• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Asal, Ini Cara Benar Memandikan Anak Kucing Persia

Jangan Asal, Ini Cara Benar Memandikan Anak Kucing Persia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jangan Asal, Ini Cara Benar Memandikan Anak Kucing Persia

Halodoc, Jakarta - Ketika kamu memutuskan untuk memelihara kucing berjenis Persia, ada banyak hal yang perlu kamu pahami. Tidak hanya persoalan memberi makanan yang tepat, kamu juga harus tahu bagaimana perawatan kucing dengan bulu panjang ini, termasuk memandikannya. 

Lantas, apakah memandikan anak kucing Persia lebih sulit dibandingkan dengan jenis kucing lainnya? Sebenarnya, tidak begitu. Namun, pada beberapa kondisi, memandikan anak kucing jenis ini membutuhkan ketelitian lebih. 

Jadi, kamu tidak boleh asal memandikan. Simak cara yang benar berikut ini.

  • Pertama, Sisir Dulu Bulunya

Mengapa harus menyisir bulunya dulu sebelum dimandikan? Memang terdengar sepele, ya. Namun, menyisir bulu kucing Persia sebelum memandikannya membantu mencegah terjadinya penggumpalan bulu saat kena air nantinya. 

Baca juga: 3 Hewan Rumahan yang Bisa Membawa Penyakit

Lalu, berapa kali sebaiknya anak kucing Persia dimandikan? Sebagai permulaan, sebaiknya kamu memandikannya saat ia berumur 8 minggu, kemudian secara rutin setiap 3-4 minggu sekali hingga umurnya 12-14 minggu.. Hal ini bertujuan untuk membuat kitten terbiasa, sehingga kamu tidak kerepotan memandikannya ketika dewasa nanti.

  • Mandikan dengan Air Hangat

Kucing tidak bersahabat dengan air, ini adalah kondisi yang terjadi secara alamiah. Jadi, sebaiknya gunakan air hangat ketika memandikannya. Tidak hanya kucing jenis Persia, ini juga berlaku untuk jenis kucing lainnya. 

  • Bagian Tubuh yang Perlu Diperhatikan

Kucing Persia identik dengan bulunya yang lebat dan panjang. Jadi, ada beberapa bagian tubuh yang perlu mendapatkan perhatian lebih saat dimandikan. Misalnya, bulu di sekitar bagian bawah telinga atau di sekitar tengkuknya, karena pada bagian ini ada banyak minyak. 

Baca juga: Kenali Scabies, Penyakit Kulit Akibat Kutu Hewan

Tidak hanya itu, pastikan kamu berhati-hati ketika menyiram area hidung dan mata. Pasalnya, busa sampo yang mengenai mata bisa membuat kitten menolak ketika akan mandi kembali nantinya. 

  • Memilih Sisir

Setelah dimandikan, langkah berikutnya adalah mengeringkan bulunya. Nah, pastikan kamu menggunakan sisir yang tepat. Untuk kitten Persia, pilih sisir bahan kawat dengan panjang sekitar satu inci, sehingga bisa menjangkau lapisan bawah bulunya. Tidak hanya usai mandi, sisir kucingmu setiap hari selama sekitar 10–15 menit.

  • Cara Merawat Bagian Mata

Selanjutnya adalah perawatan bagian mata. Kucing Persia memiliki mata yang sering berair. Jika kamu membiarkannya tanpa perawatan, tentu saja ini akan mengganggu kenyamanan kucing. 

Baca juga: Ketahui Seluk Beluk Merawat Anak Kucing

Jadi, selain menyisir bulunya, kamu juga harus membersihkan area mata setiap hari. Gunakan kapas yang sebelumnya telah kamu celupkan dalam air hangat. Secara perlahan dan hati-hati, bersihkan kotoran dan kerak yang biasanya sudah mengeras pada bagian bawah mata. 

Jangan Lupa, Pilih Makanan yang Tepat

Mengapa pemilihan makanan juga penting? Pasalnya, perawatan bulu kitten Persia tidak hanya dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam. Caranya, yaitu dengan memenuhi asupan gizi melalui makanan yang kamu berikan. 

Kalau kamu belum paham jenis makanan untuk perawatan bulu anak kucing Persia, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter hewan, jadi kamu tidak asal membeli dan memberikannya pada kucing kesayangan. Agar lebih mudah, tanya jawab seputar kesehatan hewan sekarang bisa dilakukan lewat aplikasi Halodoc, lho! 



Referensi: 
ProPlan. Diakses pada 2020. Cara Memandikan Kitten Persia dan Perawatannya.