• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kecanduan Alkohol Tingkatkan Risiko Penyakit Liver

Kecanduan Alkohol Tingkatkan Risiko Penyakit Liver

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Sudah tak asing kan dengan penyakit liver? Bagaimana dengan penyebabnya? Ternyata, biang keladi penyakit ini bukan cuma karena serangan virus seperti hepatitis atau perlemakan hati saja, lho

Dalam beberapa kasus, penyakit liver juga bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol secara berlebihan. Kok bisa? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Inilah Pengaruh Alkohol Terhadap Kesehatan Jantung dan Liver


Memicu Peradangan dan Kerusakan 

Ternyata, selain serangan virus seperti penyakit hepatitis, konsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa memicu penyakit liver. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai hepatitis alkoholik. Hepatitis jenis ini merupakan kondisi peradangan hati yang disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Konsumsi alkohol ini bisa menimbulkan kerusakan permanen pada sel-sel hati, sehingga fungsinya bakal terganggu. 

Hal yang bikin resah, kondisi ini bisa berkembang menjadi sirosis alias terbentuknya jaringan parut di hati karena kerusakan hati jangka panjang (kronis). Itu belum seberapa, ketika sirosis tak ditangani dengan tepat, ujung-ujungnya bisa membuat hati berhenti berfungsi. Sebaiknya, jangan remehkan hepatitis alkoholik, sebab penyakit ini merupakan kondisi serius yang bisa berujung pada kematian. 

Hal yang perlu diingat, penyakit liver terkait alkohol ini sering kali tak diketahui pengidapnya. Pasalnya, kebanyakan kasus hepatitis alkoholik baru terdeteksi ketika hati sudah mengalami kerusakan yang lebih lanjut. 


Peminum Berat, Harap-Harap Cemas

Mau tahu bahayanya hepatitis alkoholik? Lebih dari sepertiga orang yang mengidapnya akan meninggal dalam enam bulan setelah gejalanya mulai muncul. Nah, tak main-main bukan dampaknya? 

Hepatitis alkoholik kebanyakan terjadi pada orang yang berusia di atas 30 tahun. Tentunya mereka yang punya kebiasaan mengonsumsi alkohol berlebihan dalam jangka waktu panjang. Berdasarkan penelitian, lebih dari 35 persen peminum berat dapat terjangkit penyakit ini. Cukup banyak, bukan? 

Baca juga: Inilah yang Akan Terjadi pada Otak Pecandu Alkohol

Ambil contoh dari Inggris. Di sana penyakit liver (hati) umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk masyarakatnya, yakni konsumsi alkohol yang berlebih. Nah, penyakit liver ini tentu berkaitan erat dengan hepatitis yang merupakan istilah untuk menggambarkan peradangan hati.

Masalahnya, penyakit ini terkadang tak menyebabkan gejala sehingga orang-orang tak menyadari meski sudah mengidapnya. Dalam beberapa kasus, hepatitis bisa mengakibatkan penyakit kuning (jaundice) dan gagal hati pada beberapa orang. 

Lantas, seperti apa sih gejala hepatitis alkoholik yang mungkin dialami oleh pengidapnya?


Kuning hingga Urine Berwarna Gelap

Beberapa jenis hepatitis memang bisa berlangsung tanpa menyebabkan masalah yang serius, tetapi ada juga yang bisa bertahan lama hingga menimbulkan sederet masalah kesehatan lainnya. 

Misalnya, menyebabkan jaringan parut pada hati (sirosis), kehilangan fungsi hati, dan dalam beberapa kasus juga bisa mengakibatkan kanker hati. Oleh karena itu, kamu mesti waspada terhadap penyakit yang satu ini. Menurut ahli dari National Health Service (NHS) di Inggris, seperti dilansir Express, gejala hepatitis juga bisa berkembang dan menimbulkan tanda-tanda seperti di bawah ini.

  • Menguningnya mata dan kulit (jaundice/penyakit kuning).
  • Suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius.
  • Merasa haus sepanjang waktu.
  • Merasa tidak enak badan dan diare.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Sakit perut.
  • Kulit terasa gatal.
  • Nyeri pada otot dan sendi.
  • Pucat.
  • Urine berwarna gelap.

Sekali lagi ingat, hepatitis alkoholik bisa menyebabkan kerusakan permanen pada hati yang membuatnya berhenti berfungsi. Awas, kondisi ini bisa berujung pada kematian. 

Pertanyaannya, yakin masih mau mengonsumsi alkohol secara berlebihan? 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Alcoholic hepatitis.
Healthline. Diakses pada 2020. Alcoholic Hepatitis.
Healthline. Diakses pada 2020. Health. Alcohol-related Liver Disease.
NHS. Diakses pada 2020. Alcohol-Related Liver Disease.