Ikan Gabus sebagai Menu MPASI Si Kecil, Ini Cara Mengolahnya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Agustus 2020
Ikan Gabus sebagai Menu MPASI Si Kecil, Ini Cara MengolahnyaIkan Gabus sebagai Menu MPASI Si Kecil, Ini Cara Mengolahnya

Halodoc, Jakarta - Ikan gabus memiliki kandungan protein album yang paling tinggi dibandingkan sumber protein albumin dari ikan-ikan lainnya. Di samping itu, ikan ini mengandung protein dengan kadar yang lebih tinggi dibanding telur, daging ayam, dan daging samping yang baik sebagai menu MPASI (makanan pendamping air susu ibu). 

Di dalam 100 gram daging ikan gabus memiliki kandungan protein sebanyak 25,2 gram. Jika dibandingkan dengan kandungan protein per 100 gram daging ayam yang hanya mengandung protein 18,2 gram, daging sapi hanya mengandung protein 18,8 gram, dan telur hanya mengandung protein 12,8 gram. 

Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil

Mengolah Ikan Gabus Sebagai Menu MPASI

Sebesar 100 gram ikan gabus, sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, ibu hamil dan menyusui. Kandungan di dalam ikan bagus baik untuk membantu dalam proses pembentukan sel-sel tubuh dan otot. Jika Si Kecil sudah terbiasa mengonsumsi ikan gabus, maka tubuhnya menjadi kuat dari serangan penyakit. Terutama penyakit yang disebabkan perubahan cuaca.

Cara untuk mengolah ikan gabus sebagai menu MPASI Si Kecil, siapkan bahan-bahan berikut:

  • 1 genggam beras merah/putih (sesuai selera)
  • 1 ekor ikan gabus
  • 1 buah wortel yang sudah diparut
  • 2 brokoli yang sudah dipotong kecil-kecil
  • 1 lembar daun salam

Bahan untuk merebus ikan:

  • 1 siung bawang putih (geprek)
  • 1 siung bawah merah (geprek)
  • 1 ruas jahe (geprek)
  • 1 ruas kunyit (geprek)
  • 1 lembar daun salam
  • sereh dan jeruk nipis secukupnya. 

Baca juga: Kapan Bayi Boleh Diberi Makanan Asin dan Manis?

Cara memasak:

  1. Lumuri ikan gabus dengan jeruk nipis
  2. Diamkan selama 15 menit untuk menghilangkan bau amis
  3. Cuci hingga bersih, lalu rebus ikan gabus dengan bahan rebusan hingga air tinggal seperempat panci.
  4. Pisahkan daging dan tulangnya.
  5. Saring ikan gabus yang sudah matang untuk mendapatkan bubur yang benar-benar lembut. 
  6. Bersihkan beras masa dengan air ¾ panci, lalu masukkan bersama daun salam.
  7. Apabila nasi sudah cukup matang, kemudian masukkan semua potongan sayuran wortel, dan brokoli. Aduk hingga air habis, kemudian saring. 
  8. Campurkan bubur dengan ikan gabus yang sudah halus, lalu aduk hingga rata.
  9. Letakkan pada mangkuk, dan menu ikan gabus untuk MPASI siap disajikan. 

Perlu ibu ketahui bahwa dalam menyajikan ikan sebagai menu MPASI adalah jenis ikan aman dan baik dikonsumsi. Ibu juga perlu mengetahui tips mengolah dan mengeksplor resep MPASI ikan untuk Si kecil. 

Cara untuk mengolah ikan sebagai menu MPASI sebaiknya buang duri dan kulit ikan. Tindakan ini untuk mencegah Si Kecil tersedak. Setelah itu, ibu bisa memanggang atau mengukus ikan tersebut. Cara untuk menyajikannya, ibu bisa menyesuaikan tekstur dan kemampuan bayi untuk menelannya.

Ibu juga bisa menghidangkannya dengan cara diblender atau disaring, atau dalam potong-potongan kecil yang ditaburkan atau dicampurkan ke dalam bubur tim jika Si Kecil sudah mampu mengunyah. 

Ibu juga tidak perlu harus jago masak untuk membuat makanan untuk bayi. Mengingat saat ini banyak informasi yang ibu dapat melalui internet mengenai menu dan cara mengola menu MPASI, tentu akan mudah untuk membuat makanan bayi. 

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Bayi

Meskipun tersedia bubur bayi instan yang dijual di supermarket, namun vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat hilang selama pemrosesan. Lagi pula jika melihat bayi bersemangat akan kelezatan bubur buatan ibu, tentu akan lebih bersemangat untuk membuat menu kombinasi lainnya. 

Mengenai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi selama MPASI, ibu dapat berdiskusi pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. Introducing Baby Food? Here are 20 Things to Feed Your Infant
Healthline. Diakses pada 2020. 21 Homemade Baby Food Recipes

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan