• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Afternoon Slump, Pemicu Kelelahan di Sore Hari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Afternoon Slump, Pemicu Kelelahan di Sore Hari

Kenali Afternoon Slump, Pemicu Kelelahan di Sore Hari

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Desember 2021
Kenali Afternoon Slump, Pemicu Kelelahan di Sore HariKenali Afternoon Slump, Pemicu Kelelahan di Sore Hari

“Afternoon slump adalah penurunan energi yang umumnya terjadi di siang hari. Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas dan pekerjaan apabila tidak segera ditangani. Kenali berbagai faktor yang bisa memicu afternoon slump.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu sering mengantuk di atas jam 2 siang atau sore hari? Bila kondisi ini terjadi setiap hari, kamu mungkin sedang mengalami afternoon slump. Kondisi ini ditandai dengan penurunan energi yang mulai terjadi di siang hari. Kondisi ini bisa membuat kamu mengantuk, lelah, pusing, sulit berkonsentrasi dan mudah tersinggung.

Jika dibiarkan, tentu dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas akibat sulitnya berkonsentrasi. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, yuk kenali berbagai penyebab afternoon slump. 

Berbagai Penyebab Afternoon Slump

Banyak faktor yang dapat memicu afternoon slump, mulai dari kurang tidur, pola makan, kurang berolahraga dan tidak menerapkan gaya hidup sehat. Melansir dari Sleep Foundation, berikut beberapa faktor yang menyebabkan afternoon slump:

1. Hormon yang berfluktuasi

Hormon kortisol cenderung naik dan turun setiap harinya. Namun, fluktuasi hormon ini sebenarnya bisa kamu antisipasi karena ritmenya bisa diprediksi. Penurunan hormon ini umumnya terjadi di siang hari yang memicu afternoon slump. Untuk mengatasinya, lakukan power nap  cukup 5-10 menit saja di siang hari. 

2. Kurang tidur

Jika kamu punya kebiasaan begadang, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Sebab, kurang tidur dapat memperburuk afternoon slump. Usahakan untuk tidur minimal 7-9 jam setiap harinya. Apabila kamu mulai merasa mengantuk, lakukan power nap atau konsumsi kopi, cokelat hitam, atau teh untuk memberikan energi pada tubuh. 

3. Makanan

Mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak atau makanan tinggi gula dapat meningkatkan gula darah. Alhasil, naiknya gula darah memicu pelepasan insulin dalam jumlah besar ke dalam aliran darah. Naiknya gula darah dapat memengaruhi metabolisme sehingga membuat kamu mengantuk, mudah lapar sampai kelelahan. Untuk menghindari hal ini, pilih makanan yang lebih sehat dan bergizi seimbang. 

4. Stres

Hormon kortisol (hormon stres) akan semakin meningkat saat tubuh mengalami stres. Kortisol yang terlalu tinggi berisiko membuatmu kelelahan dan rentan terserang penyakit. Cari koping stres yang paling efektif untuk mengatasi hal ini. Sisihkan waktu bersama orang terkasih, hewan peliharaan, berdoa, membaca, olahraga, bernyanyi, berlibur, dan melakukan hal yang kamu sukai lainnya untuk atasi stres. 

5. Kurang olahraga

Aktivitas yang terlalu sibuk sering kali membuat seseorang tidak punya waktu untuk berolaharaga. Padahal, olahraga mampu meningkatkan kadar serotonin yang mampu memicu perasaan baik. Sesibuk apa pun aktivitas kamu, sebaiknya tetap luangkan waktu untuk berolahraga. Kamu bisa sekedar berjalan-jalan di sekitar lingkungan kantor atau naik turun tangga. 

Tips Mengatasi Afternoon Slump

Tidak sulit kok untuk mengatasinya, kamu hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk melakukan tips-tips berikut ini:

1. Cari sumber cahaya

Paparan cahaya terang seperti sinar matahari dan lampu  dapat meningkatkan kewaspadaan. Luangkan beberapa menit dengan pergi keluar untuk mencari sinar matahari atau nyalakan lampu yang cukup terang supaya lebih waspada.

2. Power nap

Jika kamu punya waktu luang lebih, lakukan tidur siang selama 15 menit sebelum atau sesudah makan siang. Waktu istirahat yang singkat ini dapat mengurangi rasa kantuk dan membuat kamu lebih fokus dan responsif.

3. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat membuat kamu lebih waspada, lebih fokus dan lebih responsif terhadap pekerjaan-pekerjaan yang sedang kamu tangani.

4. Berjalan-jalan

Aktivitas fisik seringan apa pun ternyata bisa memberikan manfaat yang signifikan lo. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar guna menjernihkan pikiran. Meski hanya berjalan-jalan di kantor, aktivitas ringan seperti ini bisa mengurangi rasa kantuk. 

Kelelahan yang terus menerus terjadi bisa menurunkan daya tahan tubuh kamu. Oleh sebab itu, kamu mungkin perlu konsumsi vitamin supaya daya tahan tubuh tetap terjaga. Segera cek kebutuhan vitamin di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu sampai sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

banner beli kebutuhan medis
Referensi:
Sleep.org. Diakses pada 2021. Reasons for the Afternoon Slump.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Afternoon Slump? 5 Ways to Restore Your Energy.