Kenali 4 Manfaat Vitamin K bagi Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Mei 2023
Kenali 4 Manfaat Vitamin K bagi TubuhKenali 4 Manfaat Vitamin K bagi Tubuh

"Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki banyak manfaat. Vitamin ini penting untuk membantu tubuh membuat protein untuk tulang dan jaringan yang sehat dan menjaga fungsi pembekuan darah."

Halodoc, Jakarta - Salah satu manfaat vitamin K yang telah banyak diketahui adalah menjaga kesehatan tulang. Vitamin K memegang peranan vital dalam mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan mineral tulang.

Tulang kita mencapai kekuatan dan kepadatan maksimal ketika usia 20-30 tahun. Setelah itu, pembentukan tulang mulai menyusut dan kepadatan mineral tulang mulai berkurang. Karena itu, osteoporosis biasanya muncul di usia 50-an dan juga banyak ditemui pada wanita pascamenopause.

Manfaat Vitamin K

Mencukupi kebutuhan vitamin K berarti menjaga agar tulang tetap sehat, dan kita tak mengalami masalah tulang meski sudah beranjak ke usia senja. Nah selain itu, masih banyak manfaat vitamin K bagi tubuh. Ini empat di antaranya.

1. Membantu proses pembekuan darah

Manfaat vitamin K yang tak kalah penting dari menjaga kesehatan tulang adalah perannya dalam proses pembekuan darah. Berkat vitamin K, darah yang mengalir saat tubuh kita terluka bisa berhenti dengan sendirinya. Selain perdarahan eksternal, vitamin K juga berperan penting untuk menghentikan perdarahan internal.

Bagi wanita, rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin K juga baik untuk menghentikan perdarahan berlebih saat menstruasi, bahkan hingga mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

2. Mencegah kanker prostat dan kanker paru-paru

 Selain untuk aliran darah, vitamin K juga bermanfaat untuk mencegah kanker, terutama kanker prostat dan paru-paru. Penemuan ini didapat lewat sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal Clinical Nutrition. Penelitian ini melakukan penelitian selama sepuluh tahun terhadap 24.340 orang Jerman berusia 25 sampai 64 tahun.

Ternyata, orang yang rutin mendapat asupan vitamin K dari makanan seperti sayuran hijau, memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk terserang kanker, dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi makanan kaya vitamin K.

3. Memperlancar aliran darah dan mencegah arterosklerosis

Ada manfaat vitamin K yang tak kalah penting dari menjaga agar kalsium tetap berada dalam tulang. Peran vitamin K, terutama vitamin K2 sangat vital dalam mengatur agar kalsium tidak menetap di pembuluh darah. Karena, kalsium yang menumpuk di pembuluh darah bisa menyebabkan arterosklerosis, yaitu penebalan dan penyempitan pembuluh darah. Vitamin K membantu mengantarkan kalsium dari darah ke tulang. Sehingga, tak hanya membantu menguatkan tulang, tapi vitamin K juga mengatasi sumbatan kalsium di aliran darah dan mencegah arterosklerosis.

4. Menjaga kesehatan jantung

 Penyakit jantung umumnya disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar, terutama pada pembuluh darah di sekitar jantung. Selain lemak, aliran darah juga bisa tersumbat akibat timbunan kalsium, dan vitamin K memegang peran penting dalam membawa kalsium agar tidak menumpuk di pembuluh darah.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Dr. Katarzyna Maresz, koordinator International Science and Health Foundation in Krakow membuktikan bahwa salah satu jenis vitamin K, yaitu vitamin K2 bisa menunjang kesehatan jantung. Mengasup vitamin K2 dengan dosis yang tepat bisa mencegah tumpukan kalsium dalam darah, sehingga fleksibilitas arteri terjaga. Karena itulah, risiko serangan penyakit jantung lebih kecil.

Dengan rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin K, seperti sayuran hijau, stroberi, telur, hati ayam, dan ikan, kamu bisa mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker. Jadi, masih mau menolak makan sayur karena rasanya “enggak enak”?

Jika ingin tahu lebih banyak makanan sehat lainnya atau berbagai informaso terkait lainnya kamu bisa baca di artikel ini: Vitamin K - Manfaat Dosis dan Efek Samping. Kamu juga bisa hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2023. Vitamin K
Mount Sinai. Diakses pada 2023. Vitamin K.
Harvard T.H. Chan. Diakses pada 2023. Vitamin K.
WebMD. Diakses pada 2023. Vitamin K.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan