• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Tempat yang Berisiko Tinggi Menularkan COVID-19

Ini Tempat yang Berisiko Tinggi Menularkan COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Tampaknya pandemi virus corona yang dimulai sejak Maret silam belum akan segera berakhir. Di beberapa negara, kasus semakin meningkat dan kapasitas rumah sakit mulai penuh bahkan mencapai rekor tertinggi. Pemerintah di berbagai negara pun masih menerapkan pembatasan yang lebih ketat, tetapi mungkin kini beberapa restoran dan tempat umum lainnya masih buka. 

Beberapa tempat bahkan lebih berisiko daripada tempat lain dalam hal potensi infeksi virus corona, dan sangat penting untuk menghindari tempat tersebut. Berikut ini adalah tempat dengan risiko paparan virus corona yang lebih tinggi dan perlu kamu hindari. Tempat tersebut antara lain: 

Baca juga: Kacamata Bisa Cegah Virus Corona, Mitos Atau Fakta?

Acara atau Pertemuan Keluarga

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperingatkan bahwa acara besar dan pertemuan massal dapat berkontribusi pada penyebaran COVID-19 di semua negara. Virus bisa menyebar melalui para tamu yang menghadiri acara ini dan membawa virus ke komunitas baru. Contohnya termasuk konferensi, festival, parade, konser, acara olahraga, pernikahan, dan jenis pengajian, atau kebaktian lainnya. Bahkan, pertemuan keluarga kecil juga bisa menyebabkan penyebaran virus besar-besaran. Ingat, COVID-19 juga bisa terjadi pada mereka yang bahkan tak menunjukkan gejala, jadi kamu benar-benar harus waspada. 

Tempat Keagamaan

Ibadah di masjid, gereja, kuil, sebagian besar layanan keagamaan melibatkan banyak pembicaraan, bernyanyi, berjabat tangan, bahkan terkadang minum dari cangkir yang sama. Selain itu, umumnya di tempat ibadah juga menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang lebih tua. Jadi, pastikan kamu menghindari dahulu acara-acara yang berbasis keagamaan, dan utamakan untuk melakukannya dari rumah atau secara virtual. 

Salon Rambut dan Kuku

Saat kamu menata rambut, kuku, atau layanan salon lainnya, secara fisik tidak mungkin untuk melakukan jarak sosial. Oleh karena itu, ini telah menjadikan salon sebagai hotspot potensial untuk COVID-19. Bahkan menurut Gubernur California, Gavin Newsom, penyebaran komunitas pertama virus corona di negara bagian itu dimulai dari salon kuku.

Klinik dan Rumah Sakit

Hubungi profesional medis begitu kamu merasa perlu tes COVID-19, tetapi ingat fakta sederhana bahwa orang yang sudah terinfeksi virus pasti mengunjungi dokter dan rumah sakit, sehingga kemungkinan kamu bisa terinfeksi COVID-19. 

Baca juga: Mitos Atau Fakta, Berenang Bisa Tularkan Virus Corona?

Restoran dan Bar

Tempat berisiko lainnya adalah restoran dan bar. Meskipun kemungkinan tertular COVID-19 melalui makan sangat kecil, tetapi makan atau minum di ruang dalam ruangan berbahaya karena adanya aliran udara. Tetesan pernafasan dapat melakukan perjalanan lebih dari 1,5 meter, dan ini akan tergantung di mana AC berhembus, di mana kamu duduk, dan berapa lama kamu menghabiskan waktu di sana. 

Bioskop, Acara Olahraga, Tempat Konser

Kelompok besar berkumpul di ruang kecil dan tertutup yang bercampur dengan permukaan yang berpotensi terkontaminasi dan banyak makan dan minum berlangsung, membuat bioskop, acara olahraga, dan tempat konser adalah tempat yang perlu dijauhi selama pandemi. Jika kamu sangat ingin pergi ke bioskop, carilah drive-in theater di dekat rumahmu. 

Lift

Sebuah ruang kecil, berventilasi buruk, tertutup dan menampung beberapa orang sekaligus menjadikan lift sebagai tempat paling mudah kamu terpapar virus. Namun, menurut para ahli, bagian paling berisiko dari lift adalah tombol-tombolnya, yang disentuh oleh banyak jari berbeda setiap hari. Jika kamu menyentuhnya, pastikan untuk mencuci tangan atau mensterilkannya secepat mungkin, terutama sebelum menyentuh mata, hidung, atau mulut. 

Pasar Swalayan

Pekerja toko swalayan juga menjadi salah satu orang yang memiliki risiko tertinggi terpapar virus corona karena jumlah waktu yang mereka habiskan di toko. Para ahli bahkan berpendapat bahwa pembeli menghadapi risiko yang jauh lebih rendah. Saat berbelanja pastikan memakai masker untuk mencegah penyebaran, gunakan keranjang belanja yang sudah disanitasi, dan pastikan untuk rajin menjaga kebersihan tangan selama dan setelah belanja. Pastikan juga untuk tidak menyentuh wajah saat berada di toko.

Baca juga: Jangan Panik, Virus Corona Tak Menular Lewat Barang Impor Cina

Salah satu cara untuk terhindar dari virus corona adalah dengan memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Jika kamu ragu untuk keluar rumah membeli semua kebutuhan ini, sebaiknya gunakan fitur beli obat di Halodoc untuk mendapatkannya. Kurang dari satu jam, pesanan kamu akan segera di kirim ke rumahmu dengan aman dan tersegel rapi. Tunggu apa lagi? Ambil smartphone-mu sekarang, dan nikmati kemudahan beli obat dan suplemen kesehatan tanpa perlu keluar rumah hanya di Halodoc.

Referensi:
Deutsche Welle. Diakses pada 2021. Where Do People Get Infected with The Coronavirus?
Eat This, Not That. Diakses pada 2021. 20 Places You're Most Likely to Catch COVID-19.
Money Talk News. Diakses pada 2021. 15 Places Where You Are Most Likely to Catch Coronavirus.