Ini Alasan Mual Bisa Muncul saat Sedang Olahraga

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Agustus 2020
Ini Alasan Mual Bisa Muncul saat Sedang OlahragaIni Alasan Mual Bisa Muncul saat Sedang Olahraga

Halodoc, Jakarta – Pernah tidak kamu mengalami mual saat sedang olahraga? Mual bisa muncul saat sedang olahraga biasanya karena kamu makan sebelum berolahraga. Selain itu, dehidrasi juga bisa memicu mual. 

Menghindari makan tepat sebelum berolahraga adalah cara supaya tidak mengalami mual saat sedang olahraga. Terutama makanan berat yang mengandung tinggi lemak dan protein yang membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk dicerna. Informasi lebih jelas mengenai menghindari mual yang muncul saat olahraga bisa dibaca di bawah ini!

Olahraga Tertentu Bisa Memicu Mual

Latihan yang sangat intens seperti berlari, lebih cenderung menyebabkan mual. Apalagi ketika lari tubuh bergerak secara perkala sehingga memberikan guncangan pada pencernaan. Terutama ketika sebelumnya kamu mengonsumsi makanan dan minuman terlalu banyak.

Suhu panas saat berolahraga juga bisa memicu mual. Memang, panas menyebabkan kita berkeringat, yang bisa menjadi cara yang bagus untuk detoksifikasi dan membantu kita merasa seperti kita sudah melakukan latihan yang sangat keras. Namun, hal itu juga bisa menyebabkan dehidrasi hebat dan tekanan darah rendah yang mengakibatkan berkurangnya pasokan darah.

Baca juga: Makan Setelah Olahraga Boleh Enggak Sih?

Berolahraga terlalu keras dan memaksakan diri untuk latihan di luar kemampuanmu juga bisa memicu mual. Jika kamu baru memulai olahraga, ada baiknya untuk tidak terburu-buru memberikan target berlebihan pada latihanmu. 

Mendorong diri terlalu jauh dari batas kemampuanmu tidak hanya memicu mual, tetapi juga masalah kesehatan lain, seperti cedera, ketegangan otot, dan persendian. Selain jenis olahraga, postur tubuh selama olahraga juga dapat memengaruhi risiko mengalami mual. Biasanya ini terjadi ketika postur saat berolahraga memberikan penekanan pada area perut.  

Mengambil istirahat panjang atau tiba-tiba saat sebelumnya berolahraga intens juga memicu mual. Tubuh akan memberikan respons saat kamu melakukan sesuatu secara mendadak setelah sebelumnya tubuh “memanas” karena olahraga. Mual adalah respons alami tubuh.

Rutin olahraga adalah salah satu upaya untuk mencapai hidup sehat. Jika kamu butuh saran ataupun rekomendasi latihan yang baik untuk dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatanmu, jangan segan untuk menanyakannya ke aplikasi Halodoc.   

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mual saat Olahraga?

Pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Tarik napas panjang dan hentikan aktivitas secara perlahan. Jangan tiba-tiba, kalau kamu melakukannya tiba-tiba sensasi mual justru akan semakin meningkat dan bukan tak mungkin malah membuatmu muntah.

Baca juga: 4 Tips Mencegah Lapar setelah Olahraga

Minumlah air sedikit demi sedikit, jangan terburu-buru. Jika kamu sedang berlari, berjalanlah pelan sampai akhirnya stop dan atur napas sebaik mungkin. Jika kamu sering mengalami mual setelah berolahraga, coba turunkan intensitas latihanmu. 

Ingatlah bahwa terus-menerus merasa mual setelah berolahraga dapat menjadi tanda kamu melakukannya secara berlebihan. Pada akhirnya, mual yang disebabkan oleh olahraga memang tidak menyenangkan, tetapi tidak akan memberikan dampak yang signifikan. Terutama jika itu mereda dalam waktu 60 menit.

Jika itu terjadi sepanjang waktu, kamu butuh memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatanmu. Jangan sampai jadwal olahragamu jadi terganggu karena gangguan mual saat sedang berolahraga.

Referensi:
Self.com. Diakses pada 2020. What Causes Nausea After Working Out?
Runnersworld.com. Diakses pada 2020. 5 Reasons That Running Can Make You Puke.
Womenshealthmagz. Diakses pada 2020. What to Do If You Get Nauseous When You Exercise.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Avoid Nausea After Exercise.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan