Gaya Hidup Sehat bagi Pengidap Angina Pectoris

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Desember 2022

“Pengidap angina pectoris harus menjalani gaya hidup sehat. Hal ini agar risiko komplikasi fatal dari kondisi ini bisa kamu hindari.”

Gaya Hidup Sehat bagi Pengidap Angina PectorisGaya Hidup Sehat bagi Pengidap Angina Pectoris

Halodoc, Jakarta – Angina pectoris adalah nyeri dada atau rasa tidak nyaman yang terus muncul kembali. Ini terjadi ketika beberapa bagian dari jantung tidak mendapatkan cukup darah dan oksigen. 

Kondisi ini bisa menjadi gejala penyakit arteri koroner, yaitu ketika arteri yang membawa darah ke jantung menyempit dan tersumbat karena aterosklerosis atau gumpalan darah. Yuk ketahui gaya hidup sehat untuk pengidap angina pectoris dalam pembahasan berikut ini!

Gaya Hidup Sehat untuk Pengidap Angina Pectoris

Terlepas dari pengobatan mana yang kamu pilih, dokter akan menyarankankan agar kamu melakukan perubahan gaya hidup jantung sehat, seperti:

1. Berhenti Merokok

Jika kamu merokok, segeralah berhenti. Cobalah segala cara untuk berhenti merokok, termasuk berkonsultasi dengan dokter jika memerlukan terapi untuk berhenti merokok. Jika kamu tidak merokok, pastikan untuk menghindari kebiasaan ini. 

2. Perbaiki Pola Makan

Gaya hidup lainnya untuk pengidap gangguan jantung ini adalah memperbaiki pola makan. Konsumsi makanan bergizi seimbang, dan batasi lemak jenuh, lemak trans, garam dan gula. Sertakan berbagai buah dan sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak dalam pola makan kamu.

3. Tingkatkan Aktivitas Fisik 

Bicaralah dengan dokter tentang memulai rencana olahraga yang aman. Terutama jika kamu tidak terbiasa berolahraga. Meski penting, jangan berlebihan dalam olahraga dan istirahatlah jika perlu.

4. Jaga Berat Badan Sehat

Jika pengidapnya mengalami kelebihan berat badan, temukan cara untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Misalnya dengan menyeimbangkan apa dan berapa banyak yang kamu makan dengan berapa banyak aktivitas fisik yang kamu lakukan. 

5. Dapatkan Pengobatan untuk Kondisi Medis 

Jika kamu memiliki kondisi medis lainnya selain angina pectoris, pastikan untuk menjalani pengobatan untuk kondisi tersebut. Terutama diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol darah tinggi.

6. Kelola Stres dengan Baik

Meski mungkin sulit untuk benar-benar menghindari stres, cobalah untuk sebisa mungkin mengelolanya. Lakukan meditasi atau hal-hal lain yang menyenangkan untuk mengurangi stres.

Pengobatan Medis untuk Angina Pectoris

Pengobatan untuk kondisi ini akan tergantung pada usia, riwayat kesehatan di masa lalu, tingkat keparahan kondisi, dan pendapat atau preferensi kamu. 

Dokter mungkin meresepkan obat-obatan untuk meredakan gejala. Misalnya nitrogliserin, yang membantu menghilangkan rasa sakit dengan memperlebar pembuluh darah. Obat ini memungkinkan lebih banyak aliran darah ke otot jantung dan mengurangi beban kerja jantung. 

Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan dosis dan instruksi dari dokter. Jangan sembarangan mengonsumsi obat lain saat menjalani pengobatan dari dokter tanpa berkonsultasi terlebih dahulu. 

Tips Pencegahannya

Karena kondisi ini dapat menyebabkan kondisi yang fatal, penting untuk sebisa mungkin mencegahnya. Mempertahankan gaya hidup sehat dapat membantu menunda atau mencegahnya.  

Gaya hidup sehat yang perlu kamu jalani untuk mencegah penyakit ini meliputi:

  • Memiliki pola makan yang sehat.
  • Aktivitas fisik dan olahraga.
  • Lakukan manajemen stres.
  • Tidak merokok atau berhenti merokok jika merokok.
  • Menjaga atau mendapatkanberat badan yang sehat.
  • Minum obat sesuai resep.
  • Mengobati segala kondisi terkait seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan kelebihan berat badan.

Itulah pembahasan mengenai gaya hidup sehat untuk pengidap angina pectoris. Jika kamu atau orang terdekat mengalami kondisi ini, pastikan untuk menjalani gaya hidup yang sehat untuk mencegah komplikasi. 

Jika kondisi memburuk, segera konsultasikan dengan dokter. Agar mudah, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter.

Referensi:
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Angina Pectoris.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Angina Treatment: Stents, Drugs, Lifestyle Changes — What’s Best?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan