Inilah Manfaat dan Tujuan Sedot Lemak yang Perlu Kamu Ketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Oktober 2023

“Sedot lemak menjadi salah satu prosedur non bedah yang bisa membantu menghilangkan lemak pada area tertentu dalam tubuh. Ada banyak manfaatnya, mulai dari kesehatan tubuh yang lebih baik hingga rasa percaya diri yang meningkat.”

Inilah Manfaat dan Tujuan Sedot Lemak yang Perlu Kamu KetahuiInilah Manfaat dan Tujuan Sedot Lemak yang Perlu Kamu Ketahui

Halodoc, Jakarta – Sedot lemak atau liposuction menjadi salah satu prosedur non bedah yang berfungsi untuk menghilangkan lemak di area tertentu pada tubuh.

Biasanya, orang yang menjalankan liposuction adalah orang-orang dengan berat badan yang stabil, tetapi terdapat bagian lemak yang sulit hilang.

Ingat, sedot lemak bukan cara untuk mengatasi obesitas. Agar lebih memahami prosedur ini, ketahuilah tujuan dan manfaat dari sedot lemak melalui artikel ini!

Tujuan Sedot Lemak

Sedot lemak bertujuan untuk memperbaiki penampilan. Tentunya, saat lemak dalam tubuh berkurang, kesehatan tubuh juga akan lebih baik.

Sedot lemak akan disarankan oleh dokter, ketika pola diet dan gaya hidup sehat tidak berhasil menghilangkan lemak pada bagian tubuh tertentu. 

Mau tahu tahu cara tepat dalam mengusir penumpukan lemak dalam tubuh? Simak melalui artikel ini “7 Tips Mudah Usir Lemak Perut Agar Tidak Buncit”.

Sebelum melakukan prosedur ini, kamu juga perlu berdiskusi dengan dokter mengenai beberapa kondisi. Mulai dari jenis sedot lemak hingga proses pemulihan yang kamu perlukan.

Seseorang yang menjalani perawatan ini harus sehat, baik secara fisik dan mental. Selain itu, tidak boleh mengidap penyakit kulit dan telah berusia 18 tahun ke atas. Bukan hanya itu, pengidap gangguan sirkulasi darah dan imun tubuh sebaiknya tidak menjalani prosedur ini.

Ada beberapa bagian tubuh yang sering mendapatkan prosedur non bedah ini, seperti:

  • Perut.
  • Punggung.
  • Bokong.
  • Dada.
  • Panggul.
  • Area leher dan dagu.
  • Paha dalam dan luar.

Mau tahu seperti apa prosedur sedot lemak? Baca melalui artikel ini “Begini Cara Kerja dan Prosedur Sedot Lemak yang Perlu Diketahui”.

Manfaat Sedot Lemak

Ada berbagai manfaat sedot lemak yang bisa kamu rasakan setelah menjalaninya. Berikut manfaatnya yang perlu kamu ketahui:

1. Menghilangkan lemak dengan aman

Prosedur ini akan berlangsung menggunakan alat hisap untuk menghancurkan lemak yang membandel. Sehingga prosedurnya sangat aman untuk dilakukan. Namun, pastikan kamu melakukannya dengan dokter yang tepercaya dan berpengalaman.

2. Meningkatkan kesehatan tubuh

Ketika lemak disedot dari dalam tubuh, maka jumlah lemak membandel akan berkurang. Hal ini dapat memengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berkurangnya lemak dalam tubuh bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh yang lebih baik.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Kebanyakan orang yang melakukan perawatan ini karena ingin memiliki postur tubuh yang lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa memiliki postur tubuh yang lebih ideal. Hal ini tentunya dapat membantu kamu dalam meningkatkan rasa percaya diri.

Itulah beberapa manfaat sedot lemak yang bisa kamu rasakan. Namun, apakah lemak dapat hilang secara permanen?

Sedot lemak adalah cara untuk menghilangkan lemak secara permanen. Namun, agar jumlah lemak dalam tubuh tetap ideal, pastikan kamu melakukan beberapa tips setelah sedot lemak.

Untuk mencegah lemak kembali muncul pada area tertentu, sebaiknya lakukan beberapa hal, seperti:

  • Menjaga asupan dan porsi makan setiap hari.
  • Memperbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  • Hindari makanan cepat saji.
  • Batasi makanan yang berlemak.
  • Rutin berolahraga dan perbanyak aktivitas fisik.
  • Memperbanyak asupan air putih.
  • Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman dengan tambahan gula atau pemanis buatan.
  • Tingkatkan kualitas tidur.
  • Kelola stres dengan baik.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh tertentu. Cari tahu melalui artikel ini: “Tanpa Efek Samping, Ini Cara Membakar Lemak Perut yang Alami”.

Jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter ahli mengenai jenis makanan yang bisa kamu konsumsi guna mencegah lemak kembali dalam tubuh. Klik gambar di bawah untuk terhubung dengan dokter di Halodoc.✔️

chat dokter halodoc
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. What Are The Benefits and Risks of Liposuction?
Harvard T.C. Chan. Diakses pada 2023. Obesity Prevention Source.
Pharm Easy. Diakses pada 2023. Liposuction: Benefits and Risks.
Better Health. Diakses pada 2023. Liposuction.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan