• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin ASI Eksklusif, Ini Cara Atasi Payudara Lecet

Ingin ASI Eksklusif, Ini Cara Atasi Payudara Lecet

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ingin ASI Eksklusif, Ini Cara Atasi Payudara Lecet

Halodoc, Jakarta – Untuk kebaikan buah hatinya, ibu tentu akan mengusahakan segalanya. Termasuk berusaha untuk memberikan ASI eksklusif hingga Si Kecil genap berusia dua tahun. Pada masa menyusui ini, ibu bukannya melakukan tanpa kesulitan. Ada saat ibu ketika ibu merasa lelah karena kurang istirahat, belum lagi rasa sakit di payudara.

Sakit di payudara ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, namun yang umum terjadi pada ibu adalah payudara yang lecet akibat menyusui. Puting susu bisa terluka saat menyusui Si Kecil, apalagi ketika gigi Si Kecil mulai tumbuh. Ibu pasti merasakan bagaimana sakit dan sulitnya melakukan hal ini.

Saat puting payudara lecet, tentu ibu jadi serba salah. Di lain sisi, Si Kecil butuh menyusui namun di sisi lain rasa sakit juga membuat ibu tidak tahan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1. Posisi Menyusui
Ketika akan menyusui Si Kecil, pastikan agar ibu dan bayi dalam posisi yang nyaman. Posisi paling ideal adalah Si Kecil harus menghadap ke arah payudara. Dan buat posisi ibu agar puting pas di mulut bayi. Jika menyusui sambil berbaring di tempat tidur, ibu juga mesti memutar posisi berbaring sesuai dengan di payudara sebelah mana Si Kecil menyusu.

2. Istirahatkan Puting Susu
Jika puting susu terluka, sebaiknya hindari mengenakan bra dan terkena gesekan pakaian sementara waktu. Bila puting susu sudah terluka, biarkan puting tersebut terkena udara bebas sejenak setelah menyusui. Lindungi puting susu dari gesekan pakaian untuk sementara waktu.

3. Keringkan Payudara
Gunakan nursing pad untuk mengeringkan payudara yang basah setelah menyusui. Jika nursing pad yang digunakan sudah basah sebaiknya langsung ganti yang baru. Penggunaan nursing pad seharusnya tetap bersih dan tidak lembap agar tidak menjadi sarang bakteri.

4. Oleskan ASI
Obat alami dari puting susu yang terluka adalah ASI itu sendiri. Jadi oleskan ASI pada luka di puting. Biarkan kering dengan sendirinya agar bisa menyembuhkan luka setelah dioleskan ASI.

5. Gunakan Pelembap
Tahukah jika puting susu sebenarnya dilindungi oleh kelenjar keringat dan kelenjar minyak kulit. Sehingga penggunaan pelembab yang mengandung lanolin bisa mencegah dan menyembuhkan luka pada puting susu. Bersihkan dulu puting susu sebelum mulai menyusui lagi.

 

Masalah kesehatan ibu dan Si Kecil memang menjadi prioritas utama di masa menyusui. Ibu baru biasanya memiliki rasa khawatir berlebihan jika sudah menyangkut masalah kesehatan Si Kecil. Begitu juga mengenai kesehatannya sendiri, ibu akan cenderung mencari cara untuk lebih cepat sembuh ketika sakit. Tujuannya tentu agar, bisa menjaga si kecil tetap aman jauh dari sakit. Masalah payudara yang lecet sudah menjadi “sakit” yang biasa diidap oleh ibu yang sedang menyusui. Jadi tidak perlu merasa malu, terutama pada suami. Bicarakan dan minta dukungan agar ibu bisa terus melakukan tugas sebagai ibu ASI meski harus mengalami luka pada payudaranya.

Oleh karena itu, jika ibu mengalami masalah kesehatan yang perlu penanganan medis, segerakan untuk bicara langsung dengan dokter. Jika kesulitan untuk datang langsung ke rumah sakit, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Halodoc, ibu bisa bicara langsung dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat.Tak hanya itu saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan seperti suplemen dan vitamin dengan berbelanja di Halodoc. Pesanan ibu akan langsung diproses dan diantarkan dalam waktu satu jam saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.