Kenali 10 Bahaya Merokok yang Merusak Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Mei 2023

“Sudah bukan rahasia umum bahwa rokok memiliki ratusan zat beracun yang dapat merusak organ tubuh. Dampak bisa memengaruhi kesehatan otak, mulut, sistem saraf, paru-paru, hingga organ reproduksi.”

Kenali 10 Bahaya Merokok yang Merusak TubuhKenali 10 Bahaya Merokok yang Merusak Tubuh

Halodoc, Jakarta – Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh bukanlah hal yang sepele. Salah satu risiko utama yang bisa kamu alami dari merokok adalah mengidap penyakit jantung. 

Selain itu rokok juga mengandung ratusan zat beracun yang dapat merusak organ tubuh. Apa saja sih bagian tubuh yang dapat dirusak oleh rokok? Yuk simak jawabannya di sini. 

Bagian Tubuh yang Dapat Rusak Akibat Rokok

Rokok memiliki dampak buruk bagi kesehatan organ tubuh seperti otak, mata, paru-paru, dan organ lainnya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Otak

Merokok bisa meningkatkan risiko terkena stroke sebesar 50 persen. Tidak hanya itu, dengan merokok kamu bisa berisiko terkena aneurisma otak. Aneurisma otak adalah adanya pembengkakan pembuluh darah yang terjadi karena melemahnya dinding pembuluh darah. Pembengkakan ini bisa pecah sewaktu-waktu dan berakibat pendarahan pada otak.

2. Mulut dan tenggorokan

Bahaya merokok juga bisa berdampak pada mulut dan tenggorokan berupa bau mulut dan gigi bernoda. Bukan hanya itu, penyakit gusi dan kerusakan indra perasa juga bisa timbul akibat merokok.

Adapun masalah serius lainnya yang bisa terjadi di mulut serta tenggorokan yakni, munculnya risiko kanker pada bibir, lidah, tenggorokan, dan pita suara.

3. Sistem saraf pusat

Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Organ ini berperan dalam mengontrol semua aktivitas, baik fisik maupun mental. Merokok dapat merusak sistem saraf pusat karena nikotin menyebabkan peningkatan tekanan darah dan detak jantung, yang menyebabkan organ-organ ini melemah seiring waktu.

Menurut studi tahun 2021 yang berjudul Tobacco and Nervous System Development and Function—New Findings 2015–2020, nikotin yang terkandung dalam asap tembakau mempengaruhi tubuh manusia secara multidimensi, termasuk dampak serius pada kesehatan saraf.

4. Mata

Dalam jangka panjang merokok dapat mempengaruhi penglihatan dan saraf optik. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula. Selain itu, masalah penglihatan lain terkait dengan merokok meliputi mata kering, glaukoma, dan  retinopati diabetik.

5. Tulang

Dampak dari bahaya merokok lainnya bisa merusak tulang dengan menghentikan kerja sel-sel konstruksi. Hal inilah yang menyebabkan perokok lebih tinggi mengalami risiko tulang rapuh atau osteoporosis.

Bukan itu saja, racun yang terkandung pada rokok juga akan mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang berfungsi menjaga tulang tetap kuat seperti hormon estrogen.

6. Kulit

Bahaya lainnya yaitu merokok dapat membuat kamu terlihat lebih tua daripada orang yang bukan perokok. Hal ini disebabkan kulit kurang mendapatkan asupan oksigen. 

Tanda-tanda penuaan dini bisa muncul seperti adanya kerutan di sekitar mata dan mulut, bahkan racun rokok bisa juga menyebabkan selulit pada kulit. 

7. Paru-paru

Efek bahaya merokok juga bisa merusak paru-paru. Penyakit kanker paru-paru bisa muncul akibat bahan-bahan kimia terkandung di dalam rokok. Zat kimia tersebut berisiko merusak sel-sel pada paru-paru dan berpotensi membentuk sel kanker. 

Selain kanker paru-paru, penyakit serius lainnya yang bisa kamu alami yakni bronkitis, pneumonia, dan emfisema. Untuk mengetahui bahaya merokok bagi paru-paru dengan lebih lengkap, kamu bisa kunjungi laman berikut, “Alasan Kesehatan Paru Perokok Lebih Rentan Terkena Penyakit.”

8. Usus

Merokok merupakan faktor risiko utama seseorang mengalami gangguan usus. Perokok lebih mungkin mengembangkan penyakit gastritis yaitu peradangan pada lapisan perut, yang dapat menyebabkan tukak (luka) di perut atau usus mereka. Merokok juga dapat menyebabkan pengosongan lambung yang tertunda dan gerak peristaltik yang melambat.

9. Lambung

Merokok bisa mengakibatkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan menjadi lemah. Hal tersebut disebabkan karena asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yakni kerongkongan. 

Kondisi ini disebut penyakit asam lambung. Beberapa penyakit lambung yang mungkin menyerang seorang perokok yakni  ulkus atau tukak dan kanker lambung.

10. Organ reproduksi

Bagi pria, merokok bisa menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, dan kanker testis. Sedangkan bagi wanita, merokok bisa mengurangi kesuburan. 

Bukan hanya itu, risiko terkena kanker serviks juga tinggi karena mengurangi kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus atau HPV.

Itulah bahaya merokok yang dapat merusak tubuh. Bila kamu ingin berdiskusi tentang bagaimana cara berhenti merokok, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui Halodoc. 

Tak hanya tentang merokok, dengan Halodoc kamu juga bisa berkonsultasi mengenai masalah kesehatan lainnya dengan dokter pilihanmu. Yuk, tunggu apa lagi download Halodoc sekarang. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. 13 ways smoking affects the body.
Healthline. Diakses pada 2023. The Effects of Smoking on the Body.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan