Hamil Anak Laki-Laki, Seperti Apa Ciri-Cirinya?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Oktober 2023

“Meski tidak sepenuhnya akurat, ada beberapa ciri-ciri hamil anak laki-laki yang dipercaya sebagian orang. Contohnya, tidak mual berlebihan di pagi hari, memiliki kulit yang berkilau, dan detak jantung yang lebih tinggi.”

Hamil Anak Laki-Laki, Seperti Apa Ciri-Cirinya?Hamil Anak Laki-Laki, Seperti Apa Ciri-Cirinya?

Halodoc, Jakarta – Tanpa pemeriksaan medis seperti ultrasonografi (USG), sulit memprediksi jenis kelamin janin di dalam kandungan. Meski begitu, beberapa aspek seperti perubahan fisik dan gejala tertentu selama kehamilan, diduga bisa memberikan petunjuk mengenai jenis kelamin bayi. 

Nah, pertanyaannya, seperti apa sih ciri-ciri hamil anak laki-laki?

Apa Ciri-ciri Hamil Anak Laki-laki?

Perlu kamu pahami, bahwa tidak ada ciri-ciri hamil anak laki-laki secara spesifik. Untuk memastikannya, ibu bisa melakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi (USG).

Namun, ini beberapa ciri-ciri hamil anak laki-laki yang dipercaya sebagian orang.

1. Mual di pagi hari

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Lancet mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami mual di pagi hari, memiliki persentase tinggi memiliki anak perempuan.

Jika tidak mengalami mual terlalu parah, bisa jadi janin dalam kandungan adalah anak laki-laki. 

2. Kondisi kulit

Hormon kehamilan memengaruhi setiap ibu hamil dengan cara yang berbeda. Namun, saat hamil laki-laki, kulit terlihat lebih cerah dan berkilau.

Selain itu, rambut juga terlihat cepat panjang dan lebih sehat. Hal ini terjadi karena meningkatkan peredaran darah dalam tubuh selama kehamilan.

3. Mengidam

Ciri-ciri hamil anak laki-laki selanjutnya bisa terlihat dari makanan yang ingin ibu makan. Biasanya ibu hamil mendambakan makanan asin dan gurih seperti acar dan keripik kentang. 

Namun, belum ada penelitian lebih lanjut yang mumpuni terkait dengan hubungan makanan dan jenis kelamin bayi. 

4. Detak jantung

Jika denyut per menitnya di bawah 140, maka bayi tersebut diperkirakan berjenis kelamin laki-laki. Lebih tinggi dari 140, itu adalah perempuan.

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Fetal Diagnosis and Therapy mengungkapkan, bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara detak jantung laki-laki dan perempuan di awal kehamilan.

5. Persalinan

Jika persalinan lebih sulit, biasanya ini menandakan bayinya adalah laki-laki. Namun tak ada bukti penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

Sebenarnya, cara persalinan ibu hamil akan tergantung pada bentuk rahim, tipe tubuh ibu, dan otot perut.

Ini tanda-tanda bahwa ibu sudah mendekati hari persalinan: Kenali Tanda-Tanda Ibu Hamil akan Melahirkan

Ini yang Menentukan Jenis Kelamin Janin

Jenis kelamin janin terlihat berdasarkan susunan kromosom pada saat terjadi pembuahan, yaitu ketika sel sperma bertemu dengan sel telur. 

Embrio atau janin menerima 23 kromosom dari masing-masing orang tua, satu pasang terdiri dari kromosom seks yang menentukan jenis kelamin janin. 

Apabila janin memiliki dua kromosom X, maka jenis kelaminnya perempuan. Sementara jika punya satu kromosom X dan satu Y, maka jenis kelaminnya laki-laki. 

Pembentukan jenis kelamin terjadi ketika usia kehamilan sebelas minggu dan kondisi ini terjadi karena faktor genetik dan lingkungan.

Namun, ibu masih belum bisa melihatnya dengan jelas atau mengetahuinya hingga beberapa minggu berikutnya melalui USG. 

Biasanya, ibu baru bisa melihat jelas ciri-ciri hamil anak laki-laki setelah memasuki trimester kedua kehamilan.

Jenis kelamin dapat terlihat dengan jelas melalui pemeriksaan USG 4D. Simak di sini penjelasannya: Ketahui Jenis Kelamin Bayi dengan Jelas Melalui USG 4D

Perkembangan jenis kelamin laki-laki

Jika bukan karena hormon testosteron pria, semua bayi akan mengembangkan jenis kelamin wanita. 

Sekitar minggu ke-7 kehamilan, alat kelamin pria mulai berkembang ketika kromosom Y memberi sinyal untuk memulai produksi testosteron.

Kemudian, sekitar minggu ke-9, alat kelamin bayi lak-laki mulai memproses tubuh menjadi laki-laki. 

Punggung genital mulai memanjang untuk membentuk penis. Namun, penis dan klistoris sebenarnya berukuran sama hingga sekitar 14 minggu.

Pada bayi laki-laki, tunas yang akan menjadi prostat muncul sekitar 10 minggu, dan sistem saluran kencing sudah terbentuk sempurna sekitar 14 minggu. Ciri-ciri hamil anak laki-laki ini akan semakin jelas di minggu ke 20.

Baik hamil laki-laki atau perempuan, penentunya adalah kromosom yang dibawah oleh sang ayah. Simak penjelasannya di sini: Bukan Ibu, Ayah Menjadi Penentu Jenis Kelamin Anak?

Selain mengetahui ciri-ciri hamil anak laki-laki, pemeriksaan rutin juga bisa mendeteksi dini jika ada kelainan pada janin, termasuk infeksi kehamilan.

Ibu bisa ngobrol langsung dengan dokter lewat aplikasi Halodoc jika membutuhkan informasi terkait dengan kehamilan. Diskusikan juga bila mengalami keluhan kesehatan terkait kehamilan.

Referensi:
Healthline Parenthood. Diakses pada 2023. Myths vs, Facts: Signs You’re Having a Baby Boy.
Mom Junction. Diakses pada 2023. Symptoms of Baby Boy During Pregnancy: Are They Reliable?
Parents. Diakses pada 2023. What Science Says About ‘Signs’ You’re Pregnant With a Boy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan