• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gerakan ala Flamingo Agar Tubuh Semakin Kuat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gerakan ala Flamingo Agar Tubuh Semakin Kuat

Gerakan ala Flamingo Agar Tubuh Semakin Kuat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 04 Mei 2018
Gerakan ala Flamingo Agar Tubuh Semakin KuatGerakan ala Flamingo Agar Tubuh Semakin Kuat

Halodoc, Jakarta – Apabila kamu ingin meningkatkan keseimbangan dan memperkuat bagian inti tubuhmu, maka tidak ada salahnya untuk mencoba meniru gerakan flamingo, yaitu gerakan untuk membuat tubuh kuat dengan cara berdiri menggunakan satu kaki seperti burung rawa tersebut. Seperti yang dikutip dari The Guardian, Nadya Fairweather, seorang pelatih kebugaran, menyarankan untuk melakukan gerakan ini rutin setiap hari.

Kamu bisa memulai dengan berdiri menggunakan satu kaki, kemudian merentangkan kedua tangan ke samping seperti sedang merangkul. Pejamkan kedua matamu dan tetaplah dalam posisi ini selama 10 hingga 20 detik, normalkan kembali kakimu, dan ulangi selama 15 menit.

(Baca juga: Mau Kurangi Stress? Yoga Saja!)

Tim Walker seorang pendiri pusat kebugaran Evolve Fitness juga mengatakan bahwa berdiri dengan satu kaki membuat otot inti pada tubumu bekerja maksimal untuk mencegah tubuhmu jatuh ke salah satu sisi. Gerakan flamingo membutuhkan lebih banyak aktivitas otak dan bahkan membakar lebih banyak kalori tubuhmu. Nah, agar gerakanmu semakin sempurna, berikut terdapat beberapa tips tentang cara menyempurnakan teknik gerakan flamingo:

Lepas Pelindung Kaki

Dengan melakukan gerakan ini, maka berat badanmu akan bertumpu pada tumit dan kaki bagian tengah. Riley Gooch, seorang pelatih pribadi juga mengatakan bahwa melakukan gerakan ini tanpa alas kaki akan menjadi lebih efektif. Sebab hal ini akan meningkatkan rangsangan ke otak dan memungkinkan kamu untuk merasakan lantai. Jadi usahakan untuk melepas alas kaki apa pun, baik itu sepatu atau pun kaus kaki.

Pegang Kedua Telinga

Jika kamu belum merasa seimbang dan merasa akan roboh, peganglah kedua telingamu agar kamu mendapatkan kembali keseimbangan tubuhmu. Telinga sendiri ialah pusat keseimbangan tubuhmu, sehingga dengan menyentuhnya maka kamu akan mampu mendapatkan keseimbangan tubuhmu kembali.

Bayangkan Dirimu Sebagai Kapal yang sedang Berlabuh

Selain membayangkan dirimu sebagai burung flamingo, kamu juga bisa membayangkan dirimu seperti sebuah kapal yang hendak berlabuh untuk membantumu mendapatkan posisi yang nyaman. Bayangkan juga kamu sedang memegang tiang atau struktur kokoh lainnya agar kamu merasa lebih mudah untuk mempertahankan pose satu kaki tersebut.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Resveratrol

Resveratrol adalah senyawa polifenol yang ditemukan oleh beberapa penelitian untuk meningkatkan keseimbangan tubuh seseorang. Kamu dapat dengan mudah menemukan senyawa ini dalam banyak makanan termasuk red wine dan cokelat. Cara ini memang agak sedikit berlawanan dengan tujuan awal, karena mengonsumsi makanan dan minuman ini terlalu banyak mungkin bisa megacaukan sistem keseimbangan, terutama jika kamu meminum red wine tepat sebelum mencoba gerakan ini.

Jadi tentu kuncinya adalah mengonsumsi cokelat dan red wine di waktu yang tepat dengan jumlah yang tepat. Untungnya, kamu juga dapat menemukan zat resveratrol ini dalam buah-buahan seperti blueberry, cranberry, dan anggur.

Selain dapat membakar kalori dan meningkatkan kemampuan otak, memadukan gerakan flamingo dengan gerakan lain juga akan membantu mengecilkan kedua paha kamu. Meski agak sedikit sulit, namun apabila kamu sudah terbiasa melakukannya maka pahamu akan segera mengecil. Kamu juga memerlukan dua buah dumbell untuk melakukan gerakan “flamigo balance”.

Caranya, lakukan pose flamigo namun dengan kedua tangan memegang dumbell. Letakkan tangan kiri ke samping pinggul, sementara tangan kanan ke atas. Lalu condongkan perlahan tubuhmu ke depan dan luruskan kaki yang bukan menjadi tumpuan ke belakang. Lakukan hal ini selama maksimal 15 menit setiap hari.

(Baca juga: Sibuk Tetap Bisa Berolahraga Dengan Pilates)

Nah, itulah gerakan ala flamingo yang dapat kamu masukan ke dalam olahragamu. Kalau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat sedang olahraga, seperti cedera atau luka, kamu bisa beli produk kesehatan yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc, lho. Caranya sangat mudah, tinggal  order via aplikasi, dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.