• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 6 Kegiatan Self Care yang Bisa Dilakukan di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 6 Kegiatan Self Care yang Bisa Dilakukan di Rumah

Intip 6 Kegiatan Self Care yang Bisa Dilakukan di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 November 2022

“Ada banyak kegiatan self care yang bisa dilakukan di rumah. Seperti berendam di bak mandi dengan pilihan sabun yang menenangkan sambil membaca buku, menonton serial favorit di layanan streaming, atau melakukan yoga.”

Intip 6 Kegiatan Self Care yang Bisa Dilakukan di RumahIntip 6 Kegiatan Self Care yang Bisa Dilakukan di Rumah

Halodoc, Jakarta –  Self-care sangat penting dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan kecemasan, depresi, stres, meningkatkan konsentrasi, dan mengembalikan suasana hati. 

Self-care adalah cara tepat untuk mengatasi stres sehari-hari dengan lebih baik. Bentuk self-care pun bermacam-macam termasuk merawat diri, makan makanan sehat, dan manajemen stres. Ketahui berbagai kegiatan self-care yang bisa dilakukan di rumah berikut ini!

Rekomendasi Kegiatan Self Care yang Dilakukan di Rumah

Sebenarnya konsep self-care bisa berbeda buat tiap-tiap orang.  Pada intinya, self-care adalah memberikan jeda pada diri untuk kebahagiaan sementara maupun jangka panjang.   Hal-hal sederhana bisa menjadi bentuk self-care.

Jika kamu hendak melakukannya di rumah, kamu bisa menerapkan hal berikut:

  • Berendam di bak mandi dengan pilihan sabun yang menenangkan sambil membaca buku.
  • Menonton serial favorit di layanan streaming online.
  • Melakukan yoga.
  • Mengobrol sambil berpelukan bersama pasangan.
  • Menikmati kopi dan buku setelah mengantar anak-anak ke sekolah.
  • Menyulam atau menjahit sehabis membereskan rumah. 

Pentingnya Menerapkan Self-Care

Melakukan manikur atau pijat salon kecantikan memang aktivitas yang memanjakan. Namun, bila aktivitas tersebut terlalu mahal, kamu bisa melakukan self-care di rumah. Pada dasarnya self-care tidak harus mengeluarkan biaya apapun, karena kamu bisa melakukan kegiatan yang disukai saja.

Beberapa bentuk self-care yaitu:

  • Self-care dari sisi emosional, seperti self-talk, mandi busa mingguan, mengatakan “tidak” untuk hal-hal yang menyebabkan stres yang tidak perlu, memberi diri izin untuk mengambil jeda, atau “me time” di kedai kopi dengan seorang teman.
  • Self-care dari sisi fisik, seperti memprioritaskan tidur, menerapkan rutinitas olahraga yang dapat dijalankan, begitu juga pola makan sehat. 
  • Self-care diri spiritual, seperti menghadiri kebaktian keagamaan, menghabiskan waktu di alam, bermeditasi, melakukan kebaikan, atau membuat jurnal ucapan syukur. 
  • Self-care dapat mendorong diri menjaga hubungan yang sehat dengan diri sendiri sehingga kamu dapat menularkan mood positif kepada orang lain. Self-care bukanlah sesuatu yang egois, tetapi jauh dari itu self-care adalah bentuk perhatian kepada diri sendiri.

Selain kegiatan spesifik di atas, kamu juga bisa menerapkan bentuk self-care dengan cara berikut:

1. Memerhatikan Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik adalah bagian inti dari perawatan diri. Tubuh dan pikiran memiliki hubungan yang unik, dan sulit untuk bersemangat ketika kamu merasa tidak nyaman dengan tubuh. Olahraga teratur dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang secara signifikan dapat meningkatkan suasana hati dan energi. 

2. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 6-8 jam tidur setiap malam untuk mendapatkan kualitas kesehatan fisik dan jiwa yang baik. 

Tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat dan memperbarui diri. Tidur siang juga sangat baik untuk menyegarkan tubuh dan meningkatkan tingkat konsentrasi.

3. Menerapkan Pola Hidup Sehat 

Pola hidup sehat adalah bagian dari self-care. Makanan sehat dan bergizi adalah salah satu bentuk self-care jangka panjang yang bisa kita terapkan pada diri sendiri. 

4. Identifikasi Hal-Hal Penting bagi Diri

Ini mungkin tampak mudah, tetapi bisa jadi sulit untuk dipraktikkan. Kamu perlu bertanya pada diri sendiri mengenai hal-hal yang paling penting bagi dirimu. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dapat menentukan pendekatan yang dilakukan dalam hidup. 

5. Mengubah Pola Pikir dengan Bersyukur 

Terlalu sering berfokus pada hal-hal negatif tidak baik untuk kesehatan fisik dan jiwa. Cobalah untuk membiasakan diri bersyukur dan mengingat hal-hal yang positif dalam hidup.

6. Belajarlah untuk Mengatakan Tidak

Terlalu sering menyetujui atau mengiyakan setiap permintaan akan mengorbankan kedamaian dan kesehatan jiwamu. Mengiyakan segala hal nyatanya bisa membuat kamu kelelahan, dan itu buruk bagi kesehatan fisik dan emosional.

Itulah informasi mengenai kegiatan self-care yang bisa dilakukan di rumah. Kalau kamu sedang mengalami masalah kesehatan mental, segera buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. What Is Self-Care and Why Is It So Important for Your Health?
Perimeter Healthcare. Diakses pada 2022. Sample of The Gate Beginning The Importance of Self Care.
Circle Health Group. Diakses pada 2022. Why is Self Care and Why is It Important?