Ini Persiapan Operasi Tulang Belakang yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Juni 2023

“Ada beberapa persiapan operasi tulang belakang yang perlu diketahui. Di antaranya berdiskusi dengan dokter spesialis, ketahui prosedur dan harapan, dan lakukan pemeriksaan penunjang.”

Ini Persiapan Operasi Tulang Belakang yang Perlu DiketahuiIni Persiapan Operasi Tulang Belakang yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Operasi tulang belakang atau operasi spinal adalah prosedur bedah untuk mengatasi masalah pada tulang belakang. Misalnya, hernia tulang belakang, stenosis tulang belakang, atau perbaikan deformitas tulang belakang. 

Sebelum menjalani operasi tulang belakang, penting melakukan persiapan untuk memastikan prosedur berjalan sukses dan pemulihan yang optimal. Lantas, apa saja persiapan operasi tulang? Ini ulasannya!

Persiapan Operasi Tulang Belakang

Penting untuk mengetahui apa saja persiapan operasi tulang belakang, sebelum menjalani prosedur. Berikut persiapan yang perlu diketahui:

1. Diskusi dengan dokter ortopedi ahli spine

Jadwalkan pertemuan dengan dokter ortopedi ahli spine sebelum memulai persiapan operasi tulang belakang. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan mungkin merekomendasikan tes tambahan.

Tes tersebut yaitu tes darah, magnetic resonance imaging (MRI), atau CT scan, untuk mengevaluasi kondisi tulang belakang dan merencanakan operasi dengan tepat.

2. Ketahui prosedur dan harapan

Selama berdiskusi dengan dokter, bahas juga tentang detail operasi tulang belakang. Pahami dengan jelas tentang manfaat, risiko, dan prosedur dalam operasi. Selain itu, bicarakan juga harapan setelah operasi dan pemulihan. 

3. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara umum

Sebelum operasi, dokter akan melakukan evaluasi kesehatan secara umum. Pemeriksaan tersebut di antaranya pemeriksaan darah, detak jantung, analisis urine, dan tes darah lainnya.

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang mendasar, seperti diabetes atau penyakit jantung, dokter mungkin akan merujuk ke spesialis lain untuk penanganan sebelum operasi.

4. Berhenti merokok dan minum alkohol sebelum operasi

Ahli sering mengingatkan bahwa merokok dan minum alkohol dapat memengaruhi pemulihan dan kesembuhan setelah operasi.

Maka itu, patuhi instruksi dokter jika ia memintamu untuk berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol beberapa minggu sebelum operasi. Hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. 

5. Obat dan suplemen yang perlu digunakan

Beri tahu dokter tentang obat-obatan yang sedang kamu gunakan. Termasuk obat resep, obat bebas resep, dan suplemen herbal.

Beberapa obat mungkin perlu kamu hentikan sebelum operasi, karena memengaruhi koagulasi darah atau memicu komplikasi selama prosedur. 

6. Perhatikan tentang makanan dan minuman

Dokter mungkin memberikan aturan khusus mengenai makanan dan minuman sebelum operasi. Biasanya, sebelum operasi kamu perlu berpuasa beberapa jam untuk menghindari risiko muntah saat dalam anestesi.

7. Perawatan selama pemulihan operasi

Sebelum operasi, persiapan semua hal yang dapat mendukung pemulihan di rumah. Pastikan kamu memiliki dukungan yang memadai dari keluarga atau teman yang dapat membantumu selama masa pemulihan.

Mengatur area tidur yang nyaman juga tidak kalah penting. Sediakan juga semua peralatan yang kamu perlukan, seperti bantal, penyangga punggung, atau kursi roda.

8. Ikuti instruksi pasca operasi

Dokter akan memberikan instruksi pasca operasi yang spesifik. Pastikan untuk mengikuti instruksi tersebut dengan cermat, termasuk merawat luka, konsumsi obat, latihan fisioterapi, dan jadwal kunjungan pemeriksaan pasca operasi.

Itulah beberapa hal seputar persiapan operasi tulang belakang. Pastikan kamu melakukan persiapan tersebut dengan cermat.

Jika ada informasi atau instruksi yang tidak kamu pahami, jangan ragu untuk bertanya pada dokter. Selain informasi di atas, baca juga lebih lanjut artikel ini: 6 Pengobatan untuk Patah Tulang Belakang.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Spinal fusion
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Spinal fusion
American Academy of Orthopaedic Surgeons. Diakses pada 2023. Preparing for Spine Surgery. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan