Ini Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Fisik dan Mental

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Oktober 2023

“Olahraga arung jeram memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Beberapa manfaatnya adalah menguatkan otot lengan, melatih keseimbangan gerak tubuh, dan sarana rileks dan relaksasi yang menyenangkan.”

Ini Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Fisik dan MentalIni Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Halodoc, Jakarta – Rafting atau arung jeram adalah jenis olahraga atau aktivitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram. Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arung berarti jalan, lintas atau menjelajah.

Sedangkan jeram artinya aliran air yang deras dan menurun (air terjun di sungai). Dalam penerapannya, olahraga air ini menggunakan perahu karet untuk menyusuri arus di sepanjang sungai. 

Berkat rasa menantang yang bisa tersaji, olahraga ekstrem ini memiliki banyak penggemar. Nah, meski kesannya hanya untuk senang-senang, olahraga ini nyatanya juga punya berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. 

Manfaat Olahraga Arung Jeram Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Olahraga Arung Jeram Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Terlepas dari keseruan dan tantangannya, olahraga air ini juga menawarkan manfaat kesehatan bagi fisik dan mental, yaitu:

1. Memperkuat otot 

Arung jeram adalah olahraga yang penuh tantangan secara fisik dan menuntutmu untuk mendayung bagian atas tubuh dengan cepat. Gerakan mendayung ini dapat membantu menguatkan otot-otot lengan, punggung, dan bahu. 

Ketika kamu menghadapi sungai yang lebih deras dan berjuang melawan arus yang lebih kuat, itu juga akan meningkatkan kekuatan ototmu.

2. Baik untuk jantung

Seperti jenis olahraga kardiovaskular lainnya, arung jeram juga bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, olahraga ini melibatkan penggunaan otot tubuh dalam menjaga keseimbangan, mengendalikan perahu selama kamu mengarungi sungai.  

3. Melatih daya tahan fisik

Manfaat olahraga arung jeram bagi fisik selanjutnya adalah melatih daya tahan fisik. Sebab, olahraga ini memerlukan strategi mengarungi arus sungai, bertahan di kondisi alam yang tak terprediksi, serta melewati rintangan bebatuan.

Ketika terjatuh, kamu harus berenang kembali ke perahu karet dengan melawan arus. Seluruh aktivitas ini melatih ketahanan dan kekuatan fisik secara maksimal.

Selain olahraga ekstrem seperti arung jeram, ada aktivitas fisik lain yang bermanfaat untuk melatih kekuatan dan daya tahan tubuh. Yuk, baca selengkapnya di artikel 15 Jenis Olahraga Kardio di Rumah.

4. Membakar kalori

Sama seperti olahraga fisik lainnya, aktivitas air ini juga membakar kalori. Hanya saja, karena kesannya bermain di alam, membuat arung jeram menjadi menyenangkan. Alhasil, olahraga ini tidak terkesan seperti aktivitas fisik yang khusus membakar kalori.

5. Melatih kelincahan serta ketangkasan

Ketika menyusuri sungai dalam arung jeram, olahraga ini membutuhkan kecekatan dan kelincahan yang tinggi. Sebab, kamu dan timmu perlu berjuang untuk menjaga perahu karet tetap stabil saat menghadapi gempuran arus yang kuat agar tidak terbalik. 

Selain itu, kamu juga harus waspada terhadap situasi tak terduga, seperti batu-batu di sungai. Secara tidak langsung, olahraga air ini dapat melatih respons kelincahan dan meningkatkan keterampilan motorik.

6. Menghilangkan stres

Beberapa orang suka olahraga arung jeram karena menawarkan ‘pelarian dari kenyataan’. Semua aktivitas yang kamu lakukan selama sesi arung jeram efektif untuk mengurangi stres.

Selain arung jeram, ada sejumlah kegiatan positif lain yang juga dapat membantu mengatasi stres. Baca info selengkapnya dalam artikel: Ini Cara Menghilangkan Stres yang Mudah dan Ampuh

7. Melepaskan adrenalin

Arung jeram memberikan peluang untuk merasakan lonjakan adrenalin. Pengalaman ini memungkinkan seseorang untuk fokus pada sensasi kesenangan. Alhasil, arung jeram cenderung menjadi kegiatan yang menghibur daripada menjadi aktivitas fisik yang membebani.

Itulah informasi mengenai olahraga arung jeram. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Kalau kamu atau anggota keluargamu butuh rekomendasi jenis olahraga lainnya, kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter di Halodoc terkait olahraga apa yang cocok untukmu. Terutama bagi kamu yang mengidap kondisi medis tertentu. 

Referensi:
Health Fitness Revolution. Diakses pada 2023. Top 10 Health Benefits of White Water Rafting.
New Mexico River Adventures. Diakses pada 2023. Top 5 Health Benefits of White Water River Rafting!
Dr Health Benefits. Diakses pada 2023. 18 Health Benefits Of White Water Rafting for Mental Health.
Advantagegrandcanyon.com. Diakses pada 2023. Top 5 Health Benefits of White Water River Rafting.
Worldexpeditions.com. Diakses pada 2023. 10 Essential Rafting Tips From Our Rivers Guides.
River Valley. Diakses pada 2023. Just How Dangerous Is White Water Rafting?
Routledge International Handbook of Outdoor Studies. Diakses pada 2023.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan