Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Mei 2021
Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan LambungGaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Halodoc, Jakarta - Sudah tahu betapa pentingnya fungsi lambung dalam tubuh? Organ ini bertugas untuk menampung makanan, kemudian memecah, mengolah, memproses, hingga mendorong dan meneruskan makanan ke usus. Nah, sudah kebayang apa jadinya bila kesehatan lambung terganggu? Pastinya, terdapat beragam keluhan yang bakal muncul pada sistem pencernaan.

Cara menjaga agar lambung selalu berada dalam kondisi sehat dan prima, maka kamu harus senantiasa merawatnya. Lantas, seperti apa gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan lambung? 

Sebenarnya, cara menjaga kesehatan lambung tidak sulit, tapi dibutuhkan niat, kedisiplinan, dan tekad untuk menerapkan gaya hidup sehat. Nah, berikut beberapa gaya hidup sehat yang perlu diadopsi untuk menjaga kesehatan lambung. 

Baca juga: Kenali 4 Jenis Gangguan Lambung Ini

1.Cukupi Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu cara tersimpel untuk menjaga kesehatan lambung. Menurut National Health Service (NHS), konsumsi air dapat mendorong lewatnya limbah melalui sistem pencernaan dan membantu melunakkan kotoran.

2.Makan Tepat Waktu

Makanlah tepat waktu agar lambung senantiasa sehat. Makan dengan jadwal yang tidak teratur, bisa meningkatkan refluks asam lambung, hingga memicu gejala maag pada pengidapnya. Oleh sebab itu, konsumsi makanan dan camilan sehat secara teratur. Lalu, usahakan untuk duduk saat makan, dan makan pada waktu yang sama setiap harinya.

3.Jangan Lupakan Olahraga

Olahraga tidak hanya dapat memperkuat tulang dan otot-otot tubuh saja. Aktivitas fisik yang teratur juga bisa menjaga makanan tetap bergerak melalui sistem pencernaan, sehingga dapat mencegah sembelit serta masalah pencernaan lainnya. Di samping itu, olahraga juga bisa mempertahankan berat badan yang ideal yang baik untuk sistem pencernaan. 

Baca juga: Apa Saja Ciri Ciri Asam Lambung Naik?

4.Hindari Asupan Alkohol dan Rokok

Hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok. Pasalnya, kedua kebiasaan ini bisa mengganggu fungsi lambung dan sistem pencernaan secara keseluruhan. Tak hanya itu saja, kedua kebiasaan ini juga bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius, contohnya seperti kanker lambung. 

5.Batasi Makanan Berlemak

Cara menjaga kesehatan lambung juga bisa dengan membatasi makanan berlemak. Ingat, makanan kaya lemak tak baik bagi fungsi lambung karena cenderung memperlambat proses pencernaan. Nah, kalau sudah begini jangan heran bila kamu mengalami sembelit. 

Alternatifnya, coba batasi konsumsi makanan berlemak. Lalu, kombinasikan makanan ini dengan makanan berserat tinggi agar mudah dicerna tubuh. 

6.Pentingnya Asupan Serat

Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, termasuk kesehatan lambung. Kamu bisa memperoleh asupan serat dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Makanan kaya serat juga bisa membuat proses pencernaan berjalan lancar, membantu mencegah sembelit, dan menjaga berat badan yang sehat. Menariknya lagi, diet tinggi serat bisa membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) dan wasir.

Baca juga: 4 Cara Pilih Makanan Terbaik untuk Pengidap Maag

7.Batasi Makanan Pedas

Mengasup makanan pedas memang sulit dihindari oleh sebagian orang. Namun, dalam beberapa kasus ternyata kebiasaan ini memicu masalah pada lambung dan sistem pencernaan.

Menurut NHS, makanan pedas bisa menimbulkan mulas, sakit perut, atau diare. Jika kamu mengalami masalah ini setelah mengonsumsi makanan pedas, hentikan atau batasi mengonsumsi cabai atau makanan pedas lainnya.

Nah, itulah beberapa cara menjaga kesehatan lambung yang bisa kamu lakukan. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh cara menjaga kesehatan lambung atau hal lainnya, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
National Health Service - UK. Diakses pada 2021. Good foods to help your digestion
Everyday Health. Diakses pada 2021. 11 Tips for Better Digestive Health
Intercoastal Medical Group. Diakses pada 2021. Eating for a Healthy Digestive System

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan