua kumpulan otot yang terpisah dalam perjalanannya ke mulut. Satu kumpulan terhubung di sudut mulut. Satunya lagi terhubung di bawah sudut mulut dan juga ditambatkan ke kulit di atasnya.

Perpecahan pada otot ini dapat disebut sebagai otot zygomaticus mayor ganda atau bifid. Gerakan kulit di atas otot zygomaticus mayor ganda saat kamu tersenyum menyebabkan lesung pipi terbentuk.

3. Bisa diturunkan

Lesung pipi adalah sifat dominan yang bisa diturunkan dari orang tua ke anak. Dengan kata lain, bila kedua orang tua kamu memilikinya, kemungkinan besar kamu juga akan mendapatkan lesung pipi. Namun, tidak semua orang tua dengan lesung pipi memiliki anak dengan lesung pipi. Karena pola pewarisan lesung pipi tidak bisa diprediksi, itulah mengapa beberapa peneliti mengklasifikasikannya sebagai sifat dominan tidak beraturan.

Yang menariknya lagi, lesung pipi bisa berubah seiring waktu. Misalnya, orang yang memiliki lesung pipi saat kecil, bisa tidak memilikinya saat dewasa. Lalu, orang yang terlahir tanpa lesung pipi, bisa mengembangkannya di kemudian hari di masa kanak-kanak mereka.

4. Bisa didapatkan melalui operasi

Ada cara untuk mendapatkan lesung pipi, yaitu dengan operasi plastik. Dimpleplasty adalah operasi plastik yang bisa memberi kamu lesung pipi di wajah dengan membuat sayatan, menghilangkan sejumlah kecil lemak di bawah kulit untuk membuat lekukan kulit di pipi.

Jenis-jenis Lesung Pipi yang Perlu Diketahui

Ada berbagai macam jenis dan pola lesung pipi. Kebanyakan orang memiliki dua lesung pipi simetris, tapi beberapa orang hanya satu lesung pipi. Namun, ada juga orang yang memiliki tiga atau lebih.

Biasanya lesung pipi yang terletak di setiap pipi, tetapi kadang-kadang mungkin ada dua lesung pipi yang lebih kecil tepat di samping satu sama lain, bukan hanya satu lekukan yang besar.

Berikut beberapa jenis lesung pipi:

  • Unilateral dan bilateral

Bila lesung pipi hanya terdapat di satu pipi saja, itu disebut lesung pipi unilateral. Sedangkan lesung pipi di setiap pipi disebut lesung pipi bilateral.

  • Lesung pipi di tengah dan simetris sempurna

Berdasarkan kesimetrisannya, kebanyakan orang akan mengembangkan satu lesung pipi yang sedikit di tengah, atau dua lesung pipi yang simetris sempurna.

  • Para-angle bawah, para-angle, dan Ppara-angle atas

Ada juga tiga jenis lesung pipi yang bisa terbentuk di sekitar mulut yaitu para-angle bawah, para-angle, dan para-angle atas. Para-angle bawah adalah lesung pipi yang terbentuk di bawah mulut dan bibir. Lesung pipi para-angle atas terbentuk di atas mulut dan bibir, sedangkan lesung pipi para-angle terbentuk di sekitar sudut mulut.

Itulah fakta menarik mengenai lesung pipi. Bila kamu punya masalah kesehatan, jangan dibiarkan saja. Periksakan kesehatanmu dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Why Do Some People Have Cheek Dimples?.
USA RX. Diakses pada 2022. The Wonders of Cheek Dimples: Questions You’ve Had, Answered