• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Dilewatkan, Ini 5 Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Dilewatkan, Ini 5 Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung

Jangan Dilewatkan, Ini 5 Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Januari 2023

“Ada beberapa makanan yang sehat untuk jantung dan lambung. Kebanyakan di antaranya mengandung serat, vitamin, dan mineral penting.”

Jangan Dilewatkan, Ini 5 Makanan Sehat untuk Jantung dan LambungJangan Dilewatkan, Ini 5 Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan lambung sangat penting. Sebab, kedua organ ini punya fungsi yang signifikan bagi tubuh. Jadi, kesehatan jantung dan lambung perlu kamu jaga, salah satunya dengan menjaga pola makan. 

Dari banyaknya pilihan makanan bergizi, ada beberapa yang memiliki nutrisi penting untuk fungsi jantung dan lambung. Misalnya, makanan tinggi serat, yang tak hanya melancarkan pencernaan, tapi juga menyehatkan jantung.

Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung

Pola makan memainkan peran penting bagi kesehatan jantung dan lambung, dapat memengaruhi risiko penyakit yang bisa menyerang. Makanan tertentu dapat berdampak pada tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan keseimbangan usus.

Semua hal tersebut merupakan faktor risiko penyakit pada organ jantung dan lambung. Oleh karena itu, kamu perlu tahu apa saja makanan sehat untuk jantung dan lambung, yaitu:

1. Sayuran Berwarna Hijau dan Cerah

Sayuran hijau adalah sumber vitamin K yang bagus, yang membantu melindungi arteri dan meningkatkan pembekuan darah yang tepat. Makanan ini juga tinggi nitrat, yang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan serat, yang dapat membantu mengembangkan mikrobioma usus yang ideal. Mikrobioma ini adalah triliunan organisme yang hidup di usus besar dan membantu proses pencernaan.

Tak hanya sayuran hijau, sayuran berwarna cerah juga baik untuk jantung dan lambung. Contoh sayuran hijau yang direkomendasikan adalah bayam, kangkung, sawi, dan brokoli. Sementara itu, contoh sayuran berwarna cerah adalah wortel dan paprika.

2. Biji-bijian Utuh

Makanan sehat lainnya untuk jantung dan lambung adalah biji-bijian utuh. Daripada karbohidrat olahan, seperti roti putih dan pasta, biji-bijian utuh menyediakan banyak serat. Selain itu, beberapa di antaranya juga mengandung nutrisi tambahan, seperti asam lemak omega-3. 

Ketika bakteri usus memfermentasi serat, mereka menghasilkan asam lemak rantai pendek. Molekul-molekul ini mendorong fungsi yang tepat dalam sel-sel yang melapisi usus besar

3. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Buah ini dapat membantu penurunan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Selain itu, alpukat juga merupakan makanan super yang mengandung serat dan nutrisi penting, seperti potasium. Semuanya membantu meningkatkan fungsi pencernaan yang sehat. Ini juga merupakan makanan rendah fruktosa, jadi kecil kemungkinannya untuk menyebabkan perut kembung.

4. Buah Beri

Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry juga merupakan makanan sehat untuk jantung dan lambung. Berbagai jenis buah ini penuh dengan nutrisi penting yang memainkan peran sentral dalam kesehatan jantung.

Selain itu, buah beri juga kaya akan antioksidan seperti antosianin, yang melindungi dari stres oksidatif dan peradangan. Jadi, buah ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Di sisi lain, buah beri juga mengandung lebih sedikit fruktosa. Membuatnya lebih mudah ditoleransi dan cenderung tidak menimbulkan gas atau perut kembung. 

5. Psyllium

Banyak orang yang mengalami masalah pada pencernaan mendapat manfaat dari psyllium. Ini adalah sejenis serat makanan larut yang terkandung dalam beberapa makanan, seperti sereal sarapan, untuk meningkatkan frekuensi dan konsistensi tinja. 

Psyllium bekerja dengan cara menyerap air di usus kecil untuk membantu makanan melewatinya dengan lebih mudah. Jadi, mengonsumsinya dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, psyllium juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Tingkat kolesterol jahat yang lebih rendah dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa makanan yang sehat untuk jantung dan lambung. Pastikan untuk mengonsumsinya, bersamaan dengan variasi makanan bergizi lainnya. Kalau kamu mengalami masalah kesehatan apapun, segera download Halodoc untuk berbicara pada dokter melalui chat.

Referensi:
GI Society. Diakses pada 2023. Diet That’s Good for the Gut & the Heart.
Healthline. Diakses pada 2023. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. 5 Foods to Improve Your Digestion.
The Healthy Journal. Diakses pada 2023. Which Fruit Is Good For Stomach and Heart?