• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Road Trip di Tengah Pandemi? Perhatikan 4 Hal Ini

Ingin Road Trip di Tengah Pandemi? Perhatikan 4 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ingin Road Trip di Tengah Pandemi? Perhatikan 4 Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Liburan adalah salah satu sarana untuk mengatasi kejenuhan. Ditambah lagi semenjak pandemi COVID-19 merebak, semua orang dituntut untuk tidak keluar rumah yang tentunya semakin membuat jenuh. Melakukan perjalanan jauh di tengah pandemi memang harus dipertimbangkan secara matang, mengingat saat ini kesehatan adalah prioritas yang paling utama. 

Karena kamu dan keluarga sangat rentan tertular COVID-19 selama perjalanan, kamu mungkin merasa sehat dan tidak menunjukkan gejala apapun. Namun, kamu dan anggota keluarga lainnya masih dapat menularkan COVID-19 kepada orang lain. Apabila kamu dan keluarga sudah memantapkan hati untuk road trip atau melakukan perjalanan jauh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut!

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Tes Corona yang Digunakan di Indonesia

Perhatikan Hal Ini saat Road Trip di Tengah Pandemi

1. Pastikan Semuanya Bersih dan Sehat

Sebelum memutuskan untuk road trip, pastikan seluruh anggota keluarga dalam keadaan fit dan tidak mengalami gejala apa pun. Setelah semua penumpang dipastikan sehat, sebaiknya hanya berkendara dengan anggota keluarga yang satu rumah saja guna meminimalkan penularan COVID-19. Sebelum berangkat, kamu juga harus memastikan kendaraan yang kamu gunakan benar-benar bersih dan sudah didesinfeksi. 

2. Patuhi Protokol Kesehatan

Mematuhi protokol kesehatan wajib kamu lakukan selama perjalanan. Gunakan masker, rajin mencuci tangan, dan selalu bawa hand sanitizer ke mana pun kamu pergi untuk membentengi diri dari penularan COVID-19. Hindari kontak dengan siapa pun yang sedang sakit dan hindari pula menyentuh mata, hidung, dan mulut. Jaga jarak setidaknya sekitar 2 lengan dengan siapapun selain anggota keluarga sendiri. Terakhir, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi saat bepergian. 

3. Kurangi Mampir ke Tempat Ramai

Selama perjalanan, sebaiknya kurangi mampir terlalu sering dan hindari mengunjungi tempat yang terlalu ramai, seperti di tempat wisata, tempat makan atau toko oleh-oleh. Akan lebih baik, kamu sudah menyiapkan makanan dan minuman dari rumah, sehingga kamu bisa mengurangi mampir ke tempat yang dikhawatirkan menjadi sarana penularan COVID-19. 

Baca juga: Terjangkit Virus Corona, Kapan Gejalanya Akan Berakhir?

Bila kamu tetap ingin mengunjungi tempat wisata, pusat oleh-oleh dan restauran, pastikan menjaga jarak dengan orang lain, menghindari kerumunan dan patuhi protokol kesehatan yang ada. 

4. Hati-Hati di Fasilitas Umum

Tidak semua fasilitas umum memiliki fasilitas kesehatan yang memadai. Jadi, pastikan kamu sudah membentengi diri terlebih dahulu dengan menggunakan masker dan face shield, membawa hand sanitizer, dan akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan sarung tangan. Pasalnya, setiap kamu keluar kendaraan, artinya kamu harus siap menghalang penyebaran COVID-19. Jadi, jangan lupa untuk mengenakan peralatan kesehatan saat berhenti di fasilitas umum seperti toilet umum, masjid, pom bensin, dan lain-lain. 

Baca juga: Tanda-Tanda Long Covid-19 yang Perlu Diketahui

Mengalami keluhan kesehatan di perjalanan? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot ke rumah sakit, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
CDC. Diakses pada 2020. Travel during the COVID-19 Pandemic.
Cedars Sinai. Diakses pada 2020. Real Simple: How to (Safely) Take a Road Trip During Coronavirus.