Jarang Diketahui, Ini 9 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 September 2023

“Sebagai sayuran yang dikenal “mahal”, asparagus memiliki segudang manfaat. Di antaranya adalah bersifat antiradang, mendukung kesehatan reproduksi, dan membuat mood menjadi lebih baik.”

Jarang Diketahui, Ini 9 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan TubuhJarang Diketahui, Ini 9 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Asparagus adalah sejenis sayuran yang populer dan sering menjadi bahan berbagai masakan. Sayuran ini memiliki batang yang panjang dan ramping dengan ujung yang lembut dan kuncup yang masih rapat. 

Biasanya, bagian yang orang konsumsi dari asparagus adalah batangnya. Sedangkan bagian bawah yang lebih keras biasanya tidak untuk konsumsi.  Selain memiliki rasa yang unik, segar dan sedikit pahit, sayuran ini sangat kaya akan nutrisi dan rendah kalori.

Berkat nutrisinya, asparagus memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat asparagus untuk kesehatan tubuh? 

Ketahui Dulu Kandungan Gizi Asparagus

Asparagus memiliki sederet kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Dalam 90 gramnya mengandung nilai gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 20.
  • Protein: 2,2 gram.
  • Lemak: 0,2 gram.
  • Serat: 1,8 gram
  • Vitamin A: 18 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin K: 57 persen dari kebutuhan harian.
  • Folat: 34 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin C: 12 persen dari kebutuhan harian.
  • Kalium: 6 persen dari kebutuhan harian.
  • Fosfor: 5 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin E: 7 persen dari kebutuhan harian.

Asparagus juga memiliki sejumlah kecil mikronutrien lainnya, termasuk zat besi, seng, dan riboflavin. Selain itu, sayuran hijau juga sumber vitamin K yang sangat baik. Inilah yang membuatnya baik untuk pertumbuhan tulang. 

Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya mendukung kesehatan tulang, berikut adalah beberapa manfaat asparagus lainnya:

1. Antiradang

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel dari efek berbahaya radikal bebas dan stres oksidatif. Stres oksidatif berkontribusi terhadap penuaan, peradangan kronis, dan banyak penyakit, termasuk kanker.

Nah, sayuran hijau ini mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin E, vitamin C dan glutathione, serta berbagai flavonoid dan polifenol. Zat tersebut memiliki efek penurun tekanan darah, antiinflamasi, antivirus, dan antikanker. 

Selain asparagus, makanan yang tinggi kandungan vitamin lainnya adalah jeruk nipis. Baca lebih lanjut informasinya pada artikel: 11 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat makanan memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan yang optimal. Kabar baiknya, sayuran ini juga mengandung sejumlah serat. Adapun, serat ini membantu menjaga pergerakan usus tetap lancar. Selain itu, serat juga berkaitan dengan peningkatan jumlah bakteri baik dalam tubuh. 

Bakteri ini memiliki peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghasilkan nutrisi penting seperti vitamin B12 dan K2.

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat asparagus selanjutnya berkaitan dengan bobot tubuh. Santapan dengan tekstur renyah ini tergolong rendah kalori,  kaya serat, dan cepat memberikan sensasi kenyang.

Nah, hal tersebut merupakan kombinasi tepat menurunkan berat badan. Pengolahannya yang praktis juga memudahkan asparagus untuk dimasak dengan alternatif sajian. 

Butuh rekomendasi cara menurunkan berat badan? Baca tipsnya di artikel 8 Cara Diet Cepat untuk Bantu Turunkan Berat Badan.

4. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Mengurangi asupan garam dan meningkatkan asupan kalium dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Kalium menurunkan tekanan darah dengan mengendurkan dinding pembuluh darah dan mengeluarkan kelebihan garam melalui urine.

Menurut data kesehatan yang terbit dalam The Journal of Clinical Hypertension, mengonsumsi makanan yang mengandung serat dapat menurunkan risiko hipertensi. 

Nah, dalam 90 gram asparagus mengandung 1,8 gram serat. Jumlah ini cukup membantu sebagai asupan serat tambahan untuk tekanan darah yang sehat.

5. Mengurangi risiko gangguan kognitif

Sayuran hijau seperti asparagus mengandung folat. Folat dapat mengurangi risiko gangguan kognitif. Orang yang berusia 50 tahun ke atas direkomendasikan untuk mengonsumsi folat supaya pikirannya tetap tajam. 

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Asparagus mengandung vitamin E, antioksidan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Imun tubuh yang baik dapat mencegah risiko serangan infeksi. Termasuk juga penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, demensia, kerusakan hati, dan stroke

7. Alternatif sumber serat

Asparagus merupakan sumber serat yang tinggi daripada jenis sayuran lainnya. Hal ini membuat sayuran hijau ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan kaya serat. Berita baiknya, serat tidak hanya baik untuk pencernaan, melainkan juga buat metabolisme tubuh, serta kesehatan kulit.

Ingin tahu lebih lanjut soal manfaat asparagus atau punya pertanyaan soal kesehatan lainnya? Yuk, chat dengan dokter di Halodoc saja! Dapatkan jawaban dan saran kesehatan dari dokter tepercaya melalui fitur chat dengan dokter kapan dan di mana saja. Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

8. Menjaga kesehatan reproduksi

Manfaat asparagus selanjutnya adalah meningkatkan sistem reproduksi. Asparagus hijau mengandung saponin protodioscin tingkat tinggi. Protodioscin berperan dalam mendukung kesehatan reproduksi. Nah, hal ini termasuk menjaga kesehatan ovarium, meningkatkan libido pasca menopause, dan bahkan dapat melawan sel kanker ovarium.

Tidak hanya reproduksi wanita, protodioscin juga baik untuk pria. Contohnya, meningkatkan produksi testosteron, memulihkan fungsi ereksi, dan meningkatkan libido.

Menurut data kesehatan yang terbit di Biomedicine & Pharmacotherapy, mengonsumsi asparagus dapat memperbaiki komplikasi kesehatan reproduksi wanita. Hal ini termasuk ketidakseimbangan hormon, sindrom ovarium polikistik dan meningkatkan tingkat antioksidan dalam tubuh. 

9. Mencegah infeksi saluran kemih

Santapan yang biasa kamu olah dengan kepiting ini adalah diuretik alami. Artinya, asparagus dapat membantu membuang kelebihan cairan dan garam dari tubuh.  Ada kemungkinan mengonsumsi asparagus dapat mencegah berkembangnya infeksi saluran kemih. 

Itulah beberapa manfaat asparagus untuk kesehatan tubuh. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Selain dengan konsumsi asparagus, kamu juga bisa menjaga kesehatanmu dan keluarga dengan produk kesehatan berkualitas yang bisa kamu dapatkan di Toko Kesehatan Halodoc. Yuk, cek selengkapnya dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Reasons Why You Should Eat More Asparagus.
Psychiatrist.com. Diakses pada 2023. Folate in Depression: Efficacy, Safety, Differences in Formulations, and Clinical Issues.
Health.com. Diakses pada 2023. 9 Health Benefits of Asparagus.
Everyday Health. Diakses pada 2023. A Detailed Guide to Asparagus: Health Benefits and Risks, How to Select and Store It, How to Cook It, and More.
Sound Dietitians. Diakses pada 2023. Asparagus: Nutritious & Versatile.
Eating Well. Diakses pada 2023. 5 Powerful Health Benefits of Asparagus You Probably Didn’t Know.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan