Ini Hal yang Perlu Diperhatikan selama Menggunakan Vardenafil

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Juli 2023

"Vardenafil hanya bisa kamu konsumsi atas resep dan anjuran dari dokter. Sebelum menggunakannya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, salah satunya dosis obat."

Ini Hal yang Perlu Diperhatikan selama Menggunakan VardenafilIni Hal yang Perlu Diperhatikan selama Menggunakan Vardenafil

Halodoc, Jakarta – Vardenafil merupakan obat yang umumnya dokter resepkan untuk masalah disfungsi ereksi pada pria. Obat ini tergolong dalam kelas inhibitor phosphodiesterase tipe 5 (PDE5). Artinya, mereka bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke penis selama rangsangan seksual.

Dengan begitu, pria bisa mencapai dan mempertahankan ereksi selama aktivitas seksual. Vardenafil perlu kamu minum sebelum melakukan hubungan seksual untuk mendapatkan efeknya. Adapun beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan obat ini. 

Perhatikan Hal Ini Saat Menggunakan Vardenafil

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

1. Konsultasikan dengan dokter

Sebelum menggunakan vardenafil, kamu wajib berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Kamu juga perlu memberi tahu dokter tentang riwayat medis yang kamu miliki, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, masalah mata, masalah hati atau ginjal, sampai alergi terhadap obat-obatan tertentu.

2. Ikuti petunjuk penggunaan obat vardenafil

Kemudian, ikuti petunjuk penggunaan dari dokter atau yang tertera pada kemasan obat. Jangan mengubah dosis atau cara penggunaannya tanpa persetujuan dari dokter.

3. Jangan mengonsumsi obat lainnya

Beritahu dokter tentang semua obat atau suplemen lain yang sedang kamu konsumsi. Beberapa obat, seperti nitrates untuk mengobati penyakit jantung, tidak boleh kamu konsumsi bersama dengan vardenafil. 

Sebab, obat ini berpotensi menurunkan tekanan darah secara signifikan. Selain obat ini, dokter juga kerap meresepkan tadalafil untuk mengatasi disfungsi ereksi. Lantas, Vardenafil atau Tadalafil, Mana yang Lebih Ampuh?

4. Hindari alkohol dan makanan berlemak

Minum alkohol dalam jumlah besar atau mengonsumsi makanan berlemak berat sebelum menggunakan vardenafil bisa mengurangi efektivitas obat. Maka dari itu, kamu perlu menghindarinya sebelum mengonsumsi obat ini.

5. Perhatikan efek samping yang mungkin timbul

Obat ini berpotensi menimbulkan efek samping, seperti sakit kepala, ruam kulit sampai masalah pencernaan. Jika kamu mengalami efek samping yang tidak biasa atau mengganggu setelah menggunakan obat, segera periksakan diri ke dokter.

6. Hindari penggunaan vardenafil secara berlebihan

Jangan mengonsumsi obat melebihi anjuran dokter. Bukannya meningkatkan efek, hal ini justru berpotensi menyebabkan efek samping yang serius.

7. Tidak untuk wanita atau anak-anak

Vardenafil hanya untuk pria yang mengalami disfungsi ereksi. Obat ini tidak boleh untuk wanita maupun anak-anak.

8. Simpan obat vardenafil dengan benar

Simpan obat pada suhu ruangan, tidak terkena matahari langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Ketahui Potensi Efek Samping Obat Ini

Penggunaan vardenafil dapat menyebabkan beberapa efek samping pada beberapa orang. Berikut beberapa efek yang perlu kamu waspadai:

1. Sakit kepala

Efek samping yang paling umum adalah sakit kepala. Kondisi ini muncul sebagai reaksi tubuh terhadap obat. Tak perlu khawatir, efek ini biasanya bersifat ringan hingga sedang dan akan hilang sendirinya. 

2. Gangguan pencernaan karena vardenafil

Beberapa orang mungkin mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut, mual, diare, atau mulas setelah mengonsumsi obat ini. Namun, efek ini umumnya sementara dan akan hilang setelah tubuh beradaptasi dengan obat.

3. Flushing (kulit kemerahan)

Vardenafil dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kemerahan atau panas. Hal ini akibat dari perluasan pembuluh darah di kulit.

4. Hidung tersumbat

Beberapa orang mungkin mengalami hidung tersumbat atau pilek setelah menggunakan obat ini. 

5. Gangguan penglihatan

Meski jarang terjadi, segelintir orang mengalami penglihatan kabur, peningkatan sensitivitas terhadap cahaya, atau perubahan dalam kemampuan membedakan warna setelah menggunakan obat ini. Jika kamu mengalami efek samping tersebut, periksakan diri ke dokter.

6. Pusing

Obat ini juga bisa membuat pusing atau pingsan pada beberapa orang. Maka dari itu, hindari aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan, seperti mengemudi atau mengoperasikan mesin berat, setelah mengonsumsinya.

7. Nyeri punggung pada pria

Beberapa orang mungkin mengalami nyeri punggung sebagai efek samping dari obat ini. Nyeri punggung ini biasanya bersifat ringan hingga sedang dan hanya sementara.

8. Priapisme karena vardenafil

Priapisme adalah ereksi berkepanjangan dan menyakitkan yang berlangsung lebih dari empat jam. Meskipun jarang terjadi, priapisme merupakan efek samping serius yang butuh perhatian medis segera. 

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar obat ini, jangan ragu untuk menghubungi dokter di Halodoc.

chat dengan dokter sebelum konsumsi vardenafil
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Vardenafil (Oral Route).
WebMD. Diakses pada 2023. Vardenafil HCL Tablet,Disintegrating – Uses, Side Effects, and More.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan