Hal yang Perlu Dipahami saat Anak Menstruasi Pertama Kali

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Desember 2020
Hal yang Perlu Dipahami saat Anak Menstruasi Pertama KaliHal yang Perlu Dipahami saat Anak Menstruasi Pertama Kali

Halodoc, Jakarta - Menstruasi pertama pada anak perempuan biasanya terjadi pada usia sekitar 12 tahun. Sebagai ibu, penting untuk mendiskusikan topik ini sejak dini. Namun, beberapa ibu masih merasa canggung untuk menjelaskan topik ini. Padahal, ibu harus menjadi informan pertama yang dipercaya dan memahami bagaimana menstruasi pertama pada anak perempuan. 

Semakin dini ibu mulai berbicara dengan anak tentang perubahan yang akan terjadi selama pubertas, maka semakin baik. Jangan langsung membicarakan mengenai menstruasi secara keseluruhan dalam satu waktu. Sebaiknya rencanakan untuk membahasnya secara bertahap. Jika anak bertanya tentang menstruasi, maka jawablah dengan terbuka dan jujur. Meskipun anak tidak bertanya, maka bukalah topik secara bertahap agar anak pun memiliki wawasan yang cukup. 

Baca juga: 6 Trik Atasi Nyeri Haid saat di Kantor

Saat Anak Menstruasi Pertama Kali

Peran ibu penting dalam mempersiapkan anak menghadapi menstruasi pertamanya. Hal yang perlu ibu pahami bahwa diperlukan sikap terbuka, jujur, dan positif untuk membuat anak siap menghadapi perubahan tubuh di masa pubertas. Dengan begitu, akan semakin mudah pula anak perempuan dalam menjalaninya. 

  • Pahami Pendapat Ibu tentang Menstruasi

Sebelum membahas tentang menstruasi secara detail pada anak, pahami mengenai fakta bahwa kenyataan sebenarnya yang berkaitan dengan menstruasi adalah artinya anak akan tumbuh dewasa, menjadi wanita, dan tubuhnya akan berubah.

Penting juga untuk menjelaskan bahwa dengan terjadinya menstruasi dan perubahan tubuh, itu artinya ia memiliki tubuh yang sehat, normal, yang bekerja dengan baik. Jika pengalaman menstruasi pertama ibu tidak menyenangkan, bukan berarti anak akan mengalami hal yang sama. 

  • Hindari Membuat Anak Takut tentang Menstruasi

Beritahu anak bahwa saat menstruasi, ia tetap dapat melakukan semua kegiatan yang biasa ia lakukan pada saat tidak menstruasi. Memberdayakan perempuan dengan cara seperti ini sangat diperlukan. Meskipun mungkin akan muncul rasa kram dan nyeri saat sebelum atau hari pertama menstruasi, namun hal ini normal terjadi dan tidak akan terjadi berlangsung lama. 

Sarankan pula pada anak untuk mengurangi rasa takut akan darah. Jelaskan bahwa pendarahan yang terjadi tidak seperti darah yang mengalir bebas dari tubuhnya. Pada beberapa hari, jumlah darah yang keluar semakin berkurang tidak sebanyak hari pertama. 

Baca juga: Gangguan Tidur Dapat Terjadi saat Fase Menstruasi 

  • Pelajari Bersama Mengenai Keperluan Selama Menstruasi

Pelajari mulai dari pembalut, tampon, hingga celana dalam yang dapat digunakan selama menstruasi berlangsung. Ajarkan cara menggunakannya, menggantinya, dan biarkan anak yang memiliki jenis penampung menstruasi yang nyaman ia gunakan. 

  • Ajaran Anak Bagaimana Penanganan Saat Menstruasi Terjadi

Menjelaskan tentang menstruasi dari segi definisi mungkin tidak membutuhkan waktu banyak. Namun, menggambarkan dan mempraktikkan bagaimana penanganan saat menstruasi pertama terjadi mungkin akan mengejutkan dan membutuhkan waktu. Setidaknya sampai terbiasa pada saat periode berikutnya. 

Mungkin hal yang dikhawatirkan anak, yaitu saat menstruasi pertama terjadi saat ia tidak bersama dengan ibunya, misalnya di sekolah. Untuk itu, ajarkan tentang cara menggunakan dan mengganti pembalut. 

Baca juga: Inilah 4 Fase yang Terjadi saat Menstruasi

Atau ajarkan pula cara mengatasi jika darah menstruasi tembus ke rok seragam sekolah. Untuk itu, persiapkan anak agar ia selalu membawa pembalut ekstra, celana dalam ganti dan seragam cadangan saat periode menstruasi sedang berlangsung. Pastikan anak selalu membawa kantong plastik untuk menyimpan pakaian kotornya. Hal ini akan dipenuhi dengan kejutan, namun seiring dengan waktu, anak akan mulai terbiasa. 

Itulah setidaknya yang perlu ibu pahami mengenai menstruasi pertama kali pada anak. Mungkin ibu lupa bagaimana pengalaman menstruasi pada saat remaja dulu. Untuk memastikan agar informasi yang diberikan pada anak lengkap dan mudah dipahami, ibu dapat berdiskusi terlebih dulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

Kids Health. Diakses pada 2020. Talking to Your Child About Periods
Parents. Diakses pada 2020. 9 Ways to Prepare Your Daughter for Her First Period (and Make Sure It Doesn't Suck)
WebMD. Diakses pada 2020. Preparing your child for menstruation

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan