Inilah Jenis Hamster yang Umum untuk Dipelihara

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   18 Mei 2021
Inilah Jenis Hamster yang Umum untuk DipeliharaInilah Jenis Hamster yang Umum untuk Dipelihara

Halodoc, Jakarta - Selain anjing, kucing, atau burung, hamster adalah salah satu hewan peliharaan yang menarik untuk dipelihara. Hewan yang terlihat lucu dan menggemaskan ini memiliki corak warna yang cukup beragam. Ukuran dan kebersihannya membuat hewan kecil ini cukup mudah untuk dipelihara dan dirawat.

Boleh dibilang, hamster adalah hewan peliharaan yang baik untuk anak-anak, atau mereka yang ini memiliki hewan peliharaan untuk pertama kalinya. Nah, bagi kamu yang ini memelihara hamster, tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis hamster yang menarik untuk dimiliki. Mau tahu apa saja jenis hamster yang umum dipelihara? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga: Inilah Cara Tepat Memelihara Hamster di Rumah

1. Hamster Syrian

Jenis hamster yang cukup populer ini juga dikenal sebagai Teddy Bear Hamster. Hamster Syrian adalah jenis hamster yang ramah dan mudah dirawat. Mereka hidup sekitar dua sampai tiga tahun.

Bagi kamu yang ingin memelihara Hamster Syrian, sebaiknya hamster ini dipelihara atau hidup sendiri. Sebab, hamster Syrian dapat menjadi agresif terhadap hamster lain. 

2. Hamster Cina (Chinese)

Hamster ini memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan ras atau jenis hamster lainnya. Hamster Cina Mereka cocok untuk anak-anak karena mudah ditangani dan dirawat.

Jenis hamster yang dapat hidup selama 2-3 tahun ini, cukup cepat, dan gesit. Meski bisa bergaul dengan hamster lain, tapi hamster Cina lebih suka hidup sendiri. 

3. Campbell’s Russian Dwarf Hamster

Campbell’s Russian Dwarf adalah jenis hamster cepat, gesit dan menantang untuk ditangani. Mereka dapat bergaul dengan hamster dwarf (kerdil) lainnya.

Sedikit berbeda dengan kedua jenis hamster di atas, Campbell’s Russian Dwarf umumnya hidup sekitar satu sampai dua tahun. Meski terbilang sulit untuk dipegang, tapi jenis hamster yang satu ini masih cocok dipelihara oleh anak-anak dan orang dewasa. 

Bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai hamster jenis ini, bisa kok bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

4. Winter White Dwarf Hamster

Bulu hamster yang satu ini bisa berubah warna dari putih di musim dingin, menjadi abu-abu di musim panas. Hamster Winter White Dwarf dapat berlari dengan sangat cepat dan berukuran kecil, sehingga terkadang bisa bergerak sangat cepat dan berukuran kecil, sehingga terkadang sulit untuk dihandling.

Jenis hamster ini bisa hidup sekitar satu sampai dua tahun. Winter White Dwarf bersifat sosial dan jika diperkenalkan sejak dini dapat hidup berkelompok dengan jenis kelamin yang sama. 

5. Roborovski Dwarf Hamster

Hamster Roborovski Dwarf merupakan jenis hamster terkecil. Jenis hamster ini suka menggigit, sehingga harus ditangani dengan hati-hati. Oleh sebab itu, hamster yang satu ini bukan pilihan yang tepat untuk anak kecil. 

Hamster Roborovski Dwarf hidup sekitar tiga sampai empat tahun. kamu dapat menempatkan mereka dalam pasangan atau kelompok dengan jenis kelamin yang sama. 

Nah, itulah beberapa jenis hamster yang menarik untuk dipelihara. Bagaimana tertarik untuk memeliharanya

Baca jugaBegini Cara Ajak Anak Menyukai Hewan Sejak Kecil

Bagi kamu atau terdapat anggota keluarga yang memiliki masalah kesehatan, bisa kok memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit. 



Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Determine Whether or Not a Hamster Is the Right Pet For You
FETCH by Web MD. Diakses pada 2021. Types of Hamsters

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan