• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip Tips Cepat Hamil yang Bisa Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip Tips Cepat Hamil yang Bisa Dicoba

Intip Tips Cepat Hamil yang Bisa Dicoba

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Juni 2022

Ada beberapa tips cepat hamil yang bisa coba diterapkan bersama pasangan. Salah satunya menerapkan gaya hidup sehat.

Intip Tips Cepat Hamil yang Bisa DicobaIntip Tips Cepat Hamil yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta – Kehamilan menjadi berita yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri, terutama yang baru menikah. Kehadiran sang buah hati memang dianggap bisa melengkapi keluarga. Namun, beberapa pasangan mungkin harus menunggu lebih lama dibandingkan pasangan lainnya. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. 

Faktanya, kehamilan tidak hanya terjadi karena faktor pada wanita sebagai calon ibu, tetapi juga dari calon ayah. Maka dari itu, calon ayah dan ibu harus saling bekerjasama untuk menerapkan beberapa tips cepat hamil, termasuk menerapkan gaya hidup sehat dan memilih waktu yang tepat untuk hubungan intim. Biar lebih jelas, simak ulasannya di artikel berikut! 

Beragam Tips Cepat Hamil 

Orang awam mungkin menganggap bahwa hubungan intim saja bisa membuat seorang istri langsung hamil. Alhasil, banyak pasangan yang keliru dan salah sangka terkait waktu yang lama bagi seorang wanita untuk hamil. Padahal, bisa jadi ada beberapa faktor yang belum dilakukan dengan benar. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tips cepat hamil berikut: 

  1. Perhitungan Masa Subur 

Peluang kehamilan menjadi lebih besar jika hubungan intim dilakukan pada masa subur wanita. Masa subur adalah waktu di mana ovarium melepaskan sel telur ke dalam rahim. Pada masa ini, proses pembuahan akan lebih mudah terjadi. Umumnya, masa subur terjadi sekitar 14 hari setelah hari pertama haid. Sementara pada pria, disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesuburan. 

  1. Berhubungan secara Teratur 

Pasangan suami istri disarankan untuk berhubungan intim secara rutin tanpa alat kontrasepsi. Hal ini bisa meningkatkan peluang hamil. 

  1. Pola Hidup Sehat

Seperti dikatakan sebelumnya, menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu tips cepat hamil. Calon ayah dan ibu disarankan untuk menjaga berat badan ideal, mengonsumsi makanan sehat seperti ikan, daging, dan sayuran, serta cukup beristirahat dan berhenti merokok. 

  1. Konsumsi Suplemen Khusus 

Untuk mempercepat kehamilan, cobalah untuk mengonsumsi suplemen khusus, terutama yang banyak mengandung asam folat. Jenis nutrisi ini disebut bisa meningkatkan kesuburan, mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, serta menurunkan risiko cacat lahir. Asupan asam folat baik dikonsumsi calon ibu sejak merencanakan kehamilan hingga setidaknya trimester pertama kehamilan. 

Selain dari asupan makanan tertentu, ibu dan ayah juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen khusus yang mengandung asam folat. Biar lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk membeli suplemen harian dalam rangka mempersiapkan kehamilan. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Jangan Lupa Lakukan Pemeriksaan Kesehatan 

Tips cepat hamil selanjutnya adalah rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, baik pada calon ibu maupun calon ayah. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi tubuh. Pemeriksaan kesehatan juga bisa membantu mendeteksi kemungkinan adanya risiko penyakit tertentu yang bisa mengganggu tingkat kesuburan. 

Selain mengetahui risiko penyakit, pemeriksaan ke rumah sakit juga dilakukan untuk mendapatkan imunisasi rubella serta tetanus. Kedua vaksin ini biasa diberikan pada wanita yang tengah merencanakan kehamilan. Pemeriksaan kesehatan yang dibarengi dengan penerapan gaya hidup sehat merupakan tips cepat hamil yang mudah dilakukan. 

Namun ingat, dibutuhkan kerjasama dari kedua belah pihak, suami dan istri agar kehamilan bisa cepat terwujud. Jangan hanya membebani pada salah satu pihak saja. 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. How To Get Pregnant.
Healthline. Diakses pada 2022. How Long Does It Normally Take to Get Pregnant? When Should We Be Concerned?
Verywell. Diakses pada 2022. How to Get Pregnant Fast.