Inilah Makna di Balik Gonggongan Anjing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   15 Desember 2020
Inilah Makna di Balik Gonggongan AnjingInilah Makna di Balik Gonggongan Anjing

Halodoc, Jakarta – Memiliki anjing sebagai hewan peliharaan tentunya menjadi hal menyenangkan bagi pemiliknya. Tingkah polah anjing yang menggemaskan dan lucu dapat menurunkan tingkat stres pemilik anjing. Selain memperhatikan perilaku anjing kesayangan, sebaiknya pemilik juga perlu mengerti setiap gonggongan yang dilakukan anjing.

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Bukan hanya sekedar menggonggong, gonggongan pada anjing memiliki berbagai makna yang berbeda. Hal ini perlu diketahui oleh pemilik agar dapat mengerti kondisi anjing. Untuk itu, tidak ada salahnya, simak ulasannya di bawah ini mengenai makna di balik gonggongan anjing. Dengan begitu, ikatan emosional antara pemilik dan anjing kesayangan dapat menjadi lebih dekat.

Kenali Makna Gonggongan Anjing

Pemilik anjing sebaiknya jangan emosi dulu saat anjing tidak berhenti menggonggong. Menggonggong menjadi satu-satunya komunikasi antara anjing dan pemilik anjing. Ada baiknya, kenali makna gonggongan pada anjing karena tiap gonggongan memiliki arti yang berbeda. Dengan begitu, pemilik lebih mudah melakukan penanganan pada anjing.

Berikut ini makna gonggongan pada anjing yang perlu diketahui:

1.Gonggongan Bernada Tinggi, Berulang, dan Terjadi Beberapa Kali

Gonggongan dengan suara melengking tinggi dan dilakukan berulang-ulang, menandakan anjing ingin diajak bermain oleh pemiliknya. Jangan ragu ajak anjing berjalan-jalan di sekeliling rumah atau melakukan permainan yang menyenangkan untuk anjing. Jangan lupa untuk gunakan bahasa tubuh saat mengajak anjing bermain agar anjing merasa nyaman. 

2.Gonggongan Berulang Disertai Geraman

Saat anjing ingin menandai daerah teritorinya, anjing juga dapat menggonggong. Biasanya, gonggongan akan terdengar berulang dengan intensitas yang cukup tinggi. Selain itu, gonggongan akan disertai dengan geraman atau growls sesekali. 

Biasanya, anjing akan melakukan gonggongan tersebut saat ada orang atau hewan lain yang masuk daerah teritorinya. Hal ini juga bisa menjadi tanda bagi pemilik bahwa ada orang yang tidak dikenal oleh anjing berada dalam daerah teritori. Gonggongan ini dapat muncul ketika anjing merasa tidak nyaman atau takut.

Baca juga: Begini Cara Ajak Anak Menyukai Hewan Sejak Kecil

3.Gonggongan Keras dan Berurutan

Sebaiknya pemilik mengenali makna dari gonggongan jenis ini. Biasanya, gonggongan ini menandakan adanya kondisi bahaya, tidak biasa, dan mengkhawatirkan. Dengan mengeluarkan gonggongan jenis ini, anjing bermaksud untuk memberikan informasi pada pemilik seputar hal yang membahayakan. Jadi, tidak ada salahnya untuk segera memeriksa kondisi lingkungan rumah.

4.Bernada Tinggi, Berulang, dan Terdapat Jeda

Perhatikan saat kamu mengajaknya bermain dan anjing menggonggong dengan suara yang tinggi, berulang, dan terdapat jeda ditengah gonggongan. Hal ini bisa menandakan bahwa anjing merasakan perasaan gembira. Tidak hanya dari gonggongan, biasanya anjing akan menunjukkan bahasa tubuh dengan mengibaskan ekor ke atas saat gembira. 

5.Bernada Tinggi dan Berulang Tanpa Jeda

Gonggongan jenis ini bisa menandakan anjing merasakan takut. Biasanya, gonggongan ini akan disertai dengan bahasa tubuh, seperti lebih agresif atau menghindari sesuatu yang membuatnya takut.

6.Bernada Tinggi dan Merintih

Jika anjing menangis atau merintih dengan nada tinggi yang berulang, kondisi ini bisa menandakan anjing merasakan nyeri atau sakit. Segera periksa kondisi kesehatan anjing secara menyeluruh. Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung dengan dokter hewan mengenai kondisi kesehatan anjing kamu. Dengan begitu, kamu dapat melakukan penanganan pertama dengan tepat pada anjing.

Baca juga: Pelihara Hewan di Rumah, Ini Manfaatnya untuk Anak

Itulah beberapa makna gonggongan yang sebaiknya dikenali oleh pemilik anjing. Jika kamu mengetahui ada kondisi yang membahayakan atau membuat anjing tidak nyaman, sebaiknya singkirkan agar anjing merasa nyaman. 

Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah bertemu dokter hewan untuk perawatan anjing kesayangan!

Referensi:
Pethelpful. Diakses pada 2020. The Different Types of Dog Barking.
The American Society for The Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA). Diakses pada 2020. Barking.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan