Ini Alasan Jalan Kaki Penting untuk Cegah Osteoporosis

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Oktober 2020
Ini Alasan Jalan Kaki Penting untuk Cegah OsteoporosisIni Alasan Jalan Kaki Penting untuk Cegah Osteoporosis

Halodoc, Jakarta - Olahraga adalah salah satu hal yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Banyak pilihan olahraga yang dapat rutin untuk dilakukan, salah satunya adalah jalan kaki karena mudah untuk dilakukan. Manfaat lainnya dari jalan kaki adalah menjaga kesehatan tulang sehingga osteoporosis dapat dicegah. Ketahui lebih lengkapnya terkait manfaat jalan kaki terhadap tulang di dalam tubuh!

Cegah Osteoporosis dengan Rutin Jalan Kaki

Osteoporosis adalah hilangnya kandungan kalsium dan mineral lainnya dari tulang sehingga membuatnya rentan untuk mengalami gangguan, contohnya patah tulang. Gangguan ini lebih rentan terjadi pada wanita yang disebabkan oleh perubahan hormon saat mengalami menopause sehingga pengeroposan tulang semakin parah. Meski begitu, pria di atas usia 60 tahun juga berisiko tinggi untuk mengalami gangguan ini.

Baca juga: Osteoporosis Tetap Bisa Berolahraga, Ini Alasannya

Setiap orang dapat mencegah terjadinya osteoporosis dengan rutin melakukan olahraga. Seseorang yang gaya hidupnya tidak banyak bergerak atau sedikit berolahraga dapat membuat massa tulang lebih cepat untuk hilang. Dengan olahraga secara teratur, kamu dapat mengurangi laju pengeroposan tulang sehingga kemungkinan untuk mengalami osteoporosis dapat dikurangi.

Namun, benarkah jalan kaki dapat efektif untuk mencegah terjadinya osteoporosis?

Sebagian besar penelitian menunjukkan jika jalan kaki memang efektif untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang di daerah leher dan pinggul femoralis. Area tersebut terbilang rentan untuk mengalami patah tulang pada kebanyakan orang. Maka dari itu, berjalan kaki dapat bermanfaat bagi kebanyakan orang. Karena itu, semua orang disarankan untuk rutin melakukan olahraga ini.

Jika olahraga satu-satunya yang kamu lakukan hanyalah jalan kaki, maka paling tidak kamu harus berjalan sekitar 21 hingga 42 menit sehari atau 150 menit hingga 300 menit dalam seminggu. Lama waktu berjalan kaki agar berdampak baik bagi tulang dan kesehatan otak adalah 30 menit sehari. Pastikan untuk berjalan dengan kecepatan yang tinggi selama melakukannya. Selain itu, pastikan rutin melakukannya selama 6 bulan, hingga 2 tahun karena efeknya baru terlihat.

Apabila kamu masih memiliki beberapa pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan pencegahan osteoporosis, dokter tulang dari Halodoc dapat memberikan saran yang tepat. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan agar segala kebutuhan terkait kesehatan dapat terpenuhi!

Baca juga: Ketahui 5 Faktor Risiko Osteoporosis pada Pria

Kebiasaan yang Harus Diubah untuk Cegah Osteoporosis

Selain berolahraga, beberapa hal lainnya juga harus dilakukan agar benar-benar mampu menjaga tulang agar tetap sehat. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang karena dapat mencegah banyak kondisi kesehatan yang berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, dan tentu saja osteoporosis. Nutrisi pada makanan yang harus dipenuhi adalah kalsium sebanyak 700 miligram sehari. Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah sayuran hijau, tahu, dan yoghurt.

Kamu juga harus memenuhi kebutuhan vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi karena meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh. Setiap orang dewasa harus mengonsumsi 10 mikrogram vitamin D per hari. Beberapa sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin tersebut adalah ikan, daging merah, hati, kuning telur, sereal, serta suplemen diet.

Baca juga: Penyakit yang Mengintai ketika Alami Osteoporosis

Dengan mengetahui beberapa hal yang efektif cegah osteoporosis, kamu dapat mencoba untuk melakukannya dengan rutin. Dengan begitu, setelah tubuh sudah memasuki usia lanjut, kekeroposan tulang yang terjadi minimal atau bahkan tidak ada sama sekali. Akhirnya, tidak ada aktivitas tubuh yang akan terganggu nantinya.

Referensi:

NHS. Diakses pada 2020. Osteoporosis.
Melio Guide. Diakses pada 2020. Is Walking Good for Your Bones?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan