Ini Faktor yang Bisa Memengaruhi Menarche atau Haid Pertama

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 April 2023

“Menarche adalah peristiwa terjadinya menstruasi untuk pertama kali. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi menarche yaitu faktor keturunan, hormon, hingga kondisi kesehatan tubuh."

Ini Faktor yang Bisa Memengaruhi Menarche atau Haid PertamaIni Faktor yang Bisa Memengaruhi Menarche atau Haid Pertama

Halodoc, Jakarta – Cepat atau lambat, setiap remaja perempuan pasti akan mengalami menarche. Jika perempuan sudah mengalami menarche, itu artinya ia sudah berada di puncak pubertasnya. 

Meskipun menarche umumnya terjadi pada remaja perempuan usia 11-14 tahun, tetapi ada beberapa faktor yang memungkinkan remaja mengalami menarche lebih dini, atau menarche tertunda. 

Lantas, faktor apa saja yang dapat mempengaruhi menarche? Mari simak informasinya lebih lanjut.

Faktor yang Memengaruhi Menarche

Perempuan akan mengalami menarche ketika tubuh mereka sudah cukup matang untuk mendukung siklus menstruasi. Nah, berikut ini faktor yang mempengaruhi menarche:

1. Keturunan

Keturunan merupakan faktor utama yang mempengaruhi remaja perempuan mengalami menstruasi pertamanya. Umumnya jika ibu atau saudara kandung mengalami menarche dengan cepat atau lambat, maka kemungkinan besar anak juga akan mengalami menarche di waktu yang bersamaan seperti ibu atau saudara kandungnya.

Faktor ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang berjudul Comparison of menarche age between two generations (2016). Berdasarkan penelitian ini ibu dan anak yang memiliki perbedaan jarak 25 tahun, menunjukkan bahwa rata-rata usia menarch antara ibu dan anak adalah kurang lebih 13 tahun 2 bulan dan 13 tahun 6 bulan. Hal ini menunjukan bahwa faktor genetik berperan dalam menentukan usia menarch pada anak.

2. Hormon

Faktor selanjutnya yaitu hormon, hormon juga berperan dalam memicu menarche pada perempuan. Hormon di otak dan organ reproduksi berperan dalam mengatur siklus menstruasi dan juga dalam terjadinya menarche. 

Selain itu terpapar hormone seks, misalnya bersentuhan dengan krim atau salep estrogen atau zat lain yang mengandung hormon ini, juga dapat memicu menarche terjadi lebih dini pada perempuan.

Jika kamu ingin mengetahui informasi mengenai menarche secara lebih lengkap, silahkan kunjungi laman berikut, “Serba-serbi Menarche yang Terjadi pada Remaja Perempuan.

3. Jumlah lemak dalam tubuh

Untuk memicu terjadinya menstruasi pertama, tubuh memerlukan lemak dalam jumlah yang cukup. Hal ini yang menyebabkan anak dengan berat badan yang cenderung kurus, biasanya mengalami menarche lebih lama daripada usia rata-rata. 

Sementara itu anak dengan tubuh berisi, cenderung mengalami menarche lebih cepat atau normal sesuai dengan usia rata-rata.

4. Kondisi kesehatan

Cepat atau lambatnya menarche sangat bergantung pada kondisi kesehatan anak. Pada anak yang sehat, menarche mungkin akan datang sesuai dengan usia rata-rata. 

Namun, beberapa kondisi tertentu, dapat menghambat atau mempercepat menarche. Misalnya, menarche bisa datang lebih cepat pada anak yang mengidap sindrom genetik langka, abnormalitas sistem saraf pusat, gangguan kelenjar adrenal, tumor otak, tumor ovarium, dan obesitas. 

Sementara itu, anak yang mengidap anemia, penyakit radang usus, gangguan autoimun, dan diabetes melitus, memiliki kecenderungan untuk mengalami menarche lebih lama.

5. Latihan fisik

Olahraga adalah aktivitas yang sangat dianjurkan untuk siapa pun termasuk remaja perempuan. Sayangnya, bagi anak perempuan yang terlalu aktif dalam olahraga, atau anak yang sudah menjadi atlet sejak kecil, mereka cenderung mengalami menarche tertunda. 

Hal ini karena efek dari latihan intens dapat menyebabkan berkurangnya hormone gonadotropin, yaitu hormon yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan seksual. 

Jika ini terjadi akibatnya produksi hormon estrogen menjadi lebih rendah, sehingga menunda pubertas dan menarche. 

Namun, tenang saja meskipun menarche tertunda kamu pasti tetap akan mengalami menstruasi. Ingat, jangan menjadikan faktor ini sebagai alasan untuk kamu tidak berolahraga ya.

Itulah faktor yang mempengaruhi menarche pada remaja. Nah, jika kamu ingin berkonsultasi mengenai masalah kesehatan wanita, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berkonsultasi dengan dokter secara lebih mudah. Yuk download Halodoc sekarang melalui Google Play atau App Store, untuk konsultasi kesehatan yang lebih mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Menarche?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Menarche.
Flo. Diakses pada 2023. Menarche: Key Facts About Your Daughter’s First Period
NIH. Diakses pada 2023. Comparison of menarche age between two generations (Tehran Lipid and Glucose Study)

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan