Ini Daftar 7 Obat Herpes di Apotek yang Biasa Dokter Resepkan

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Maret 2024

Jika kamu mengalami gejala herpes seperti luka terbuka yang berair, kulit kering, atau luka lepuh, segera beli obat herpes di Toko Kesehatan Halodoc. Contohnya, Glizigen Spray, Clinovir Cream, dan Zovirax Cream.

Ini Daftar 7 Obat Herpes di Apotek yang Biasa Dokter ResepkanIni Daftar 7 Obat Herpes di Apotek yang Biasa Dokter Resepkan

DAFTAR ISI

  1. Glizigen Spray 30 ml
  2. Valacyclovir 500 mg 10 Kaplet
  3. Farbion 10 Tablet
  4. Zoter 400 mg 4 Tablet
  5. Hyperoil Vegetal Formulation 5 ml Vial Gel
  6. Clinovir 5% Cream 5 g
  7. Zovirax 5% Cream 5 g

Halodoc, Jakarta – Herpes adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus herpes. Infeksi virus ini bisa menyebabkan luka terbuka yang berair hingga kulit kering. 

Penularan herpes bisa terjadi melalui kontak langsung dengan luka pada penderita herpes. Sistem imunitas yang sedang rendah juga akan meningkatkan risiko tertularnya virus ini. 

Jika gejala herpes mulai muncul, segera mengonsumsi obat herpes agar kondisinya tidak semakin parah. 

Mau tahu apa saja rekomendasi obat herpes yang ada di apotek? Baca ulasannya disini!

Pilihan Obat Herpes di Apotek

Ada beberapa obat herpes yang sering diresepkan dokter untuk mengatasi penyakit ini, antara lain:

1. Glizigen Spray 30 ml

Salah satu obat antivirus yang bisa kamu gunakan adalah Glizigen Spray 30 ml. Komposisi obat ini terdiri dari Glycyrrhizinic acid, Propylene glycol, Aqua, dan Polysorbate 80. 

Selain Herpes Zoster, obat ini juga digunakan untuk pengobatan pada penyakit akibat virus lainnya. Misalnya seperti moluskum kontagiosum, kutil kelamin, dan herpes genital.

Sesuai namanya, obat ini digunakan dengan cara disemprotkan pada area herpes. Perlu diingat, obat ini hanya digunakan untuk pemakaian luar.

Untuk kasus herpes zoster, kamu bisa semprotkan obat ini 3-4 kali sehari. Dosis setiap penyakit akan berbeda. Pastikan kamu membaca aturan pakai yang tertera di brosurnya. 

Rentang harga: Rp492.600 – Rp528.400 per botol.

Dapatkan Glizigen Spray 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc. Pesanan kamu akan sampai dalam satu jam!

Gratis ongkir (s.d.) Rp. 22rb, dengan minimum transaksi Rp. 80rb, berlaku untuk semua produk di Toko Kesehatan Halodoc. Periodenya berlaku: 25 Feb – 9 Apr 2024.

2. Valacyclovir 500 mg 10 kaplet

Obat herpes di apotek berikutnya adalah Valacyclovir yang tersedia dalam bentuk tablet. Meskipun berbentuk tablet, tapi fungsinya sama seperti salep herpes, yaitu mengurangi gejala dan mencegah penularan.

Obat ini bisa mengobati baik herpes simpleks tipe 1 atau tipe 2. Valacyclovir memiliki keunggulan ketimbang acyclovir karena penyerapannya lebih baik dalam tubuh.

Itu sebabnya dokter bisa meresepkan obat ini dalam dosis rendah. Saat masuk ke dalam tubuh, valacyclovir diubah menjadi acyclovir untuk menghambat replikasi virus herpes. 

Kisaran harga: Rp93.700 per strip.

Dapatkan Valacyclovir 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli.

3. Farbion 10 Tablet

Farbion adalah obat herpes yang berisikan vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12. Vitamin B ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar infeksi tidak semakin parah.

Konsumsi vitamin tersebut juga bertujuan untuk mendukung pertumbuhan sel kembali setelah terjangkit infeksi virus herpes. Obat ini juga juga diresepkan dokter untuk mengatasi gangguan sirkulasi darah pada pembuluh darah tepi, sindroma leher, neuralgia, dan polineuritis.

Kamu bisa mengonsumsi 2-3 tablet sehari bersamaan dengan makanan. 

Rentang harga: Rp9.800 – Rp16.900 per strip.

Dapatkan Farbion 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. Pesanan kamu akan sampai dalam satu jam!

4. Zoter 400 mg 4 Tablet

Zoter adalah obat antivirus yang mengandung acyclovir. Obat herpes di apotik ini mampu mengobati infeksi mulut akibat virus Herpes Simplex dan cacar akibat Varicella zoster sp.

Obat herpes ini bisa digunakan pada anak-anak dan dewasa. Namun, penggunaannya harus sesuai saran dan dosis dari dokter. 

Pastikan kamu menggunakan obat ini sesuai dengan saran dan petunjuk dokter agar pengobatan berjalan optimal. Untuk mendapatkan saran dokter, ini Rekomendasi Dokter yang Bisa Kamu Hubungi Terkait Herpes Kulit.

Rentang harga: Rp56.200 – RP67.400 per strip.

Dapatkan Zoter 400 mg 4 tablet di Toko Kesehatan Halodoc. Gratis ongkir dan 100% produknya asli! 

5. Hyperoil Vegetal Formulation 5 ml Vial Gel

Hyperoil Vegetal adalah gel yang efektif untuk mengobati infeksi bakteri, herpes, jamur kuku, dan luka bakar. 

Obat ini bekerja untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan meregenerasi kulit yang rusak selama terinfeksi oleh virus herpes. 

Ini adalah gel herbal yang mengandung bahan-bahan alami seperti Hypericum Perforatum Flower Extract dan Melia Azadirachta Seed Oil. 

Saat pemakaian, cukup oleskan tipis-tipis sebanyak 2-3 kali sehari pada area yang bermasalah. Obat ini hanya digunakan untuk pemakaian luar.

Rentang harga: 108.200 – Rp115.500 per vial.

Dapatkan Hyperoil Vegetal Formulation 5 ml Vial Gel di Toko Kesehatan Halodoc. Praktis, tak perlu keluar rumah, dan obatnya dikirim dari apotek terpercyaa.

6. Clinovir 5% Cream 5 g

Semakin cepat kamu mengonsumsi obat herpes, maka semakin cepat pula gejalanya membaik. Nah, Clinovir juga menjadi rekomendasi obat untuk mengatasi herpes.

Obat herpes ini mengandung acyclovir yang berfungsi untuk mengobati infeksi akibat virus, seperti pengobatan infeksi herpes simpleks pada kulit dan kelamin. 

Pemberian dosis tergantung keparahan dan rekomendasi dokter.

Kisaran harga: Rp46.200 per tube.

Dapatkan Clinovir 5% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc. Pesanan kamu akan sampai dalam satu jam!

7. Zovirax 5% Cream 5 g

Selain obat minum, penanganan herpes juga bisa dilakukan dengan mengoleskan salep ke area yang mengalami gejala. 

Manfaatnya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Pilihan lain salep yang bisa kamu gunakan adalah Zovirax 5%.

Kandungan zat aktif acyclovir-nya bekerja menghambat sintesis DNA dan replikasi virus, mempercepat perbaikan jaringan kulit yang rusak karena virus herpes.

Konsumsilah obat herpes di apotik ini berdasarkan anjuran dokter. Pastikan pula masa berlaku obat sebelum mengonsumsinya.

Rentang harga: Rp199.100 – Rp.248.800 per tube.

Dapatkan Zovirax 5% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc. Obatnya dikirim dari apotek terpercaya!

Tips Agar Luka Herpes Cepat Sembuh

Selain menggunakan obat dan salep herpes di atas, lakukan tips ini untuk mempercepat penyembuhan luka:

1. Jaga kebersihan area terinfeksi herpes

Pastikan untuk menjaga area yang terinfeksi tetap bersih dan kering. Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah menyentuh luka herpes.

Cari tahu perawatan lainnya di laman ini: “Perawatan Alami untuk Mengatasi Herpes Zoster”.

2. Hindari faktor pemicu

Beberapa faktor pemicu seperti stres, paparan sinar matahari berlebihan, atau penurunan sistem kekebalan tubuh dapat memicu serangan herpes. Usahakan untuk menghindari atau mengurangi faktor-faktor ini.

3. Gunakan kompres dingin

Kompres area yang terinfeksi dengan es atau handuk dingin untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan. Namun, jangan biarkan es bersentuhan langsung dengan kulit. Gunakan kain sebagai penghalang.

4. Hindari menyentuh atau menggaruk luka

Upayakan untuk tidak menyentuh atau menggaruk luka herpes. Hal ini dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan infeksi sekunder.

Selain ini ada pula beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pengidapnya, simak dalam artikel ini: “9 Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan pada Pengidap Herpes”.

5. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Pilih makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

6. Hindari kontak dengan orang lain

Untuk mencegah penularan herpes kepada orang lain, hindari kontak langsung dengan luka herpes saat dalam fase aktif. Meski kamu sudah menggunakan salep herpes, tetap hindari kontak dengan orang lain untuk mencegah penularan.

7. Lakukan perawatan dengan bahan-bahan natural

Selain menggunakan obat yang menggunakan resep dokter, kamu juga bisa menggunakan berbagai bahan-bahan alami, lidah buaya hingga madu manuka. Kedua kandungan tersebut mampu menenangkan luka sehingga nyeri yang timbul akan lebih mudah mereda.

Penting untuk kamu ingat, setiap individu dapat memiliki kondisi yang berbeda dalam penyembuhan luka herpes.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengonsumsi obat herpes untuk mempercepat penyembuhannya. Kamu bisa dapatkan obat ini di Toko Kesehatan Halodoc. Obatnya langsung dikirim dari apotek terpercaya. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Herpes Simplex
WebMD. Diakses pada 2024. Treatment Options for Managing Genital Herpes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan