• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • #InfoKesehatan, Upaya Halodoc untuk Melawan Hoaks bersama TikTok
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • #InfoKesehatan, Upaya Halodoc untuk Melawan Hoaks bersama TikTok

#InfoKesehatan, Upaya Halodoc untuk Melawan Hoaks bersama TikTok

2 menit
Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 12 Juli 2022

“#InfoKesehatan adalah kolaborasi antara Halodoc dan TikTok untuk menanggulangi isu hoaks dan disinformasi seputar kesehatan yang terjadi di Indonesia.”

#InfoKesehatan, Upaya Halodoc untuk Melawan Hoaks bersama TikTok#InfoKesehatan, Upaya Halodoc untuk Melawan Hoaks bersama TikTok

Halodoc, Jakarta – Berkat kemajuan teknologi, informasi dapat diakses dengan, termasuk informasi seputar kesehatan. Namun, di tengah kemudahan tersebut, sayangnya perilaku misinformasi atau hoaks masih dapat ditemukan, khususnya di platform digital.

Perlu diingat bahwa hoaks adalah berita bohong yang membahayakan pada setiap lini kehidupan. Kehadiran informasi yang tidak akurat pastinya dapat merugikan banyak orang, khususnya informasi seputar isu kesehatan.

Oleh karena itu, untuk memerangi isu hoaks khususnya informasi seputar isu kesehatan, Halodoc berkolaborasi dengan TikTok untuk menghadirkan kampanye #InfoKesehatan.

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang kampanye #InfoKesehatan berikut ini!

Kampanye #InfoKesehatan Bantu Hadirkan Informasi Kesehatan secara Akurat dan Tepercaya

Berita hoaks mengenai kesehatan atau dunia medis bukan hanya menjengkelkan, namun berpotensi menyesatkan.

Dilansir dari data Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Februari 2022, isu hoaks seputar COVID-19 berhasil ditemukan sebanyak 5.299 di media sosial. Artinya, hoaks masih cukup marak di masyarakat.

Sebagai upaya untuk meluruskan misinformasi dan disinformasi seputar isu kesehatan yang hadir di platform digital, tagar #InfoKesehatan bertujuan untuk memberikan pengguna informasi akurat dan tepercaya seputar isu kesehatan. 

Melibatkan para dokter umum dan dokter spesialis dari Halodoc, pengguna dapat mengakses informasi kesehatan melalui tagar #InfoKesehatan di TikTok pada 11-18 Juli 2022.

Kampanye ini hadir untuk menanggapi banyaknya disinformasi seputar isu kesehatan yang ada di Indonesia, di mana hoaks seputar kesehatan masih banyak ditemukan di media sosial. Oleh karena itu, Halodoc bekerja sama dengan TikTok turut mengambil bagian dalam upayanya melawan informasi hoaks. 

Berbagai Kegiatan Menarik yang Hadir di Kampanye #InfoKesehatan

Selain bertujuan untuk memberikan informasi yang terpercaya sekaligus melawan hoaks, kampanye #InfoKesehatan juga menyediakan berbagai kegiatan menarik, termasuk akses khusus kepada para dokter yang berpartisipasi dalam kampanye ini. 

Kegiatan tersebut antara lain: 

  • Audiens dapat berinteraksi secara langsung dengan dokter melalui aplikasi TikTok dengan cara memberikan komentar. Nantinya, komentar kamu bisa dijawab oleh dokter melalui video berikutnya.
  • Top Liked Comments atau komentar pengguna yang mendapatkan banyak Likes paling banyak pada unggahan video para dokter menjadi bagian dari kampanye #InfoKesehatan, akan berkesempatan memenangkan total hadiah senilai 10 juta rupiah! 

Menariknya lagi, pengguna TikTok juga dapat menggunakan kode kupon HALOTIKTOK dengan potongan harga Rp10.000. Kode kupon tersebut dapat digunakan untuk keperluan telekonsultasi dengan dokter khusus untuk pengguna baru, ya!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, perangi hoaks seputar kesehatan bersama Halodoc dan TikTok melalui kampanye #InfoKesehatan yang dapat kamu akses di aplikasi TikTok, mulai dari 11-18 Juli 2022, ya!

Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebugaran tubuhmu. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat sekaligus vitamin. Jika membutuhkan vitamin, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. 

Referensi: 

Kementerian Komunikasi dan Informatika. Diakses pada 2022. Kominfo Blokir 5.299 Hoaks Covid-19 di Media Sosial