• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Harus Tahu, Inilah Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Ibu Harus Tahu, Inilah Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Menjalani kehamilan menjadi hal yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami dan istri. Banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi selama menjalani masa kehamilan, mulai dari rutin lakukan pemeriksaan di rumah sakit, mengonsumsi makanan sehat, menjalani gaya hidup sehat, hingga mengelola tingkat stres dengan baik.

Baca juga: Ibu Hamil, Perhatikan 6 Mitos dan Fakta Kehamilan Berikut Ini

Adanya perubahan hormon dan pola hidup pada ibu hamil terkadang membuat ibu mengalami kondisi stres. Tidak hanya itu, beberapa mitos yang beredar seputar kehamilan semakin menambah pikiran dan kekhawatiran ibu hamil. Untuk itu, tidak ada salahnya mengetahui mitos dan juga fakta seputar kehamilan agar ibu dapat menjalankan kehamilan dengan bahagia.

1.Mengonsumsi Kacang dan Susu Membuat Anak Alergi

Hal ini merupakan mitos yang sebaiknya tidak dipercaya. Ibu hamil dapat mengonsumsi kacang maupun susu, kecuali jika ibu hamil sendiri yang memiliki alergi terhadap kedua jenis makanan tersebut. 

Bahkan, kacang merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan antioksidan, asam folat, lemak, dan protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Berbagai kandungan tersebut dapat mengurangi risiko cacat pada bayi, keguguran, dan juga kelahiran prematur. 

2.Jenis Kelamin Dapat Ditentukan oleh Perubahan yang Dialami Ibu

Saat ibu hamil mengalami masalah kulit, artinya ia akan memiliki anak laki-laki. Namun, ketika ibu hamil memiliki kulit yang semakin bersinar dan rambut yang lebat, artinya ia akan memiliki anak perempuan. Kondisi ini merupakan mitos yang paling sering berkembang di antara ibu hamil.

Jenis kelamin bayi dapat diketahui melalui pemeriksaan USG saat usia kehamilan ibu memasuki usia 18 bulan ke atas. Jadi, jika kamu penasaran dengan jenis kelamin bayi yang ada pada kandungan, segera lakukan pemeriksaan USG pada rumah sakit terdekat.

Baca juga: Mitos Bentuk Perut Ibu Saat Hamil

3.Mengonsumsi Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Gangguan Penglihatan pada Janin

Mengonsumsi makanan pedas saat menjalani kehamilan merupakan suatu hal yang aman untuk dilakukan dan tidak tingkatkan risiko gangguan kesehatan pada janin. Namun, kondisi ini memang meningkatkan risiko gangguan pencernaan pada ibu. Jika ibu memiliki hobi mengonsumsi makanan pedas, tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter kandungan mengenai efek samping mengonsumsi makanan pedas saat hamil.

4.Ibu Hamil Dilarang Berolahraga

Faktanya, olahraga sangat penting dilakukan oleh ibu hamil. Namun, pastikan ibu menjalani kehamilan yang sehat. Berbagai olahraga bisa kamu lakukan saat hamil, seperti yoga, senam hamil, jalan santai, hingga berenang. Hindari olahraga yang dapat menyebabkan kontak fisik cukup keras.

5.Kondisi Morning Sickness Hanya Terjadi pada Pagi Hari

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang terjadi ketika hamil. Meskipun dikenal dengan nama morning sickness, tetapi mual dan muntah tidak hanya terjadi pada pagi hari melainkan sepanjang hari. Morning sickness terjadi akibat adanya perubahan hormon pada ibu hamil.

6.Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Saat hamil tentunya ibu diperbolehkan untuk berendam air hangat. Namun, perhatikan tingkat kehangatan, hindari air yang terlalu panas. Rasa tidak nyaman pada tubuh yang dirasakan saat menjalani kehamilan dapat diatasi dengan berendam air hangat.

Baca juga: Mitos Seputar Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki

Itulah beberapa mitos yang berkembang seputar kehamilan. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan kondisi kesehatan ibu dan janin dalam keadaan yang baik. Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter kandungan apabila ada kondisi yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

Referensi:
Pregnancy Birth and Baby. Diakses pada 2020. Common Myths About Pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2020. 30 Facts About Pregnancy.
Parents. Diakses pada 2020. 16 Pregnancy Myths.