Ibu, Ini Langkah Penyembuhan setelah Melakukan Histeroskopi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Mei 2023

"Usai menjalani histeroskopi, rahim menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami infeksi. Maka dari itu, ibu perlu melakukan langkah penyembuhan yang tepat untuk membantu proses pemulihan."

Ibu, Ini Langkah Penyembuhan setelah Melakukan HisteroskopiIbu, Ini Langkah Penyembuhan setelah Melakukan Histeroskopi

Halodoc, Jakarta – Histeroskopi adalah prosedur medis yang bisa kamu gunakan untuk melihat kondisi rahim dengan menggunakan alat khusus yang disebut histeroskop. Prosedur ini biasanya bisa dokter kandungan lakukan untuk membantu diagnosis dan pengobatan kondisi yang berkaitan dengan rahim.

Setelah menjalani histeroskopi, ada beberapa hal yang perlu ibu lakukan untuk membantu proses pemulihan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Langkah Penyembuhan setelah Menjalani Histeroskopi

Berikut adalah beberapa langkah penyembuhan setelah melakukan histeroskopi:

1. Istirahat

Ibu perlu mendapatkan istirahat yang cukup usai menjalani histeroskopi. Sebab, prosedur ini dapat menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan. Beristirahat dapat membantu tubuh memulihkan diri lebih cepat.

2. Menghindari aktivitas fisik yang berat

Sebaiknya menghindari aktivitas fisik yang berat terlebih dahulu, termasuk olahraga, selama beberapa hari setelah histeroskopi. Ini akan membantu mencegah terjadinya pendarahan atau cedera yang tidak kamu inginkan.

3. Jangan berhubungan seksual

Setelah menjalani histeroskopi, rahim dan serviks akan menjadi sensitif dan rentan terhadap infeksi, terutama jika kamu lakukan dengan biopsi jaringan. Sebagai tindakan pencegahan, biasanya dokter akan menyarankan pasien untuk menunda aktivitas seksual selama beberapa hari hingga minggu setelah prosedur histeroskopi. 

Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih dan meminimalkan risiko infeksi atau komplikasi lainnya. Selain itu, kamu juga perlu menghindari penggunaan tampon atau produk pembersih vagina yang dapat memperburuk kondisi dan memicu infeksi.

4. Konsumsi obat-obatan

Dokter biasanya meresepkan obat-obatan untuk membantu mengurangi rasa sakit atau mencegah infeksi. Ikuti resep dokter untuk membantu proses pemulihan. Hindari konsumsi obat tanpa resep dokter yang justru bisa meningkatkan potensi efek samping. 

5. Pantau gejala

Ibu juga perlu memantau gejala setelah melakukan histeroskopi. Misalnya seperti pendarahan yang berlebihan, rasa sakit yang tidak dapat ditolerir, demam, atau keputihan yang berlebihan. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

6. Menghindari mandi air panas atau sauna

Mandi air panas atau sauna dapat meningkatkan suhu tubuh dan mempercepat sirkulasi darah. Hal ini dapat memicu pendarahan atau infeksi pada area yang sensitif setelah histeroskopi. 

Histeroskopi bisa kamu lakukan dengan memasukkan alat kedalam rahim dan serviks, sehingga membuat area tersebut menjadi sensitif dan mudah terinfeksi. Menghindari mandi air panas atau sauna selama beberapa hari setelah histeroskopi dilakukan bertujuan untuk meminimalkan risiko infeksi atau peradangan pada area tersebut dan memberikan waktu untuk pulih.

7. Mengonsumsi makanan yang sehat

Ibu sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk membantu tubuh memulihkan diri lebih cepat. Makanan yang dokter anjurkan meliputi, sayuran, buah-buahan, protein dan karbohidrat kompleks.

Ibu juga wajib memenuhi kebutuhan cairan dengan meminum air putih secara rutin. Dokter biasanya juga merekomendasikan suplemen untuk memperkuat daya tahan tubuh. Ketahui pula 7 Kebiasaan yang Dilakukan untuk Kesehatan Reproduksi Wanita untuk membantu proses pemulihan. 

8. Menghindari alkohol dan merokok

Ibu sebaiknya menghindari alkohol dan merokok selama beberapa hari setelah histeroskopi untuk mencegah infeksi. Konsumsi alkohol dapat memperburuk peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada rahim atau saluran tuba. Selain itu, alkohol dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan mengganggu proses penyembuhan. 

Merokok juga dapat memengaruhi proses penyembuhan setelah histeroskopi. Nikotin dalam rokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga memperlambat aliran darah ke area yang membutuhkan penyembuhan. Hal ini dapat memperpanjang waktu penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi.

Jika Ibu mengalami gejala yang tidak normal atau tidak nyaman setelah melakukan histeroskopi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter di Halodoc.✔️ Dokter akan membantu memberikan perawatan dan saran yang diperlukan untuk memastikan pemulihan yang optimal.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Hysteroscopy.
MedlinePlus. Diakses pada 2023. Hysteroscopy. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan