• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Hamil Harus Banyak Tanya dan Banyak Bergerak, Ini Alasannya

Ibu Hamil Harus Banyak Tanya dan Banyak Bergerak, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ibu Hamil Harus Banyak Tanya dan Banyak Bergerak, Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta – Kehamilan adalah proses yang menakjubkan dan menjadi pengalaman yang susah untuk dilupakan. Sebagai pengalaman yang baru, sudah seharusnya ibu hamil tidak memendam pertanyaan, tapi malah harus banyak bertanya dan juga tidak berhenti beraktivitas. Justru dengan memendam semua pertanyaan malah membuat ibu hamil sukar menentukan mana yang perlu dan tidak perlu untuk dilakukan.

Demikian juga halnya dengan banyak bergerak yang memang sangat bermanfaat tidak hanya untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah ibu hamil, mencegah obesitas yang berujung pada diabetes, tetapi juga meningkatkan mood ibu hamil.

Mengumpulkan banyak informasi semasa kehamilan juga sangat berguna dilakukan oleh ibu hamil. Setidaknya kalau pun ini menjadi kehamilan pertama, ibu hamil tidak akan kehilangan informasi atau pun update mengenai menjalani kehamilan yang sehat. Biasanya, ada beberapa pertanyaan yang malu dilontarkan oleh ibu hamil.

Kehamilan biasanya meningkatkan sensitivitas membuat ibu hamil cenderung baper dan apa-apa dibawa ke perasaan. Sejatinya dengan menggali banyak informasi dan kepo mengenai kehamilannya, akan membuat ibu hamil lebih memahami kondisi mood akibat perubahan fisik selama kehamilan.

Ketika tiba-tiba merasa mood menjadi aneh, ibu hamil bisa lebih menerima perubahan perasaan tersebut dengan lebih bijak. Termasuk ketika muncul rasa malas dan maunya berbaring saja di tempat tidur, karena tahu kebiasaan ini tidak baik untuk diteruskan pasti membuat ibu hamil berpikir dua kali sebelum melanjutkannya.

Tak pelak lagi, perubahan mood membuat ibu hamil kerap bereaksi berlebihan terhadap sedikit perubahan atau pun komentar orang-orang akan kehamilannya. Jangan langsung panik, coba dihadapi dengan kepala dingin.

Biasanya sih, ini adalah beberapa komentar mengenai kehamilan atau pun situasi yang membuat ibu hamil menjadi uring-uringan. Untuk itu, ada beberapa kiat bagaimana cara menghadapinya.

Ketika Mendapatkan Saran dan Pertanyaan Usil?

Sejatinya, setiap wanita punya solusinya sendiri untuk kehamilannya. Terkadang ada rasa kesal karena setiap orang menyarankan hal yang berbeda-beda untuk dilakukan. Lantas mana yang benar? Di sini lah pentingnya dari banyak tanya dan menggali informasi, sehingga ibu hamil bisa membandingkan antara informasi yang diperolehnya dengan yang diberikan oleh orang lain. Untuk menangkis pertanyaan dan pernyataan usil tersebut ibu hamil bisa memberikan jawaban mengelak seperti, “Kehamilan semua orang berbeda,” atau “ Terimakasih, bisa kita bahas topik yang lain,” dan juga “Kalau kamu sendiri gimana kehamilannya?”

Ketika Merasakan Bad Mood?

Jangan langsung “meledak” yang hanya akan membuat ibu hamil menjadi stres. Pertama, pahami dulu situasimu dan sadari kalau ini adalah kondisi yang lumrah terjadi. Supaya stresmu tidak menular ke lingkungan, ambillah waktu sendiri untuk menenangkan diri. Cari cara untuk menghibur diri sendiri dengan cara menonton film humor mungkin atau berolahraga. Punya teman diskusi memang menyenangkan, tapi terkadang terlalu banyak menerima masukan malah akan membuat ibu bingung saran mana yang sebaiknya diterima.

Kehamilan adalah sesuatu yang istimewa, sehingga ibu hamil harus banyak tanya untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kehamilan. Ingin tahu lebih banyak mengenai tips hidup sehat ibu hamil serta nutrisi yang tepat untuk kehamilannya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu hamil bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.