• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Efek Gaya Hidup Tidak Sehat pada Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Efek Gaya Hidup Tidak Sehat pada Kesehatan

Ini Efek Gaya Hidup Tidak Sehat pada Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 Oktober 2022

“Gaya hidup tidak sehat memang tidak mudah untuk ditinggalkan, tetapi jika terus dilakukan, dapat mengancam kesehatan. Salah satu ancaman yang bisa terjadi adalah penyakit jantung.”

Ini Efek Gaya Hidup Tidak Sehat pada KesehatanIni Efek Gaya Hidup Tidak Sehat pada Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Gaya hidup tidak sehat yang tidak secara sadar atau bahkan sadar dilakukan oleh banyak orang, ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan, lho. Ada banyak sekali penyakit yang bisa mengancam jika kebiasaan ini tidak dihentikan sesegera mungkin.

Mengutip dari World Health Organization (WHO), memang ada hubungan erat terkait kesehatan diri sendiri dengan gaya hidup. Maka dari itu, pastikan untuk mengetahui berbagai dampak buruk kebiasaan ini untuk kesehatan.

Berbagai Dampak Buruk Gaya Hidup Tidak Sehat pada Kesehatan

Efek buruk dari gaya hidup tidak sehat, disebut juga dengan penyakit gaya hidup, yaitu gangguan yang terjadi akibat kebiasaan hidup sehari-hari. Salah satu penyakit gaya hidup yang sering terjadi adalah tubuh tidak banyak bergerak dari hari ke hari.

Gaya hidup seperti ini dapat meningkatkan risiko dari penyakit tidak menular kronis, serta memiliki konsekuensi yang bisa jadi mengancam nyawa. Maka dari itu, perlu tahu berbagai dampak buruk gaya hidup tidak sehat:

1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah contoh gangguan yang terjadi akibat gaya hidup tidak sehat. Masalah ini melibatkan jantung, katup, otot, dan pembuluh darah yang dapat membahayakan nyawa jika mengalami gangguan. Beberapa kondisi penyakit jantung yang bisa terjadi, yaitu:

  • Gagal jantung.
  • Aritmia.
  • Cardiomyopathy.
  • Penyakit arteri koroner.
  • Penyakit katup jantung.

2. Obesitas

Seseorang juga bisa menjadi terlalu gemuk karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang melakukan aktivitas fisik, stres berlebih, dan lainnya. Disebut obesitas saat indeks massa tubuh lebih dari 25. Hal ini juga dapat membuat seseorang mengalami penyakit kardiovaskular, masalah pernapasan, tekanan darah tinggi, hingga diabetes.

3. Diabetes Tipe 2

Gaya hidup tidak sehat juga dapat menyebabkan seseorang alami diabetes tipe 2. Gangguan ini terjadi akibat glukosa yang bertumpuk karena tubuh tidak bisa memanfaatkan zat tersebut. Penumpukan glukosa yang terlalu banyak dapat membahayakan tubuh jika tidak segera diatasi.

4. Hipertensi

Penyakit gaya hidup lainnya yang bisa terjadi adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ada banyak sekali komplikasi lainnya yang disebabkan oleh kondisi ini, beberapa di antaranya penyakit ginjal, penyakit jantung, stroke, hingga aterosklerosis.

5. Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Gangguan pada paru-paru ini dapat terjadi akibat gaya hidup tidak sehat, terutama merokok. Masalah ini menyebabkan aliran darah terhambat dan meradang dari paru-paru. Beberapa gejala yang bisa dirasakan, yaitu mengi, masalah pernapasan, dan lainnya. Jika dibiarkan, gangguan yang lebih parah pada paru-paru tentu bisa terjadi.

Itulah beberapa efek buruk kesehatan yang terjadi akibat gaya hidup tidak sehat. Maka dari itu, pastikan untuk menghentikan kebiasaan tersebut agar tubuh tetap sehat. Pastikan juga untuk berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat setiap hari.

Jika kamu memiliki pertanyaan lainnya terkait cara menerapkan gaya hidup sehat, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Med Crave. Diakses pada 2022. Lifestyle Diseases: Consequences, Characteristics, Causes and Control.
Go Digit. Diakses pada 2022. Lifestyle Diseases: Types, Risk Factors, Diagnosis, and Prevention.